vianarmando

Pengelolaan Data Organisasi dan Informasi

Posted: October 3rd 2012

Di pertemuan minggu ke-enam kali ini (2/10/2012) mata kuliah pengenalan teknologi informasi membahas tentang Infrastruktur IT, lebih tepatnya lagi mengenai Pengelolaan Data Organisasi dan Informasi.

Adapun ringkasan materi dari pembelajaran di minggu ini yaitu :

Pembahasan yang pertama tentang hierarki-hierarki dari sebuah data, dimulai dari hierarki yang paling kecil yaitu sebuah karakter, lalu dari kumpulan-kumpulan karakter itu tadi akan membentuk sebuah Field (Field merupakan kumpulan dari beberapa karakter), lalu setelah field ada yang disebut dengan Record (Record merupakan kumpulan dari beberapa Field), setelah Record ada yang disebut dengan File (File merupakan kumpulan dari beberapa Record yang menjadi satu), dan yang terakhir adalah Database (Database merupakan kumpulan dari beberapa File yang menjadi satu).

Lalu pembahasan yang kedua adalah tentang tipe-tipe/jenis data yang dibagi kedalam beberapa jenis, yaitu : Text, Numeric, AutoNumber, Currency, Date, Memo, Yes/No, Hyperlink, dan Object.

Pembahasan yang ketiga mengenai pengelolaan data yang dibagi kedalam 4 jenis, yaitu :

Data Entitas yang merupakan data seperti data orang/tempat tinggal/benda/data apapun yang akan dikelola (Biasanya ada di Record)

Data Atribut, merupakan data yang dibentuk dari kumpulan beberapa karakter yang menjadi satu (Data Atribut dapat juga disebut sebagai Field)

Primary Key, merupakan sebuah Field yang unik (Data ini tidak ada kembarannya / Data ini hanya boleh ada 1 dan tidak boleh ada kembarannya)

Secondary Key, merupakan data yang dipakai sebagai patokan (Sama seperti Primary Key, namun data ini boleh sama / bisa ada kembarannya)

Pembahasan yang keempat dan kelima yaitu mengenai Teknik untuk mengakses data dan juga Masalah-masalah yang sering muncul dalam pengolahan data dengan cara tradisional. Untuk teknik dalam mengakses data ada 2 jenis yaitu yang pertama adalah dengan teknik Indexed Sequential Access Method (ISAM / Menggunakan Index untuk pengaksesan data yang ada), dan yang kedua adalah dengan teknik Direct File Access Method (Biasanya menggunakan kunci transformasi algoritma).

Untuk masalah-masalah dalam pengolahan data dengan cara tradisional, biasanya ada beberapa masalah yang paling sering terjadi, diantaranya adalah : Data Redundant, Data yang tidak konsisten, Integritas Data, Keamanan yang tidak terjamin, Isolasi Data, dan Data yang menggantung.

Lalu pembahasan kelima yaitu berkaitan dengan Lokasi-lokasi yang digunakan database dalam menyimpan data yang dibagi kedalam 2 jenis database, yaitu database terpusat dimana data disimpan hanya dalam 1 lokasi/server yang sama, dan database terdistribusi dimana data-datanya tersebar/terbagi ke beberapa server di tempat yang berbeda.

Dan pembahasan yang terakhir adalah mengenai Langkah-langkah untuk membuat / mengembangkan suatu database serta pambahasan mengenai komponen-komponen dari suatu DBMS (Database Management System) berikut penjelasan mengenai keuntungan-keuntungannya. Tidak ketinggalan juga tentang penjelasan mengenai jenis-jenis penggunaan / pengelolaan dari suatu data yang telah disimpan.

Demikian sedikit ringkasan materi dari minggu ke-enam kali ini yang membahas tentang Infrastruktur IT, tepatnya Pengelolaan Data Organisasi dan Informasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php