Vinsensius Adityo

Internet, Intranet , extranet

Posted: November 1st 2012

“Siang malam ku selalu menatap layar terpaku untuk on-line on-line on-line on-line” dipopulerkan oleh Saykoji-“On-line”.

Kebutuhan akan komunikasi semakin maju dan dipermudah dengan hadirnya internet. Bayangkan saja, layanan-layanan dalam internet yang memungkinkan untuk berkomunikasi. Situs-situs jejaring sosial seperti twitter, facebook, yahoo messenger dan lain sebagainya. Web-site yang menyajikan berbagai informasi seperti Detik.com, Kompas.com, dan lain sebagainya. Serta berbagai situs untuk browsing video seperti youtube.com. Dan masih banyak lagi situs yang dapat kita temukan di dalam internet yang membantu kebutuhan kita sehari-hari. Internet sungguh luar biasa, karena internet ini adalah raja dari network. Dengan mesin pencari (web-browser) kita dapat menemukan situs-situs tersebut atau dengan link-link yang sudah kita ketahui namanya,kita dapat “menyelam” di dunia maya (web-diver). Sebagai konsekuensi penggunaan internet, karena internet sebagai media yang demokratis, kita juga harus memiliki semangat berbagi informasi (open access), di mana kita juga diajak untuk memberikan informasi yang baik serta memberikan dan menjadikan internet sebagai media yang baik untuk mendapat dan memberikan informasi.

Internet pada masa ini dikenal secara internasional dengan pengguna yang berada di berbagi berlahan dunia. Dengan jaringan yang semakin banyak dan menghubungkan aspek-aspek hidup kita dan dapat diakses dengan mudah, cepat, transparan dan relatif murah.

Dalam kinerjanya, internet diatur oleh yang namanya protocol yang kita kenal dengan Internet Protocol (IP) dan Transport Control Sistem (TCP). Dengan adanya protocol ini, informasi yang beredar dalam dunia maya dapat diatur, agar tidak merugikan penggunanya dalam mengakses dan mengolah informasi. Internet menggunakan paket switching network, di mana jalan paket berbeda-beda dan independen. Penyampaian informasi di internet dipecah-pecah, agar tidak membebani network. Maka dibuatlah jalan yang berbeda-beda. Sedangkan di sisi penerimanya, informasi itu akan disusun ulang. Tiap komputer yang berinternet dapat diidentifikasi dengan adanya IP Address. Dengan kode-kode angka dan tipe-tipe nya, IP Address juga menentukan keamanan dan kenyamanan internet. Dan setiap komputer memiliki domain name,  atau yang sering kita lihat di internet ketika kita ingin membuka web atau situs tertentu, kita menyertakan “.com” ,”.us”,”.co.id” dan sebagainya, dengan nama situs dan laman-laman yang tersedia di dalamnya.

Namun pada masa ini, banyak sekali oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dalam menggunakan internet. Kejahatan-kejahatan yang terjadi dengan memanfaatkan internet semakin kerap kita temukan dalam hidup kita. Hacking, cybersquatting, serta kejahatan-kejahatan yang memanfaatkan situs jejaring sosial, masih menjadi masalah terutama bagi kita.

Maka marilah kita gunakan internet dengan sebaik-baiknya, karena apa yang sudah baik, kita gunakan dengan baik, maka hasilnya juga akan baik. Sekian dan terima kasih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php