vianarmando

Functional, Enterprise, dan Interorganizational Systems

Posted: November 12th 2012

Minggu ke 9 (6/11/2012)

Minggu ke-Sembilan kali ini mata kuliah pengenalan teknologi informasi membahas tentang Functional, Enterprise, dan Interorganizational Systems.

Adapun cakupan pembahasan materi minggu ini meliputi :

Pembahasan yang pertama adalah tentang beberapa karakteristik dari fungsi sistem informasi dan manajemen/pengelolaan dari suatu sistem informasi.

Lalu untuk pembahasan yang kedua adalah tentang TPS (Transaction Processing Systems). TPS merupakan suatu sistem informasi yang di desain untuk mencatat suatu transaksi yang sifatnya rutin/bisa juga dikatakan sebagai transaksi harian dari suatu bisnis. TPS ini juga berfungsi sebagai dasar/penunjang dari suatu jenis sistem informasi lain. TPS ini memiliki suatu karakteristik  dan cara tersendiri dalam memproses suatu transaksi yang akan dicatat.

Pembahasan yang ketiga yaitu tentang Accounting dan Finance Systems. Accounting dan Finance Systems dalam suatu sistem informasi dapat berfungsi sebagai : Financial Planning dan Budgeting, Investment Management, dan bisa juga berfungsi sebagai Financial Controls.

Lalu yang keempat yaitu membahas tentang :

Marketing & Sales Systems, Merupakan saluran distribusi yang menyediakan barang atau jasa kepada pelanggan dan dapat diperpanjang melalui perantara berbagai seperti grosir dan pengecer. Berhubungan dengan Pengiriman dan manajemen pengiriman dan Meningkatkan toko ritel. Sedangkan Saluran Sistem lainnya mendukung hubungan pemasaran semua, seperti dukungan purna jual pelanggan.

Production & Operations Management Systems, Merupakan suatu sistem yang dapat membantu  memantau suatu stock-stock barang yang ada dalam suatu perusahaan, atau dapat juga dikatakan sebagai suatu sistem stock management.

Human Resources Management Systems, Merupakan bagian dari suatu sistem informasi personalia yang biasa digunakan untuk membuat laporan ke manager. Seperti :
-Recruitmen atau pengerahan
-Pengembangan karyawan atau memantau skill karyawan
– Merencanakan kebutuhan
-Mengatur gaji atau tunjangan

Integrated Information Systems, Merupakan suatu sistem informasi Terpadu yang biasa digunakan ntuk mengontrol semua proses bisnis utama dengan arsitektur perangkat lunak tunggal secara real time dan meningkatkan efisiensi untuk meningkatkan kualitas, produktivitas, dan profitabilitas.

Interorganizational Information Systems, Merupakan sebuah sistem elektronik yang melibatkan arus informasi antara dua atau lebih organisasi dalam hubungan on-going.

Jenis Sistem interorganisasional :
• Global systems
• Electronic data interchange (EDI)
• Electronic funds transfer (EFT)
• Extranets
• Shared databases
• Integrated messaging


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php