Vinsensius Adityo

Menaklukan Redaktur

Posted: October 30th 2012

Judul                            : Menaklukan Redaktur

Pengarang                    : Lasa HS

Jumlah halaman : 164 hlm+Cover

Penerbit                        : PINUS Book Publisher, Yogyakarta

Tahun terbit                  : 2006

 

Sering kali kita merasa “minder” atau takut untuk menulis resensi. Dan ketakutan kita itu adalah kalau kita menulis resensi dan sudah dikirimkan ke pihak media cetak dan diseleksi oleh redaktur, dan setelah dieksekusi oleh redaktur, ternyata karya kita itu kurang dan mungkin tidak layak untuk ditampilkan dalam media massa. Karena mungkin memang kita sudah menaruh pandangan bahwa redaktur itu menyeramkan, karena mereka sering tega untuk tidak memuat resensi yang telah kita buat. Maka sering kita merasa takut dahulu karena kita telah melihat pengalaman orang lain atau mungkin mengalami sendiri bahwa karya yang kita buat tidak dimuat dalam media massa.

Dalam buku ini, Lasa HS sang pengarang buku ini, hendak menyampaikan tentang kiat-kiat dan jurus jitu sebagai bekal penting kita untuk menulis dalam media massa agar kita tidak takut atau minder dalam menghadapi redaktur, khususnya dalam hal meresensi sebuah buku. Buku ini memberikan informasi tentang bagaimana cara merebut hati redaktur dalam sebuah media massa untuk memuat tulisan yang kita buat.

Dalam buku ini disampaikan tentang apa yang dimaksud dengan resensi, apa fungsinya, syarat-syarat meresensi, manfaat meresensi, dan berbagai macam cara meresensi yang baik, tepat dan benar, baik itu susunan atau formatnya, etika dalam meresensi sampai pada tahap pengiriman naskah. Tahap-tahapnya disampaikan secara gamblang oleh penulis buku ini secara lengkap dan dengan bahasa yang baik dan mudah untuk dipahami oleh pembacanya.

Secara menyeluruh, penulis buku ini hendak memotifasi kita untuk berani dan tidak perlu takut untuk membuat tulisan untuk dikirim kepada massa. Dengan belajar dari redaktur, kita pasti dapat terus belajar untuk membuat resensi secara baik, benar dan layak untuk dimuat dalam media massa.

 

Refleksi

Dari buku ini, saya sendiri memperoleh sebuah nilai yang memotifasi saya untuk semakin berani mencoba dan terus mencoba untuk menulis resensi yang baik dan benar, serta semakin termotivasi untuk menulis dan mengirimkannya kepada media massa. Walaupun itu tidak mudah, tapi dari buku ini, paling tidak saya sudah termotivasi untuk mau mencoba berkreasi lewat karya tulis menulis, khusunya lewat resensi buku.

Semoga rasa minder itu dapat diminimalisir dan kita berani untuk out of box, keluar dari wilayah aman kita, masuk ke wilayah berani mencoba dalam melakukan segala sesuatu. Semoga dengan membaca buku ini, Anda juga dapat belajar untuk berani menulis resensi dan dimuat dalam media massa.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php