Beautiful Zone

Teknologi Informasi dalam Bisnis

Posted: September 8th 2012
Pada era dahulu, Teknologi Informasi dan Bisnis tidak saling berkaitan yaitu dimana pandangan orang dulu bahwa bisnis tidak perlu menggunakan IT untuk perkembanganya, namun di jaman modern sekarang ini hampir semua aspek membutuhkan IT untuk berkembang terutama di bidang bisnis, sebagai contoh pentingnya IT untuk bisnis adalah dengan Online Shop, tentu saja Online Shop sekarang sangat berkembang dengan pesat mulai dari menjual alat elektronik, pakaian, sampai makanan semua menggunakan Online Shop yang memang lebih praktis dan mudah untuk di akses dari manapun selama ada jaringan internet.
A. Lingkungan bisnis saat ini
      Ditandai oleh :
  1. Perubahan yang cepat
  2. Kompleks
  3. Ekonomi global
  4. Persaingan yang ketat
  5. Fokus pada pelanggan
B. Tekanan – tekanan pada bisnis 
  1. Tekanan memicu tanggapan proaktif dan reaktif
  2. Dalam beberapa kasus, IT adalah satu – satunya solusi yang tepat untuk tekanan bisnis
  3. Pengetahuan IT adalah hal – hal yang mendasari bisnis saat ini
Tekanan – tekanan tersebut bisa terjadi karena
  1. Kompetisi global dalam perdagangan dan juga tenaga kerja
  2. Real time operations seperti penyiaran, penerbangan, telekomunikasi, pendidikan dan lainya
  3. Orientasi pelanggan
  4. Informasi yang terlalu banyak tanpa disaring
  5. Kewajiban sosial dan masih banyak lagi
Diagram tekanan-tekanan bisnis yang mempunyai kekuatan untuk perubahan
C. Mengapa kamu perlu tahu mengenai IT?
Sangat banyak manfaat jika kamu memanfaatkan IT di jaman yang serba modern sekarang ini, apa yang dapat kita lakukan dengan IT dan konsekuensi menggunakan IT dalam kehidupan sehari hari ternyata sangat menarik, kita dapat mengakses E-banking, Mobile Banking, E-Ticketing, GPRS dan lainya. Struktur organisasi, proses bisnis, dan menejemen juga sering kali berubah karena IT, sebagai contoh kita dapat menyingkat atau mempermudah dalam proses bekerja karna dengan internet semua bisa di akses, dan dapat menyimpan segala informasi yang lebih baik. Selain itu kesempatan untuk berkarir juga lebih mudah dengan mengenal IT.
 D. Definisi dalam IT
  1. Data : fakta mentah, tidak berstruktur atau acak
  2. Informasi : data yang sudah terorganisasi dan tidak acak serta penuh arti
  3. Ilmu Pengetahuan : informasi terkstruktur untuk menyampaikan pengetahuan, pengalaman, pembelajaran dan keahlian
  4. Computer Literacy : pengetahuan dan pemahaman tentang komputer dan penggunaanya
  5. Sistem : Komponen yang berhubungan untuk mencapai tujuan
  6. Komputer : Alat Elektronik yang beroperasi di bawah kontrol dari perintah yang disimpan di memorinya sendiri (Shelly, Cashman, Vermaat, 2004)
  7. Sistem Informasi (IS) : sistem yang mengoleksi, memproses, menyimpan, dan menganalisa data dan menyebarkan informasi untuk tujuan tujuan tertentu (Turban & Rainer, 2003)
  8. Komputer berbasis sistem informasi : penggunaan perangkat keras, perangkat lunak, data, orang-orang dan prosedur yang bekerja secara bersamaan untuk memproduksi kualitas informasi yang terbaik((Shelly, Cashman, Vermaat, 2004), sebuah sistem informasi yang berkembang untuk memberikan solusi pada permasalahan bisnis (Turban & Rainer, 2003)
  9. Teknologi Informasi : sebuah komponen bagian dari komputer berbasis sistem informasi (Turban & Rainer, 2003), komponen teknologi dari sistem informasi (definisi sempit); atau koleksi dari seluruh sistem di dalam organisasi(definisi luas) (Turban, MacLean, Whetherbe, 2004)

sekian sekilas review tentang pertemuan kedua PTI minggu ini, semoga bermanfaat bagi seluruh mahasiswa dan jangan lupa untuk lebih mendalamai IT untuk kehidupan yang lebih baik lagi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php