Vinsensius Adityo

E-commerce

Posted: November 20th 2012

Boleh dikata, E-commerce adalah bisnis yang dijalankan oleh antar perusahaan, di mana terjadi transaksi-transaksi pertukaran barang dan atau jasa di dalamnya. Dan E-commerce memanfaatkan internet sebagai sarana komunikasinya.

Pada awalnya, E-commerce dikenal pada tahun 1970 di mana internet belum digunakan oleh khalayak dan hanya digunakan untuk kegiatan bisnis antar perusahaan. Namun seiring perkembangan zaman, E-commerce telah berkembang bersama internet, yang mana internet membantu kita untuk saling bertukar informasi. Awal mulanya E-commerce dilakukan secara tradisonal atau Traditional Commerce  yang mana kegiatan transaksi dilakukan dengan tatap muka dan barang yang diperdagangkan itu ditampakkan secara fisik, tanpa menggunakan network atau jaringan internet. Selanjutnya Partial E-Commerce  di mana menggabungkan antara transaksi fisik dan networking (virtual). Sedangkan Pure E-commerce adalah kegiatan transaksi yang dilakukan secara virtual via network. Metode Pure E-commerce inilah yang paling berkembang dan masih kita rasakan sampai saat ini. Bayangkan, sudah berapa banyak situs-situs yang memfasilitasi kita untuk kegiatan jual-beli barang? Sudah banyak, misalnya TokoBagus.com, BerNiaga.com, dsb.

Dalam E-commerce dikenal beberapa tipe, yakni :

  • Business-to-business EC (B2B)
  • Collaborative commerce (c-commerce)
  • Business-to-consumer EC (B2C)
  • Consumer-to-businesses (C2B)
  • Consumer-to-consumer (C2C)
  • Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  • Government-to-citizens (G2C) and others
  • Mobile commerce (m-commerce)

 

E-commerce dapat kita gunakan sebagai fasilitas untuk bertukar informasi, barang, layanan online dan pembayaran online (E-banking).

 

 

 

 

 

 

 

 

 


One response to “E-commerce”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php