Vinsensius Adityo

Mengelola Data dan Informasi Organisasi

Posted: October 16th 2012

Pada pertemuan mata kuliah Pengenalan Teknologi Informasi kali ini, kami diajak oleh dosen kami untuk membahas tentang materi Mengelola data dan informasi Organisasi.

Adapun beberapa hal yang dijabarkan kali ini, yakni tentang hierarki data yang di mana di dalamnya dijelaskan tentang file, field, character dan record. Hierarki data adalah basis data yang mengandung file, file yang mengandung record, record yang mengandung field, dan field yang mengandung character. Kami juga dikenalkan dengan tipe-tipe data itu apa saja. Misalnya data yang berupa auto-number, text, numeric, currency dan masih banyak lagi, di mana kalo dijabarkan satu persatu pastilah sulit.

Pada dasarnya kita menggunakan komputer dan piranti-pirantinya (termasuk database) yakni untuk membantu kita dalam mengatasi masalah-masalah kita sehari-hari, terutama dalam hal manajemen data. Maka perlulah kita mengenal database ini, agar kita semakin mudah dalam mengingat data-data yang sudah kita manage. Karena kebutuhan kita yang semakin kompleks, tentulah kita perlu sarana yang mudah untuk membantuk kita, terutama dalam dunia komputerisasi dan networking. Database menjadi sarana yang mempermudah kita, karena dengan database, kita lebih diarahkan pada logical view dari data

Saat organisasi membangun struktur DB yang baik, pengambilan keputusan dan pengetahuan akan meningkat melalui data warehouses  dan penggunaan data mining tools.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php