vianarmando

Ethics, Impacts, and Security

Posted: December 10th 2012

Minggu ke 13 (4/12/2012)

Minggu ke-Tiga Belas kali ini mata kuliah pengenalan teknologi informasi membahas tentang Ethics, Impacts, and Security.

Adapun pembahasan materi yang diberikan di minggu ini yaitu :

Masalah etis
Etika yaitu cabang filsafat yang berhubungan dengan apa yang dianggap benar dan salah, Kode etik yaitu prinsip yang memandu anggota organisasi.

Jenis masalah etika :
(1) Privasi maksudnya yaitu apa yang dikumpulkan, disimpan, dan berbagi tentang orang lain

(2) Akurasi maksudnya yaitu apa yang dilakukan untuk menjamin data yang otentik dan akurat

(3) Properti yaitu sesuatu yang memiliki kekayaan intelektual dan bagaimana mereka diberi kompensasi untuk itu

(4) Aksesibilitas yaitu yang dapat memperoleh informasi.

Berkaitan dengan privasi, privasi adalah hak untuk menentukan apakah informasi pribadi bisa dibagikan ke orang lain. Adapun akurasi adalah suatu kegiatan dimana kita harus mengusahakan data yang dibagikan itu otentik atau benar adanya. Ada istilah mengenai electronic surveillance. Electronic surveillance adalah penggunaan komputer oleh user bisa di monitor tanpa diketahuin baik dikantor atau dirumah. Lalu bagaimana memastikan keakuratan sebuah data dalam sebuah perusahaan ? Secara umum, perusahaan seharusnya Hanya mengumpulkan data yg diperoleh secara legal, memastikan data akurat,lengkap dan tepat waktu; memastikan data digunakan untuk tujuan yg sesuai; menjaga kualitas data.

Mengenai masalah kepemilikan intelektual, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah kepemilikan tersebut. Cara yang pertama yaitu (1) Trade Secret yaitu mekanisme untuk melindugi ide-ide. Contoh sebuah perusahaan memiliki id, dengan menggunakan mekanisme Trade Secret, perusahaan tersebut memiliki kepemilikan yang utuh dalam ide tersebut. (2) Patent, hak ekslusif untuk penemuan-penemuan baru yang di miliki oleh penemunya dalam jangka waktu 20 tahun dan dengan begitu orang lain tidak dapat dimiliki orang lain. Hak eksklusif ini dilindungi oleh hukum. (3) Copyright, sebuah mekanisme yang melindungi sebuah karya oleh pembuatnya selama hidupnya dan selama 50 tahun setelah si pembuat meninggal. Dengan mekanisme ini juga pemilik mempunyai hak untuk menarik fee.

Dampak IT pada sebuah Organisasi

IT memiliki potensi yang mengubah sebuah organisasi dampaknya lebih efisien dan efektif karena tidak butuh distribusi , Manfaat yang baik dari dampak tersebut karena terjadi perubahan struktur dan bisa bekerja dengan jarak jauh.

Dampak IT dengan Pekerjaan

IT dan pekerjaan sangat berkaitan ,kemam[uan IT menjadi persyaratan karena beberapa pekerjaan akan dieliminasikan khususnya pada perantara banyak diskripsi pekerjaan yg harus didefinisikan ulang .

Dampak IT terhadap Individu

Dampaknya dari IT terhadap seorang individu bisa positif ataupun negatif

Dari sisi Positif : Kebutuhan terhadap skill IT meningkat, dan dengan IT kita banyak tahu serta memperoleh pengetahuan

Sedangkan dari sisi Negatif :

  • Nilai-nilai manusia luntur
  • Hilangnya kontak sosial
  • Penggunaan terhadap PC yang berlebihan

Dampak IT dengan Linkungan Sosial

Berkaitan dengan moral , IT berdampak sebagai berikut :

Dampak Positif :

  • Membantu penyandang cacat.
  • Meningkatkan health care system.
  • Berguna dalam keperluan perusahan dan karyawannya.
  • Komunitas Internet menyediakan kontak sosial untuk orang dengan ketertarikan yg sama.

Dampak Negatif:

  • Semakin terpaku dengan dunia maya.
  • Tidak mejalani hubungan sosial dengan sewajarnya.
  • Menambah angka kejahatan.

Di dalam teknologi informasi ada hal lain juga yang perlu di perhatikan yaitu mengenai keamanan. Keamanan ini bisa berupa ancaman-ancaman yang disengaja maupun tidak disengaja. Ancaman keamanan yang tidak dengan kesengajaan itu seperti :
(a) Kesalahan Pengguna itu sendiri atau yang sering disebut dengan human error
(b) Masalah Lingkungan seperti bencana alam, atau
(c) Kesalahan pada sistem Komputer itu sendiri, karena memang produknya kurang baik.

Adapun ancaman keamanan yang merupakan kesengajaan yaitu seperti serangan yang sifatnya criminal dan untuk kepentingan pribadi. Selain itu ancaman yang berupa kesengajaan seperti bentuk – bentuk malware/ virus yang mengakibatkan kerusakan pada sistem. Ada juga serangan yang dinamakan Denial of Service, yaitu serangan yang dilakukan oleh orang- orang yang tidak bertanggung jawab untuk melumpuhkan sebuah server dengan cara memberikan perintah kepada server berulang-ulang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php