vianarmando

Internet, Intranet, dan Ekstranet

Posted: November 5th 2012

Minggu ke 8 (30/10/2012)

Minggu ke-Delapan kali ini mata kuliah pengenalan teknologi informasi membahas tentang Internet, Intranet, dan Ekstranet.

Adapun materi-materi yang dibahas dalam minggu kedelapan ini yaitu :

Yang pertama tentang pengertian apa itu Internet, layanan-layanan dalam internet, sejarah internet dan infrastruktur internet. Internet merupakan jaringan komputer terbesar di seluruh dunia (cakupan ruang lingkupnya sangat besar). Contoh layanan-layanan yang bisa digunakan dalam jaringan internet yaitu : E-mail, Web, Transfer File antar komputer, Chatting, dll..

Jika kita ingin mengakses internet kita bisa menggunakan beberapa cara diantaranya : Koneksi dengan menggunakan Server LAN, Koneksi dengan Serial Line Internet Protocol/Point Protocol (SLIP/PPP), atau bisa juga dengan menggunakan Online Service (AOL, MSN)

Lalu yang kedua membahas tentang pengertian Intranet. Intranet merupakan Internal jaringan yang menggunakan teknologi internet dan membuat informasi yang dapat diakses oleh karyawan. Biasanya jaringan Intranet ini mempunyai keuntungan yaitu untuk mempermudah  karyawan dalam akses ke informasi perusahaan ataupun digunakan untuk menyebarkan aplikasi perusahaan.

Dan yang terakhir membahas tentang Extranet. Extranet merupakan jaringan yang cakupannya lebih luas jika dibandingkan dengan jaringan intranet, namun masih lebih kecil jika dibandingkan dengan jaringan internet (ekstranet merupakan perpanjangan dari jaringan intranet). Jaringan ini memiliki keuntungan diantaranya : Lebih rendah biaya komunikasinya, komunikasi yang dihasilkan bisa lebih baik, dan lebih kritis untuk mencegah masuknya hal-hal yang tidak diinginkan ke dalam sistem internal.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php