vianarmando

Telekomunikasi dan Jaringan

Posted: October 29th 2012

Minggu ke-Tujuh kali ini (23/10/2012) mata kuliah pengenalan teknologi informasi membahas tentang Telekomunikasi dan Jaringan.

Adapun pokok-pokok bahasan di minggu ke-tujuh ini meliputi :

Yang pertama tentang komponen-komponen penunjang dalam sistem telekomunikasi yang meliputi : Hardware (Perangkat Keras), Software (Perangkat Lunak), Media, Jaringan, Provider Data Komunikasi, Protokol, dan Aplikasi penunjang yang lainnya.

Kedua tentang jenis-jenis sinyal yang biasa digunakan dalam Telekomunikasi, yaitu sinyal Analog (menggunakan gelombang dan frekuensi untuk memperoleh suatu informasi), dan sinyal Digital (menggunakan kode-kode binary yang lebih mudah untuk dimengerti komputer untuk memperoleh suatu informasi). Lalu ada juga yang menggunakan koneksi kabel jaringan seperti kabel telepon, coaxial cable (kabel lapis), kabel fiber optik yang mentransfer suatu data dalam bentuk cahaya, dll..

Selain dalam bentuk kabel, bisa juga menggunakan gelombang jaringan seperti menggunakan microwave, radio, ataupun menggunakan satellite.

Lalu yang ketiga membahas tentang Jaringan. Dimana ruang lingkup jaringan dibagi kedalam dua jenis : LAN (Local Area Network) merupakan ruang lingkup sebuah jaringan yang cakupannya relatif kecil yang menghubungkan suatu jaringan seperti di dalam suatu kantor atau dalam suatu gedung. Selain LAN ada juga yang disebut dengan WAN (Wide Area Network) merupakan ruang lingkup jaringan yang cakupannya sangat luas yang dapat mencakup hingga ke seluruh dunia, contohnya adalah internet yang merupakan contoh jaringan WAN yang mencakup seluruh dunia.

Yang keempat membahas tentang komponen-komponen software yang mendukung suatu jaringan komunikasi seperti : Network Operating System, Network Management Software, dan Protokol. Protokol itu sendiri memiliki 2 jenis yaitu Ethernet (jenis protokol yang paling umum digunakan), dan Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP-IP mengirim file-file yang besar secara akurat menggunakan sistem yang berbeda/Standart Internet)

Dan yang terakhir adalah membahas tentang Network Processing Strategies (Strategi dalam memproses jaringan) yang bisa menggunakan Client/Server Processing, Peer-to-Peer Processing, Open Systems ataupun bisa juga menggunakan Enterprise-Wide Network Systems.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php