Self Action to Save Javan Myna

Kerak kerbau (Acridotheres javanicus) atau juga dikenal sebagai jalak kebojalak hitamjalak ungu, dan jalak penyu adalah spesies burung yang merupakan termasuk familia jalak. Burung ini menyebar luas di Asia Timur, Asia Tenggara dan Kepulauan Indonesia bagian barat. Berukuran sedang sekitar 25 cm. Tubuhnya diselimuti bulu berwarna hitam/ungu kehitaman pada kepala, sayap, dan ekor, kecuali bercak putih pada bulu primer (yang terlihat mencolok sewaktu terbang), serta tunggir dan ujung ekor yang berwarna putih dan jambulnya pendek.

Kerak kerbau mirip dengan kerak jambul, perbedaan terletak pada lebar warna putih pada ujung ekor, yang mana kalau jalak hitam memiliki warna putih lebih lebar daripada kerak jambul, warna paruh yang kuning, dan tunggir yang putih. Burung usia remaja berwarna lebih coklat. Iris jingga; paruh dan kaki kuning. Postur tubuh burung jalak hitam jantan lebih panjang ketimbang betina. Tatapan matanya pun lebih tajam. Betina juga bisa berkicau sebagaimana pejantan.

Kicauannya berbunyi parau dengan nada berkeriut “ciriktetowi“; juga berbagai siulan dan nada berderik “criuk, criuk” yang khas, terutama sewaktu terbang. Kadang meniru kicauan burung lain. Belum tersedia rekaman suara yang diambil di wilayah Indonesia. Karena kicauannya yang bagus inilah, jalak hitam banyak dicari. Apalagi spesies bermata dan berkaki putih, mentalnya amatlah berani dan jalak hitam pun termasuk hewan yang rajin berkicau dengan variasi yang harmonis.      Kerak kerbau kini memiliki status konservasi Vulnerable berdasarkan dari IUCN. Kerak kerbau banyak diburu dan ditangkap dari alam liar untuk dijual ke pasar hewan. Hal inilah yang mengancam keberadaan dari Kerak kerbau itu sendiri.

Hal yang dapat dilakukan sebagai action plan untuk mencegah semakin berkurangnya Kerak kerbau adalah dengan self campaign untuk menghentikan perburuan atau penangkapan terhadap kerak kerbau, berani melaporkan oknum yang melakukan perburuan ilegal terhadap kerak kerbau serta menjaga kelestarian habitat Kerak kerbau. Mari kita melakukan langkah kecil yang dapat menyelamatkan kelangsungan hidup spesies-spesies yang ada terutama di Indonesia.

3 thoughts on “Self Action to Save Javan Myna”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *