Vinsensius Adityo

Hardware

Posted: September 27th 2012

Sudah barang wajar bahwa sebagai pengguna komputer kita perlu mengenal berbagai komponen-komponen di dalamnya. Ada Hardware (Perangkat Keras), Software (Perangkat lunak) dan brainware (User/pengguna). Di bagian ini saya akan membahas komponen komputer, yakni tentang Hardware.

Kita mengenal mouse, keyboard, monitor, dsb sebagai komponen-komponen untuk meng-input atau memasukkan data. Namun di dalam pertemuan kali ini, kami mendapat tambahan baru yakni tentang :

  1. 1.      Central Processing Unit (CPU)
  2. 2.      Memory
  3. 3.      Input Device
  4. 4.      Output Device

 

Di dalam CPU, terdapat dua komponen utama dalam mother board, yakni : processor dan memory. Mother board atau sering disebut dengan system board adalah komponen pokok dalam system board yang berisikan adapter cards, processor chips dan memory chips. CPU dan Memori bersifat volatile, sehingga jika tidak dialiri listrik, maka data akan hilang.

Berikut ini adalah beberapa komponen umum yang terdapat dalam CPU :

  1. Processor sebagai otak dari komputer.
  2. Memori sebagai penyimpanan data.
  3. Adapter Cards yang terdiri dari sound card, video card, modem card dan network card.
  4. Ports.
  5. Drive Bays.
  6. Power supply untuk media penyaluran energi listrik.

Adapun alasan mengapa processor dengan ROM letaknya saling berdekatan, yakni karena processor sebagai otak dari CPU akan dibutuhkan oleh User / pengguna untuk bekerja dengan cepat dalam mengeksekusi program dan berbagai perintah.

Lalu fungsi dasar memori adalah piranti untuk menyimpan data-data yang  sudah kita buat. Kita mengenal Harddisk yang ada di dalam komputer. Pada masa ini, harddisk sungguh-sungguh sangat canggih. Kapasitas semakin besar, ada support untuk back-up data apa bila terjadi kematian listrik, dsb.

Input Device kita mengenal keyboard dan mouse. Sebagai alat yang membantu kita berinteraksi dan bekerja dengan komputer, kedua alat input ini menjadi alat input yang utama dalam pengoperasian komputer.

Printer, Speaker, monitor adalah beberapa piranti output yang digunakan untuk menampilkan data yang sudah kita buat, misalnya speaker. Ketika kita mendengarkan lagu, kita pasti butuh speaker untuk mendengarkan lagu yang kita putar dalam komputer. Lalu printer. Kebutuhan kita untuk mencetak semakin kompleks, maka dibuatlah printer untuk membantu kita dalam mencetak data.

Sekian sumbangan informasi dari saya, matur kasih, terima nuwun.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php