Valentina Berlian Provitasari

Mr. Business and Mrs. IT

Posted: September 15th 2012

Selasa, 4 September 2012

Yak selamat sore menjelang malam-setidaknya saat saya mulai menulis ini. Kali ini saya akan membicarakan menulis tentang Teknologi Informasi dan Bisnis.

Perkembangan bisnis di zaman ini berkembang SANGAT cepat, tapi ruwet -,-. Tidak ada lagi yang namanya keterbatasan, kompetisi bersifat global, dan yang jelas persaingan semakin ketat.

Apa kaitan IT dengan Dunia Bisnis?

Ya, perkembangan yang makin cepat ini memaksa para pebisnis untuk melibatkan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi dalam kegiatan bisnis mereka, ya kalau tidak mau siap-siap ketinggalan.

Ditambah lagi banyak kasus-kasus yang satu-satunya jalan keluarnya itu hanya IT, yap seperti yang Jose Mourinho bilang, The Only One. Hanya IT. Jadi, pengetahuan IT harus dimiliki oleh pebisnis di jaman sekarang. Harus!

“Apa yang kamu perlu ketahui tentang Teknologi Informasi?” “Apa ya?” “Ya apa?” -,-

Ya segalanya yang dapat dilakukan IT menjadi lebih menarik-padahal biasa aja lo sebenernya, -,- cuman keliatan lebih modern kayak di Power Rangers gitu. Misalnya? Ya gini,”Habis beli tiket di stasiun.” Kan lebih keren “Yap,Pesen tiket via E-Ticketing: Done.” Padahal sama aja kan? Sama-sama beli tiket gitu.

Manajemen bisnis juga berubah karena IT, ya gak usah nunggu lama-lama gitu. Kayak yang Pak Sigit bilang, tukang listrik gak perlu nyatet meteran listrik, udah ada alatnya. Hidup serba praktis pokoknya.

Bersyukur sebagai (calon) ahli IT, banyak pekerjaan yang melimpah ruah buat kita di jaman serba cepat ini. Jadi, IT mempengaruhi semua sektor dalam berbisnis.

fff

Di jaman sekarang yang perlu kita lakukan jika ingin sukses adalah: mengawinkan antara bisnis dan IT.

Data merupakan fakta-fakta yang masih belum tertata, masih mentah, masih belum memiliki arti. Sedangkan data yang sudah diolah, terstruktur, dan memiliki arti tertentu disebut informasi.

Akan saya jelaskan komponen komputer secara singkat saja, karena pasti sudah banyak yang tahu. Komponen komputer terdiri dari Input, Process, Output, Storage, dan Network.

Input device itu ya yang buat ngasih perintah ke komputer, kayak keyboard, mouse, scanner, joystick,dan lain-lain.

Output device itu ya yang buat ngasih informasi ke pengguna, kayak monitor, speaker, printer.

Pengetahuan tentang IT sangat membantu para pebisnis untuk semakin mengembangkan dan memunculkan strategi bisnis yang baru dan semakin efektif dalam memanfaatkan IT untuk berbisnis.

Au Revoir
HJH


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php