Sayang Sekali Silvery Gibbon yang Hanya Ada di Pulau Jawa Terancam Punah

Silvery Gibbon atau Owa jawa (Hylobates moloch) merupakan salah satu dari enam spesies genus Hylobates yang hidup di Indonesia. Owa jawa merupakan spesies endemik yang hanya terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Barat, yaitu di hutan hujan mulai dari dataran rendah, pesisir, hingga pegunungan pada ketinggian 1.400-1.600 m dpl.

Owa jawa merupakan fauna yang dilindungi berdasarkan Perlindungan Binatang Liar tahun 1931 Nomor 266, SK Menteri Kehutanan No, 54/KPT/Um/1972 dan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1990.

Status Populasi Owa Jawa Menurut IUCN

Menurut IUCN, Owa jawa berstatus endangered atau genting, yang memiliki tren populasi yang menurun

Habitat owa jawa berada di bagian barat pulau Jawa, Indonesia, yaitu di provinsi Banten, Jawa Barat dan Jawa tengah.  Habitat alami owa jawa di Jawa Tengah dan Jawa Barat hanya 10 % dari keseluruhan hutan alam. Gunung Slamet merupakan hutan lindung tempat untuk menunjang populasi owa jawa yang cukup besar, yaitu mencapai 100 individu.

Habitat alami owa jawa merupakan hutan primer, yang kini telah banyak digunakan menjadi lahan pertanian dan pemukiman penduduk. Owa jawa lebih menyukai hutan yang kaya akan bunga. Makanan owa jawa terdiri dari buah (61 %) dan daun (38 %), sisanya adalah bunga dan serangga. Wilayah jelajahnya adalah sekitar 17-60 ha.

Owa Jawa yang ditemukan di Lereng Hutan Gunung Slamet

Owa jawa merupakan primata frugivora, yaitu primata yang memiliki proporsi makanan terbesar berupa buah-buahan. Sumber pakan owa jawa adalah vegetasi tingkat pohon seperti Fiscus sp. dan Rasamala. Jenis tumbuhan yang dapat dijadikan pakan adalah kebek (Ficus alba), ara (Fiscus drupaceae), beringin (Fiscus religiosa), bulu panggang (Fiscus tingtoria), gondang (Fiscus variegate), bulu jerakah (Fiscus virens), klengsar (Pometia pinnata), dan kesambi (Schleichera oleosa). Makanan sekunder dari owa jawa adalah serangga, madu, dan telur burung.

Owa jawa adalah spesies arboreal. Owa jawa tinggal di kanopi hutan bagian atas dan beristirahat dan tidur di pohon dan tajuk tertinggi untuk menghindari predator. Pohon yang digunakan owa jawa untuk tidur adalah pohon Pasang (Lithocarpus sp.) dan Bulu (Fiscus sp.).

Owa jawa terancam punah akibat adanya deforestasi, laju hilangnya hutan yang meningkat di semua daerah dan adanya perburuan. Owa jawa yang diburu adalah yang berusia muda untuk dijadikan hewan peliharaan. Penyebab kepunahan owa jawa juga disebabkan oleh penggunaan sumber daya hayati yaitu berupa perburuan dan penebangan kayu yang digunakan sebagai tempat habitat dari owa jawa. Habitat dengan kualitas yang lebih tinggi akan menghasilkan daya reproduksi satwa yang tinggi, dan sebaliknya. Habitat yang sesuai bagi owa Jawa adalah hutan dengan tajuk yang relatif tertutup, tajuk pohon yang memiliki percabangan horizontal, dan memiliki sumber pakan yang tersedia sepanjang tahun.

Untuk mengurangi punahnya owa jawa, yang dapat saya lakukan adalah mengikuti dan mendukung kegiatan reboisasi yang dilakukan oleh Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) dalam melakukan reboisasi di hutan lereng Gunung Slamet. Hutan lereng Gunung Slamet mengalami lahan kritis akibat banyak ditanami oleh sayuran, sehingga terjadi tanah longsor dan lahan kritis akibat bekas kebakaran. Penanaman pohon yang dapat dilakukan adalah pohon yang digunakan sebagai tempat tinggal atau sebagai makanan untuk owa jawa, seperti Fiscus sp.

Upaya lain yang dapat saya lakukan adalah membuat insta story atau membuat feed di instagram berupa infografis atau kalimat ajakan untuk meningkatkan kesadaran teman-teman, terlebih teman-teman yang berada di Kebumen dan Banyumas untuk lebih peduli terhadap owa jawa yang terancam punah dengan menjaga hutan lereng Gunung Slamet dan untuk mengingatkan untuk saling meningkatkan dan memiliki upaya untuk menghentikan bila ada orang yang akan menggunakan hutan sebagai tempat pemukiman atau untuk keperluan industri, mengganti pohon di hutan lereng Gunung Slamet dengan sayuran, melakukan penebangan bebas dan menjadikan owa jawa sebagai binatang peliharaan.

css.php