tyaspunya

Kaya Batu Bara, Harusnya Dikelola!!!

Posted: May 21st 2014

download
Coal is king. Apakah benar seperti itu?
Sebelum masuk ke batu bara, di sini akan diulas sedikit mengenai sumber daya mineral secara umum. Seperti yang telah kita ketahui bahwa sumber daya mineral di Indonesia itu sebenarnya banyak. Contoh sumber daya mineral yang non logam aja di Indonesia itu menurut Bronto dan Hartono (2006), ada pasir, batu kali, batu gunung, tras, kaolin, belerang, sinabar dan lain-lain yang kesemuanya itu sangat erat hubungannya dengan kegiatan gunung api pada masa lalu.

Batu bara merupakan salah satu dari sumber daya mineral non logam itu. Nah, di atas disebutkan coal is king. Tapi seberapa kaya sih Indonesia itu akan sumber daya mineral yang satu ini? Menurut Sosidi (1996), Indonesia memiliki cadangan batubara yang cukup besar yaitu sekitar 36 milyar ton yang tersebar pada berbagai lokasi seperti 67 % terdapat di Sumatera, 32 % di Kalimantan, dan sisanya terdapat di Irian Jaya, Jawa dan Sulawesi. Dari sejumlah cadangan yang ada di atas maka saat ini sekitar 10 milyar ton siap untuk dimanfaatkan.
batubara
Waow, besar juga!!! Tapi kenapa ya sampai saat ini belum optimal pemanfaatannya? Ternyata ada beberapa faktor nih…
1. Masalah kebiasaan. Sudah sejak lama masyarakat terbiasa menggunakan minyak dan sulit untk mengubah kebiasaan ini secara drastis.
2. Masalah kepraktisan. Menggunakan minyak lebih praktis dibandingkan dengan bricket batu bara atau mungkin energy alternatif lainnya.
3. Ketersediaan energi alternatif (bricket batu bara) di pasar tidak terjamin secara berkesinambungan.

Ya memang, realitanya seperti itu, minyak lebih praktis. Tapi kalo ada sumber daya mineral yang di Indonesia ini masih tumpeh-tumpeh, apa salahnya kalo mencoba beralih ke batu bara! Toh batu bara juga ada yang berbentuk cair lho…Selain itu ada Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara yang mengajak kita untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan batu bara.

Meski begitu, jangan lupa bahwa untuk mendapatkan batu bara itu perlu ditambang dulu. Dan bekas pertambangan kan biasanya menghasilkan limbah nih, baik berupa padat, cair maupun gas. Oleh karena itu, untuk pengelolaan yang berkelanjutan bisa ni dilakukan beberapa cara seperti berikut ini.
a. Meyakinkan masyarakat bahwa penggunaan batu bara perlu dioptimalkan karena cadangan batu bara di Indonesia masih begitu besar
b. Dilakukan pengalihan top soil ke lahan lain sehingga revegetasi berlangsung lebih cepat
c. Dilakukan penelitian yang lebih pasti mengenai lokasi terdapatnya cadangan batu bara terlebih dahulu sebelum menambang.

Sumber Acuan:
Bronto, S. dan Hartono, U. 2006.Potensi sumber daya geologi di daerah Cekungan Bandung dan sekitarnya.Jurnal Geologi Indonesia. 1(1): 14.
Sosidi, Husain. 1996. Studi Kimia Batubara. Bandung.

By: Agustina Tyas Wulandari dan Henry Wijaya


2 responses to “Kaya Batu Bara, Harusnya Dikelola!!!”

  1. sautbarcio says:

    bener tuh.. perlahan kita coba beralih ke batu bara.. minyak dunia makin lama habis, jadi untuk mengurangi kecepatan habisnya ketersediaan minyak bumi sebaiknya dicoba dulu

  2. endang sigiro says:

    benerr
    terkadang kita lupa dengan apa yang kita punya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php