Juneth Manuputty

E-COMMERCE

Posted: November 15th 2012

E-commerce

E-commerce adalah transaksi yang menggunakan elektonik yang berbasis computer.

Sejarah E-commerce adalah pada tahun 70 mulai dipikirkan bagaimana melakukan transaksi dengan jarak jauh, dari situlah muncul konsep Electronic Find Transfer (EFT) dan electronic data interchange (EDI) ,Jadi Elektronik Commerce adalah proses membeli, menjual atau pertukaran produk,pertukaran informasi,layanan melalui computer terutama pada jaringan internet.

 

E-Commerce terdiri dari 3 konsep , yaitu :

  • Traditional Commerce(Konvensional) / Transaksi Tradisional

Brick and Mortar Organization : menggunakan konsep ekonomi yang kuno serta melakukan transaksi secara offline

  • Pure Ec : disini jual belinya secara online. Contohnya : Amazon.com
  • Partial EC : mengadopsi tradisional artinya membuka toko, dan mengadopsi Pure EC tapi bisa       membeli secara online dan juga membuka kantornya untuk melayani transaksi.

E-Bussiness adalah tidak sekedar transaksi tetapi juga menjangkau pada customer service.

Tipe-tipe E-Commerce :

  • Bisnis untuk bisnis
  • Bisnis untuk customer
  • Consumer untuk bisnis
  • Consumer untuk consumer
  • Intrabusiness
  • Mobile commerce

Selain mengetahui itu semua , kita juga perlu mengetahui area atau lingkup apa saja yang mendukung suatu E-Commerce karena hal-hal ini sangat mendukung terhadap suatu E-Commerce ,hal-hal tersebut  antara lain :

  • People : Orang orang yang melakukan transaksi.
  • Public Policy : Dapat berupa ebijakan suatu dari suatu daerah tertentu atas E-Commerce.
  • Technical standards and protocols  : Teknologi yang ada dan yang dimiliki untuk E-Commerce.
  • Business partners : Salah satu faktor yang membuat bisnis market itu ada.
  • Support services : Layanan yang digunakan untuk melakukan E-Commerce.

Beberapa hal yang merupakan pendukung lain dari E-Commerce yaitu :

 

1. Infrastruktur

Seperti perusahaan lain, e-commerce juga membutuhkan infrastruktur informasi,  yaitu hardware, software, dan jaringan internet untuk    melakukan transaksi, berkomunikasi,   dan bekerja sama.

2. Mekanisme Pembayaran

berikut ini merupakan mekanisme atau media atau cara-cara melakukan pembayaran dalam E-Commerce

  • Electronic checks : Pembayaran dengan cara dimana pembeli mengirimkan cek digital melalui emai (dapat ditanda tangani secara digital)
  • Electronic credit cards : Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit
  • Electronic cash in PC : Pembayaran dengan cara mentransfer kesuatu rekening antar komputer dari suatu bank
  • Electronic payment cards with e-cash : Pembayaran dengan cara menggunakan kartu kredit strip magnetik
  • Smart cards : Pembayaran dengan kartu bermikroprosessor yang dapat menyimpan informasi pembayaran lebih banyak
  • Person-to-person payment systems : Pembayaran dengan cara mentransfer uang digital antar individu,contoh : paypal
  • Electronic Funds Transfer (EFT) : Pembayaran dengan menstransfer uang elektronik dari dan ke jaringan Telecomm yaitu :  Electronic wallets,Purchasing cards

3. Security

Setiap penyedia E-Commerce memiliki keamanan tertentu , contohnya menggunakan encrypt tertentu  sehingga keamanan E-Commerce dapat dijamin. Jadi E-Commerce merupakan suatu layanan transaksi elektronik yang dapat dipercaya , sebab memiliki sistem keamanan yang terjamin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php