Valentina Berlian Provitasari

Managing Organizational Data And Information

Posted: October 7th 2012

Sebuah database mengandung beberapa file, sebuah file mengandung bebrapa record, sebuah record mengandung beberapa field, dan sebuah field mengandung banyak karakter.

Apa itu field? Field adalah kombinasi dari satu atau beberapa karakter. Field size difenisikan sebagai maksimal karakter yang dapat dimuat dalam satu field. Field name adalah identitas setiap field. Data type adalah spesifikasi jenis data dari yang dimuat suatu field.

pti 5

Ada beberapa istilah dalam manajemen data, seperti entity(=orang, tempat, benda, atau kejadian), Primary Key(field yang unik, tidak ada yang sama), Attribute(=setiap karakter yang menjelaskan entity tertentu), Secondary Key(=tidak menjelaskan record yang unik, tetapi dapat digunakan untuk form logical groups).

Penempatan data dalam suatu database dapat dibedakan menjadi 2, yaitu centralized atau distributed. Centralized database : semua data terhubung dalam satu tempat, dapat mengatur semua data dalam satu lokasi, file hanya dapat diakses melalui komputer utama, pemulihan dari error lebih mudah. Distributed database :  mengandung salinan lengkap dari sebuah database, karena ada di lebih dari satu tempat, jenis database ini memudahkan user untuk mengakses. Ada dua type distributed database, yaitu replicated database(salinan dari database ada di beberapa lokasi) dan partitioned databases(tidak semua data ditampilkan di semua tempat, hanya yang berhubungan dan diperlukan saja).

Komponen dari Database Management System: Data Model(bagaimana dikonsep terstruktur), Data Definition Language (DDL) (Digunakan untuk mengartikan konten dan susunan dari database), Data Manipulation Language (digunakan untuk menyimpan atau memperbaharui informasi di database, dan mengembangkan aplikasi database), Data Dictionary ( menyimpan elemen data dan karakteristik data).

Tiga data models yang sudah umum: hierarchical, network, and relational.

Penggunaan the stored data: data warehouse(sebuah database yang didesain untuk mendukung management pembuat keputusan), data mart (lebih sederhana daripada data warehouse, skala lebih kecil), data mining.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php