Vinsensius Adityo

IT dalam Organisasi Modern

Posted: September 25th 2012

Di pertemuan kedua kami dengan mata kuliah PTI, kami dikenalkan dengan tema “IT di Organisasi Modern”. Dalam pertemuan kedua tersebut, kami dikenalkan dengan tiga pokok bahasan, yaitu :

  1. 1.       Konsep Infrastruktur.
  2. 2.       Konsep Arsitektur.
  3. 3.       Tipe dari SI (Sistem Informasi)
  1. 1.       Konsep Infrastruktur.

Dalam konsep infrastruktur ini, kami dikenalkan dengan sarana (fisik), fasilitas, dan manajemen yang mendukung kemajuan seluruh sumber daya dalam organisasi komputer. Adapun sarana dan pra-sarana tersebut adalah : perangkat keras komputer, perangkat lunak, jaringan & fasilitas komunikasi, database, dan manajemen personalia.

  1. 2.       Konsep Arsiterktur.

Konsep arsitektur ini merupakan sebuah rencana yang mendetail dalam sebuah organisasi kedepannya. Konsep arsitektur ini bertujuan untuk menggabungkan setiap kebutuhan akan informasi yang ada dan infrasturktur informasi yang direncanakan, serta mengaplikasikan perangkat lunak. Selain tujuan utama tersebut, konsep ini juga perlu untuk membantu memastikan bahwa organisasi yang berhubungan dengan TI memenuhi strategi bisnis organisasi.

  1. 3.       Tipe dari SI (Sistem Informasi).

Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang cara kerjanya dengan mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menganalisis data dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu (Turban & Rainer, 2003). Dalam SI terdapat banyak sekali tipe-tipe yang akan dipelajari khusus dalam pelajaran ini…

    1. Transaction Processing System
      Transak sistem pengolahan ini menjadi sebuang dukungan/mengotomatisasikan kegiatan bisnis yang rutin dilakukan. Si juga menjadi penting untuk keberhasilan bisnis saat ini. Hal itu dikarenakan SI dapat mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan data transaksi bisnis dasar, serta menyediakan data dasar bagi banyak sistem-sistem lain yang mungkin lebih kompleks lagi.
    2. Management Information System
      Manajemen SI menjadi sebuah sistem yang menjadi sebuah dukungan sistem-sistem lain untuk pengambilan keputusan. Selain itu, manajemen SI juga untuk mengatur & menampilkan informasi yang kita cari, serta menjadi tempat pelaporan tentang isu-isu yang diketahui sehingga dapat diantisipasi.
    3. Office Automation System
      Kantor sistem otomatis seperti sistem pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung pekerja kantor dan administrasi.
    4. Decision Support System
      Sistem pendukung keputusan ini merupakan sebuah pendukung yang kompleks namun tidak rutin mengambil keputusan manajerial. Dalam sistem pendukung ini terdapat sistem informasi eksekutif dan kelompok dukungan sistem yang mempekerjakan ‘Groupware’ untuk mendukung orang-orang yang bekerja dalam kelompok itu.
    5. Intelligent Support System
      Merupakan sebuah dukungan sistem cerdas yang menyertakan sistem pakar yang memberikan pengetahuan yang tersimpan dari yang ahli untuk non-ahli, dan tipe baru sistem cerdas dengan mesin-belajar kemampuan yang bisa belajar dari kasus sebelum-sebelumnya.
    6. End- user computing
      Suatu penggunaan atau pengembangan sistem informasi oleh pengguna utama dari output sistem , seperti analis, manajer, dan profesional lainnya.
    7. Knowledge Management System
      Sistem manajemen pengetahuan merupakan sebuah sistem yang mendukung penciptaan, pengumpulan, pengorganisasian, integrasi dan penyebaran pengetahuan organisasi.
    8. Data Warehousing
      Sebuah data warehouse adalah database yang dirancang untuk mendukung DSS, ESS dan kegiatan analitis dan pengguna akhir lainnya.
    9. Mobile Computing
      Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan pelanggan atau mitra bisnis di luar batas-batas fisik perusahaan mereka, dapat dilakukan melalui jalur kabel atau nirkabel jaringan. Biasanya ini digunakan dari perusahaan terkecil hingga perusahaan terbesar.

Cara SI memberikan dukungan/support kepada organisasi :
– mempertimbangkan bagaimana organisasi yang terstruktur
– mengklasifikasikan menurut tingkat organisasi atau dukungan yang lain
– mengembangkan SI untuk mendukung organisasi
– mengembangkan sebuah aplikasi dari SI
– menghubungkan dua atau lebih organisasi yang mempunyai kepentingan umum atau
kebutuhan bisnis
– SI juga memerlukan dukungan dari orang-orang yang tergantung pada peran SI itu sendiri
misalnya : manajer dan pekerja-pekerjanya

 Sekian, matur nuwun


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php