Valentina Berlian Provitasari

Perangkat Keras Komputer

Posted: October 1st 2012

PTI 3
Perangkat komputer terdiri dari: CPU, Memory, Input Devices, Output Devices.  Motherboard memiliki 2 komponen utama, yaitu CPU dan Memory. Motherboard adalah sisten utama pada sistem unit. Motherboard mengandung adaptor cards, processor chips dan memory chips. CPU(Central Processing Unit) adalah suatu mikro prosessor yang menjalankan perintah. Komponen dari CPU itu sendiri adalah control unit, arithmetic-logic unit, registers, primary storage.

Control unit berfungsi untuk mengakses perintah. ALU berfungsi menampilkan penghitungan dan perbandingan data. Registers merupakan area penyimpanan berkecepatan tinggi dan menyimpan data dan perintah.

Primary Storage terdiri dari beberapa type, Register(bagian dari CPU, sangat cepat, tapi kapasitasnya terbatas, RAM (memory chips di motherboard, penyimpanan umum dari perintah dan data,mudah berubah), Cache Memory (Lebih cepat daripada RAM), ROM (tidak mudah terpengaruh, chip penyimpan perintah yang dibutuhkan komputer).

Secondary memory bersifat tidak mudah berubah, lebih murah daripada primary storage, lebih lambat daripada primary storage, media penyimpanannya magnetic dan optical.

Input adalah data atau perintah yang dimasukkan ke memory komputer. Input device adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah. Input data memiliki 2 type, yaitu data (= teks, angka, gambar, audio, dan video yang belum diproses) dan perintah (= program, respon pengguna).

Output adalah data yang sudah diproses dan menjadi informasi. Output device adalah perangkat keras yang dapat menyampaikan informasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php