tyrsapriliani

Burung Paling Berbahaya Di Dunia

Posted: August 28th 2016

Sebagian dari kita sendiri pasti sudah ada yang mengenal dengan burung kasuari ini tetap ada juga yang mungkin belum mengenal burung ini yaa. Burung kasuari merupakan satwa endemik pulau Papua ini terdiri atas tiga jenis (spesies). Ketiga spesies Kasuari yaitu Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus), Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius), dan Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti). Salah satunya yang dibahas disini adalah burung Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius)

Burung Kasuari

Gambar 1. Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius)

Klasifikasi Ilmiah Burung Kasuari sebagai berikut :

Kerajaan              : Animalia

Filum                   : Chordata

Kelas                   : Aves

Ordo                    : Struthioniformes

Famili                  : Casuaridae

Genus                  : Casuarius

Spesies                 : Casuarius casuarius

Burung kasuari gelambir ganda (Casuarius casuarius) adalah salah satu jenis satwa burung yang dapat dijumpai di kawasan hutan Papua dan juga berada di Australia. Burung jenis ini hidup di lantai hutan untuk mencari makan maupun beraktifitas lainnya. Keberadaan satwa ini selalu menjadi incaran para pemburu untuk diambil telur, daging maupun bulunya sebagai pelengkap aksesoris pakaian adat. Tidak semua suku yang ada di Papua memanfaatkan burung sebagai pemenuhan kebutuhan protein hewani maupun sebagai pelengkap aseksoris pakaian adat. Habitat kasuari yang berada di hutan tropis yang kaya akan flora dan fauna yang berhubungan dengan keadaan tanah, letak geografis serta keadaan iklim, sehingga hutan tropis sangat cocok untuk kasuari. Peburuan di hutan tropis tidak lagi berkelanjutan oleh warga sekitar karena sangat rawan terhadap eksploitasi berlebihan. Kasuari beradaptasi dengan sempurna untuk kehidupan tersembunyi dalam semak belukar lebat di hutan tropis. Tutup kepala, bulu-bulu kasar dan “sayap” kecil yang melengkung di bawah tubuh burung kasuari ini untuk melindungi sisi tubuhnya, diciptakan sedemikian rupa untuk menghindari adanya luka saat menembus vegetasi yang lebat. Burung Kasuari merupakan burung omnivora, dimana mereka memakan berbagai macam tumbuhan seperti rumput, buah-buahan yang jatuh dari pohon, daun, biji-bijian dan jamur, serta serangga untuk memenuhi kebutuhannya dalam bertahan hidup.

telur kasuari

                                                              Gambar 2. Telur Burung Kasuari Gelambir Ganda

download (1)

                                                                Gambar 3. Burung Kasuari Gelambir Ganda

Burung Kasuari Gelambir Ganda mempunyai ukuran tubuh yang berukuran sangat besar, kecuali Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti) yang ukuran tubuhnya lebih kecil. Burung kasuari ganda memiliki dua buah gelambir berwarna merah pada lehernya dengan kulit leher berwarna biru. Burung Kasuari ini tidak dapat terbang, mempunyai tinggi mencapai 170 cm, dan memiliki bulu berwarna hitam yang keras dan kaku. Burung Kasuari dapat mencapai berat antara 60 – 75 kg, rentang sayap sepanjang 1.5 – 2 m, memiliki kecepatan lari 30-40 km/jam, memiliki tanduk atau lebih sering disebut puncak yang menonjol di atas kepalanya, dan puncak besar ini menonjol keatas dan bisa tumbuh sampai 18 cm. Bulan Mei – Juni merupakan musim kawin dari Burung Kasuari. Burung Kasuari betina sekali bertelur menghasilkan sekitar 8 buah telur dan burung kasuari betina akan meletakkan telurnya di sarangnya, setelah itu meninggalkannya untuk dierami oleh Burung Kasuari jantan yang secara ganas akan menjaga telur-telur tersebut dari predator. Burung Kasuari memiliki kaki sangat panjang dan kuat. Kaki ini menjadi senjata utama burung langka dan dilindungi ini. Kaki burung Kasuari mampu menendang dan merobohkan musuh-musuhnya termasuk manusia, hanya dengan sekali tendangan, karena tendangan dan agresifitasnya ini kemudian The Guinness Book of Records menganugerahinya sebagai burung paling berbahaya di dunia.

Populasi burung Kasuari Gelambir Ganda diyakini dari hari ke hari semakin mengalami penurunan. Karena itu IUCN (International Union for Conservation of Nature) Redlist memasukkan burung Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius) ini dalam status konservasi Vulnerable (Rentan) sejak tahun 1994. Burung kasuari gelambir ganda merupakan salah satu jenis burung yang rentan mengalami kepunahan karena meskipun tidak memiliki predator di habitat aslinya, akan tetapi manusialah yang menjadi ancaman terbesar dari kepunahan Burung Kasuari karena perburuan baik untuk mendapatkan bagian-bagian tubuhnya seperti daging, bulu ataupun telurnya. Hal ini dipercepat lagi dengan rusaknya habitat alami, sebagai dampak dari pembalakan liar, kebakaran hutan, bencana alam dan konversi hutan menjadi areal untuk pemanfaatan lain seperti perkebunan, pertambangan dan pemukiman penduduk.

Bentuk upaya konservasi yang dilakukan pemerintah untuk mempertahankan keberadaan burung kasuari ini yaitu dengan membentuk suatu badan konservasi kasuari yaitu “Kopi Kasuari” yang dikelolah oleh masyarakat sekitar hutan di Manokwari, Papua Barat. Bentuk upaya konservasi lainnya yang dapat dilakukan salah yaitu melalui kegiatan penangkaran, yaitu suatu kegiatan pengembang-biakan satwa di luar habitat aslinya (eksitu). Keberhasilan kegiatan penangkaran dipengaruhi oleh beberapa aspek, antara lain bentuk kandang, kesehatan satwa dan pemberian jenis makanannya. Burung kasuari yang hidup di tempat penangkaran tidak dapat mencari makan sendiri, namun sangat tergantung pada penangkar atau pemeliharanya. oleh karena itu variasi dalam pemberian jenis pakan sangatlah penting dalam pemenuhan gizi satwa bagi pertumbuhan untuk peningkatan kesehatan burung kasuari di tempat penangkaran. Selain itu juga mulai melakukan sosialisasi atau himbauan kepada masyarakat untuk tidak berburu hewan langka ini. Diharapkan agar tidak ada perburuan lagi dan populasi tidak semakin menurun.

Bagaimana dengan kita sendiri ? upaya apa yang bisa kita lakukan untuk burung kasuari gelambir ganda yang terancam punah ?

ini  adalah contoh video penyerangan burung kasuari pada manusia

ini video lainnta tentang fakta unik burung kasuari

Sumber referensi :

http://www.iucnredlist.org/details/22678108/0

https://alamendah.org/2010/04/12/kasuari-burung-paling-berbahaya-di-dunia/

Dahliawati. S. 2010. 1,3 juta hektar hutan di Indonesia rusak. www.rribandarlampung.co.id.

Warsito, H. dan Bimark, M. 2012. PREFERENSI DAN KOMPOSISI PAKAN KASUARI GELAMBIR GANDA    (Casuarius casuarius Linn 1758) DI PENANGKARAN (Food Composition and Preference of Double Jowls Cassowary (Casuarius casuarius Linn 1758) in Captivity). Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam. 9(1) : 13-21.


One response to “Burung Paling Berbahaya Di Dunia”

  1. tyrsapriliani says:

    yuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php