Casuarius casuarius- Vevriyanti Obon 180801965

Casuarius casuarius
animaldiversity.org

Kasuari (Casuarius casuarius ) Casuarius adalah salah satu dari dua genus burung di dalam suku Casuaridae. Genus ini terdiri dari tiga spesies kasuari yang berukuran sangat besar dan tidak dapat terbang. Hidup di hutan hujan dataran rendah, dengan ketinggian kurang dari 1.100 meter, dan kadang-kadang ditemukan di hutan eukaliptus, sabana, semak palem, dan di rawa berhutan.

Klasifikasi Kasuari (Casuarius casuarius):
Kingdom      : Animalia
Filum           : Chordata
Kelas            : Aves
Ordo             : Struthioniformes
Famili          : Casuaridae
Genus          : Casuarius
Spesies        : Casuarius casuarius, Casuarius unappendiculatus, Casuarius bennetti

Kasuari merupakan burung yang besar dan kuat memiliki kaki panjang dengan cakar di jari kaki panjangnya mencapai 12 cm. Tubuh kasuari ditutupi dengan bulu coklat tua atau hitam yang tebal dan kasar. Leher dan kepala kasuari tidak memiliki bulu yang berwarna biru dan merah yang mencolok. Pada bagian kepala kasuari ada pelindung tulang besar yang terbuat dari tulang trabekuler dan tulang rawan. Sayapnya sangat kecil dan ada sisa-sisa bulu primer berupa lima atau enam duri putih panjang. Kasuari Betina memiliki panjang 127 hingga 170 cm dan berat hingga 59 kg, lebih besar dari kasuari laki-laki yaitu 29 sampai 34 kg. 

Betina adalah poliandrous. Seekor betina biasanya akan berkembang biak dengan dua sampai tiga pejantan sepanjang musim kawin, memulai sarang baru setiap saat, yang mana jantan akan mengerami. Pacaran terdiri dari laki-laki yang membuat panggilan “boo-boo-boo” sambil menggembungkan tenggorokannya. Kisaran telur yang dihasilkan oleh kasuari yaitu 4 sampai 8 dengan rentang waktu menetas 47 hingga 61 hari. Setelah telur kasuari menetas, anak kasuari akan tinggal bersama ayahnya sampai mereka mandiri sekitar sembilan bulan. Pada usia sekitar tiga tahun, kasuari sudah bisa berkembang biak.

Kasuari memiliki sayap yang sangat kecil dan tidak dapat terbang. Sebaliknya mereka mengandalkan kaki mereka yang kuat untuk mobilitas dan pertahanan. Kasuari bisa hampir diam saat bergerak perlahan melalui hutan. Saat waspada, mereka mampu menerobos hutan dengan kecepatan hampir 50 kilometer per jam, menggunakan cangkang tulang di atas kepala mereka untuk mendorong vegetasi menyingkir. Kasuari adalah perenang dan pelompat yang baik. Kasuari merupakan hewan penyendiri dan pemalu, tetapi mereka dapat menjadi agresif dan kadang-kadang menyerang manusia menggunakan kakinya yang kuat untuk menyerang dengan cakar besar. Kasuari adalah pemakan buah, kebanyakan memakan buah-buahan dari spesies kanopi di hutan tempat mereka tinggal. Karena burung ini tidak bisa terbang, mereka harus mengandalkan penemuan buah yang jatuh ke tanah. Mereka juga memakan serangga, vertebrata kecil, dan jamur.

Ancaman terbesar bagi kasuari adalah perusakan habitatnya yaitu pembangunan perumahan komersial, industri area pariwisata serta rekreasi dan akuakultur, peternakan dan koridor transportasi, jalan dan rel kereta api. di mana ancaman tersebut telah membuat terjadi penurunan 30% dalam jumlah mereka dalam 30 tahun terakhir. Ancaman lain yang terjadi perburuan, kebakaran hutan, dan gangguan dari spesies lain.

  • membuat suatu gerakan untuk melindungi dan menjaga kasuari dari pembangunan-pembangunan yang dapat merusak habitatnya.
  • Membuat poster maupun video dan memberikan edukasi kepada semua orang tentang pentingnya suatu konservasi dalam melindungi hewan seperti kasuari yang sudah terancam punah agar tidak memburuh kasuari untuk dijadikan makanan dan sebagainya sehingga keberadaan kasuari tetap ada.
  • bekerja sama dengan pihak pengelola untuk melakukan pelestarian pada kasuari dengan menjaga habitat kasuari dan menegakkan sanksi-sanksi yang ada kepada orang yang melanggar aturan sehingga membuat pelaku tidak melakukan hal tersebut yang membahayakan keberadaan kasuari.
  • membuat suatu penangkaran untuk kasuari agar kasuari tidak hidup liar sehingga keberlangsungan hidup kasuari tetap terjaga serta terjamin dan menghindari perburuan-perburuan liar dihutan.

Daftar Pustaka

  1. https://animaldiversity.org/accounts/Casuarius_casuarius/
  2. https://www.iucnredlist.org/species/22678108/131902050