Vinsensius Adityo

Berdoa Bersama Maria

Posted: October 30th 2012

Judul buku                          : Berdoa Bersama Maria

Pengarang                          : Panitia Kehidupan Doa f.i.c

Penerbit                              : Kanisius, Yogyakarta

Tahun Terbit                      : 1988

Jumlah Halaman              : 187 + cover

 

Buku ini sangat membantu sikap kita terhadap Maria. Yang menjadi pokok bukan suatu uraian teologis, bukan seluk-beluk teologis, melainkan suatu pertemuan hidup. Maria sebagai pribadi yang hidup, minta suatu jawaban yang hidup dari orang kristiani. Suatu jawaban pribadi yang keluar dari akal budi dan hati. Jadi pada intinya, buku ini dimaksudkan sebagai buku doa, dan bukan sebagai buku yang memberi uraian-uraian tentang Maria.

Pada bagian I memberi beberapa sorotan atas ajaran Gereja yang resmi tentang Maria, untuk meletakkan dasar yang kokoh bagi doa pribadi maupun doa seluruh umat. Dan agar sesuai dengan kebutuhan devosi masing-masing, dalam bagian II dikumpulkan macam-macam doa dan syair, sedangkan bagian III memberi pedoman untuk doa Rosario.

Kemudian dalam bagian IV disajikan beberapa selebrasi, supaya kita sebagai umat beriman dapat menyatakan sikap kita terhadap Maria. Maria ikut serta dari dekat dalam peristiwa-peristiwa hidup Yesus. Peranan Maria dalam pelaksanaan misteri keselamatan itu, digambarkan di dalam selebrasi-selebrasi ini.

Pada akhirnya dalam bagian V termuat suatu daftar teks-teks dari Kitab Suci tentang Maria, sedangkan dalam bagian VI dikumpulkan beberapa nyanyian, supaya dalam mengadakan selebrasi, dapat diadakan variasi menurut keinginan sendiri.

Refleksi               :

Menjadi sebuah kesadaran bagi kita, umat kristiani bahwa pokok utama dari mengimani Maria adalah suatu pertemuan hidup atau suatu penolakan, bukan seluk beluk teologis atau suatu masalah teologis. Maria sebagai seorang pribadi yang hidup minta suatu jawaban yang hidup dari orang kristiani. suatu jawaban pribadi, suatu jawaban yang keluar dari akal budi dan hati. Maka belajar dari buku ini, kita diajak untuk semakin menjawab suatu pengalaman bukan dengan kata-kata, tetapi dengan iman kita;  menjawab dengan akal budi dan hati.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php