Victoria Intan

SURVEY BUAH DI TOKO BUAH BONBIN

Posted: April 12th 2017

SURVEY BUAH DI TOKO BUAH

@ Jl. Kebun Raya Yogyakarta

Hallohhaaahhhh kembali lagi di blog ini. Hahahahah 😃 nah jadi kali ini akan sedikit dibahas mengenai buah-buahaaannn yang dijual di kota Yogyakarta pada umumnya yang tepatya di Toko Buah Jalan Kebun Raya Yogyakarta depan selter Trans Jogja serong kanan dikit, hehehehe 😃 😃 jadi sebenarnya toko buah di Kota Istimewa ini amat sangat banyakkk ada yang di daerah Maguwo, daerah sekitar Rumah Sakit Panti Rapih dan pasar-pasar lainnya yang ada di Yogyakarta.

Langsung aja yah, tempat survey buah kami ini terdapat berbagai jenis buah lokal dan import yang sangat enak dan segaaarrrrrrr ( jangan ngiler yah 😃 ). Buah-buah lokalnya adalah pisang mas dari Lumajang Jawa Timur, apel Malang, jeruk siam dari Jember, semangka dari Muntilan (Yogyakarta) dan Malang, alpukat dari Yogyakarta dan Malang namun berdasarkan hasil wawancara dari mbak penjualnya, alpukat Malang memiliki rasa yang lebih enak (gk tau nih kenapa Malang lebih enak..), ada juga jeruk bali dari Madiun ( jeruk Bali yang ditanam di Madiun), ada juga pepaya dari Borobudur Magelang, melon dari Klaten, belimbing dari Jawa Timur, nanas dari Blitar, salak pondoh dari Yogyakarta, mangga dari Indramayu, buah naga dari Banyuwangi, pisang sampret dan jambu kristal (jambu tanpa biji) dari Lampung serta buah jambu biji merah dan pepaya California yang mbak penjualnya lupa berasal dari daerah mana ( yang pasti berasal dari Indonesia).

Selain buah lokal, ada juga buah import yang didatangkan dari berbagai negara (hebat yah buah aja udah antar negara..). Buah import yang dimaksud adalah apel merah, anggur, apel hijau dari Amerika, ada apel pink, jeruk sunkist, jeruk ponkam dan buah pir putih dari Cina, ada juga nih buah pir hijau dari Australia, buah kelengkeng dan asam dari Thailand , buah kiwi dari Italia serta kurma dari Tunisia.

Sebenarnya buah-buah import ini ada di Indonesia namun penjual memilih mendatangkan buah dari luar negri (import) karena harganya lebih murah dibandingkan dengan buah lokal yang ada di Indonesia. Selain itu, dari segi kualitas buah import lebih bagus dan enak sehingga peminatnya banyak seperti buah kelengkeng dari Thailand yang memiliki daging buah lebih tebal dan lebih manis dibandingkan kelengkeng lokal. Buah-buahan ini order 2 hari sekali dari Pasar Buah Induk Gamping. Harga buah-buahan yang dijual di toko buah ini sangat terjangkau.

Dari hasil survey kelompok yang telah kami lakukan pada tanggal 12 April 2017 jam 10 pagi, menurut kami budidaya buah di Indonesia belum dilakukan secara maksimal. Hal ini ditandai dengan masih banyaknya buah yang diimport, yang disebabkan karena kualitas buah lokal belum mampu bersaing dengan buah-buahan yang ada diluar negri yang lebih baik dan enak pastinya serta harga yang relatif lebih murah.

@Toko Buah

@Buah-buahan yang dijual

@Buah Pisang sampret – Lampung

@Buah Alpukat Malang

@Buah Nanas dari Blitar

@ Buah Belimbing dari Jawa Timur

@ Pepaya – Magelang, Semangka – Malang dan Muntilan, Melon- Klaten

@Jeruk Ponkam – Cina

@ Jambu Biji Merah

@Buah Pir Hijau – Australia

@Buah Kiwi – Italia

@Buah kurma – Tunisia

@Buah Naga – Banyuwangi

@Jeruk Bali – Madiun

@Buah Apel Merah – Amerika

@ Buah Jeruk sunkist-Cina, jeruk siam – Jember, pir putih-Cina, apel pink- Cina

@ Buah apel hijau – Amerika

@ Buah Salak pondoh – Yogyakarta

@Buah Jambu Kristal – Lampung

@Asam – Thailand

@Buah Pisang mas – Lumajang, Jawa Timur

Sekian dan Terima Kasih :-*

Tugas Kelompok

Mata Kuliah Konservasi Sumber Daya Lokal

Anggota :

Maria Alberthasari Sahu

Victoria Intan Sari Tukan

Yuldina Andika Tabeo


5 responses to “SURVEY BUAH DI TOKO BUAH BONBIN”

  1. Irajumira says:

    terimakasih buat informasi tambahannya tentang sumberdaya buah di Indonesia, khususnya daerah Yogyakarta. suatu info yang menarik,
    kalau boleh, apa sih yang menyebabkan harga buah lokal terlalu tinggi di Indonesia ? terima kasih 🙂

  2. seliceleite14 says:

    informasi yang diberikan sangat bermanfaat bagi semua masyarakat indonesia, mahasiswa Biologi Uajy Khususnya, .. namun dari segala permasalahan buah lokal yang ada, menurut kelompok kalian cara yang tepat untuk mengaasinya seperti apa? terimkasih :*

  3. natallia95 says:

    artikel yang bagus dan menarik. pertanyaan saya, Mengapa harga buah impor lebih murah? padahal buah impor memerlukan transportasi yang cukup jauh dan memakan biaya transport yang tidak sedikit.

  4. Carolina Arum Permatasari says:

    wah, informasi baru lagi nih tentang buah. sayang sekali ya, buah lokal sedikit tergeser dengan adanya buah impor. mungkin masyarakat perlu memperhatikan mengenai pasca panen, sehingga buha-buah lokal yang dihasilkan pun tidak kalah baiknya dengan buah – buah impor

  5. Valentina Elsa says:

    hmmm…ulasan yang bagus mengenai buah lokal dan buah impor yang ada di yogyakarta. sayangnya buah lokal lebih mahal dibandingkan dengan buah impor. mungkin hal ini yang menyebabkan buah impor lebih diminati. semoga kedepannya buah impor dapat tergeser oleh buah lokal yaa..hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php