Categories
Uncategorized

A LETTER TO LUTUNG DAHI PUTIH

Lutung dahi putih (Presbytis frontata) memang monyet yang cantik. Namun sayangnya jenis lutung endemik Kalimantan, Indonesia ini semakin hari semakin terancam punah. Lutung dahi putih atau white fronted leaf monkey mempunyai ciri khusus dengan adanya warna putih yang terdapat pada bagian kening yang tidak berambut. Bagian punggung ditumbuhi bulu berwarna abu-abu kekuningan. Ciri lain dari lutung ini adalah terdapat jambul berbentuk kerucut di kepalanya juga lutung jenis ini memiliki ekor yang panjangnya hingga satu setengah kali panjang tubuhnya. Lutung cantik endemik Kalimantan ini mempunyai panjang tubuh berkisar antara 50-60 cm dengan ekor panjang mencapai 70-75 cm. Berat tubuh lutung dahi putih dewasa mencapai 5-5.5 kg.

Lutung Dahi Putih (Presbytis frontata)

Lutung dahi putih merupakan satwa endemik pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau terluas didunia. Keindahan pulau ini dengan banyaknya sungai dan hutan yang terbebas dari polusi bahkan terawat pun turut menjadi nilai positif dan terkesan indah berbagai flora dan fauna yang ditemukan langka dan menjadi ciri khas bagi pulau tersebut salah satunya adalah spesies yang bernama white fronted langur atau disebut juga lutung dahi putih.

Peta Persebaran Lutung Dahi Putih

Menurut IUCN, status lutung dahi putih yaitu Vulnerable. Keberadaan lutung dahi putih semakin berkurang sekitar 30% dalam rentan waktu 30 tahun. Hal ini disebabkan karena perburuan liar untuk diambil dagingnya sebagai obat tradisional serta hilangnya habitat mereka dengan sangat cepat.

Status Konservasi Lutung Dahi Putih

Aksi konservasi yang akan saya lakukan sebagau bentuk upaya menyelamatkan keberadaan lutung dahi putih ini adalah dengan gerakan “A Letter to Lutung Dahi Putih”. Cara menyuarakan aksi konservasi ini yaitu dengan membuat twibbon di berbagai social media dan diberi caption berupa kalimat konservasi yang dapat menggerakkan nurani setiap orang yang membacanya. Setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah biologi konservasi diwajibkan untuk mengupload twibbon pada awal mata kuliah dan wajib memberikan caption yang menarik sebagai “letter to lutung dahi putih”. Contoh template dari twibbon A Letter To Lutung Dahi Putih sebagai berikut:

Contoh Twibbon A Letter to Lutung Dahi Putih
  • Thank You –

By : Yessica Anita (170801868)

Categories
Uncategorized

Hello world!

Welcome to Komunitas Blogger Universitas Atma Jaya Yogyakarta. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!