Vinsensius Adityo

Telekomunikasi dan Network

Posted: October 30th 2012

Perkembangan teknologi dan informasi telah memberikan banyak perubahan dalam seluruh aspek hidup manusia.  Kebutuhan manusia  yang semakin kompleks dan komputer yang semakin powerfull  menjadi tonggak yang kuat dalam menyokong kehidupan manusia. Dikatakan semakin powerfull karena terjalin simbiosis mutualisme di mana komputer tak lagi stand alone; komputer hanya sekedar untuk komputer. Dikatakan powerfull di sini karena adanya simbiosis yang baik antara komputer dan network. Dengan adanya network, manusia semakin merasakan kemudahan dalam berkomunikasi serta mendapat dan bertukar informasi via web. Itulah sebabnya dikatakan komunikasi komputer, karena ada 2 atau lebih komputer yang bisa digunakan untuk mentransfer informasi dan instruksi.

Adapun komponen-komponen yang mendukung dalam sistem komunikasi, yakni :

 

  1. Hardware
  2. Media
  3. Software
  4. Network
  5. Provider
  6. Protocol
  7. Aplikasi

 

 

Dan kelancaran komunikasi ditentukan pula oleh signal internet yang baik pula. Kita mengenal signal analog dan signal digital. Dalam signal analog, informasi disampaikan dengan perubahan karakter gelombangnya (amplitudo dan frekuensinya). Dan signal digital yang lebih mudah dikenali oleh komputer, karena signal digital menyampaikan informasi dalam bentuk biner.

Dalam komunikasi antar media, kita membutuhkan pengaturan kecepatan bandwidth, jenis mode transmisi (asynchronous and synchronous)  dan ketepatan akurasi transmisinya. Selama ini kita perlu informasi yang langsung on board, di manapun dan kapan pun. Maka kecepatan bandwidth sangat menentukan aliran inforamasi, di mana kapasitas dan kecepatan sudah tak lagi menjadi penhalang untuk meng-up date informasi. Dan ketepatan transmisi itu menentukan sasaran informasi yang kita butuhkan dan bagikan tersebut tepat dengan kebutuhan atau tidak.

Dalam sistem pertukaran informasi pada masa ini, tidak akan pernah lepas dari topologi jaringan dan piranti kabel yang memungkinkan kita berhubungan melalui internet. Yang selama ini kita kenal topologi nya adalah LAN (Local Area Network) di mana jaringan internet hanya dapat terhubung dengan area local (Jarak terbatas dan hanya terbatas untuk area tertentu). Adapun WAN (Wide Area Network)  dengan range area yang lebih luas. Serta MAN (Metropolitan Area Network). Dikatakan piranti kabel juga menentukan kelancaran pertukaran informasi. Ada kabel coaxial, twisted-pair dan Fiber optic kabel. Setiap kabel ini menentukan kecepatan aliran informasi. Kabel coaxial di sini kurang baik, karena harganya yang mahal, keamanan yang kurang terjamin dan koneksi yang kurang baik. Kabel twisted-pair juga kurang baik, karena kecepatan yang rendah dan keamanan yang kurang serta subject terlalu ter interfensi. Fiber optic cabel memiliki kecepatan yang baik, kapasitas yang luas, aman dan tidak ada subjek yang terinterfensi, namun harganya juga mahal.

Sekian dari saya, semoga informasi ini berguna bagi Anda semua. Terima kasih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php