tyaspunya

Gudangnya Emas Tak Hanya Indonesia Timur

Posted: May 21st 2014

Indonesia memang kaya akan sumber daya mineral. Nah, kali ini sumber daya mineral yang akan dibahas adalah sumber daya mineral logam. Apakah itu???Seperti yang tertera pada judul, yaitu emas. Ngomong-ngomong mengenai emas, pasti sebagian besar masyarakat kalo ditanya di Indonesia itu yang banyak emasnya mana ya? Pasti banyak yang menjawab Papua. Padahal, di Jawa Barat ternyata kaya juga lho cadangan emas yang belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Menurut data Badan Geologi (2011), Gunung Pongkor (Bogor) memiliki sumber daya emas 981.000 ton (bijih) sedangkan cadangan ± 2.182.000 ton bijih dan cadangan terbukti 700.000 ton bijih dengan kadar emas berkisar antara 8 – 10,72 gram/ton. Sementara di Kabupaten Cianjur sumberdaya emas terdapat di daerah Cikondang, Cibeber Tenggara (Kecamatan Campaka dan Kecamatan Cibeber) serta di daerah Celak dan Cigadobras (Kecamataan Tanggeung) dengan sumberdaya Terukur sebesar 2.202 ton bijih dengan kadar 15 gram/ton.

images

Potensi sumberdaya mineral logam khususnya emas, perak, tembaga, seng, dan timbal di Jawa Barat umumnya memerlukan modal yang besar dan teknologi yang khusus untuk menemukan cadangannya sehingga dapat dilakukan penambangan. Sehingga untuk jenis komoditas ini, memerlukan waktu yang lama untuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Akan tetapi, tidak adil donk kalau cuma menggali yang bukan logam terus hanya dengan alasan biayanya lebih murah? Oleh karena itu, untuk mengantisipasi alasan-alasan semacam itu, perlu dilakukan pengelolaan dengan menginplementasikan “good mining practice” yang meliputi aspek : Keseimbangan Konservasi, Kepedulian Lingkungan, Peduli K3, sehingga usaha pengelolaan sumberdaya mineral bisa memberikan nilai tambah yang tinggi untuk meningkatkat perekonomian (.

Sumber: Rosana, M.F., Widhiyatna, D., dan Kartawa, W. 2013. POTENSI SUMBERDAYA MINERAL JAWA BARAT: Menuju Pembangunan Jawa Barat yang Berkelanjutan. http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2013/08/POTENSI-SUMBERDAYA-MINERAL-LOGAM-DAN-NON-LOGAM-JAWABARAT_new.pdf. Diakses tanggal 20 Mei 2014.


One response to “Gudangnya Emas Tak Hanya Indonesia Timur”

  1. endang sigiro says:

    aihh kalo kita ga keseringan ketipu sama negara asing dlm mengelola sumber daya emas ini
    pasti kita uda jadi negara kayak emirate arab
    cuyy..kita bisa punya rumah kayak gedung putih ntar, masing-masing punya ferrari dan makan ga telur tahu tempe lagi wkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php