tyaspunya

Emas Terambil, Limbah Siap Diolah

Posted: May 21st 2014

bb

Bekas tambang emas aluvial umumnya menghasilkan tailing yang masih berpotensi untuk diusahakan. Tailing tambang emas alluvial dapat diolah kembali untuk menghasilkan emas maupun komoditas yang berasal dari bahan/ mineral ikutannya. Kegiatan penambangan emas alluvial yang dilakukan oleh masyarakat umumnya tidak diikuti dengan pelaksanaan reklamasi lahan, sehingga tailing dengan penyusun utama pasir dan gravel dibiarkan berada pada permukaan tanpa upaya untuk menutup kembali. Kondisi tersebut dapat lebih memudahkan dalam upaya pemanfaatan kembali tailing, dimana dalam pengolahan tanpa harus didahului dengan proses pengupasan.

Potensi emas aluvial yang umumnya kecil, dapat dengan mudah diolah melalui pemisahan logam emas dengan peralatan sederhana, layak untuk pengembangan usaha pertambangan sekala kecil atau pertambangan rakyat. Agar tingkat kerusakan lingkungan dapat ditekan seminimal mungkin sehingga percepatan perubahan lingkungan sejalan dengan pemulihan secara alami, maka pengembangan wilayah prospek emas alluvial untuk pertambangan sekala kecil atau pertambangan rakyat, perlu disertai pengaturan terhadap jenis, kapasitas, dan jumlah peralatan yang digunakan, serta jumlah penambang atau kelompok penambang.

Proses pemurnian untuk menghasilkan komoditas yang berasal dari mineral ikutannya dapat dilakukan dengan konsep custom plant. Pemurnian dapat dilakukan oleh pihak ketiga yang menjual jasa proses pemurnian atau dapat membeli bahan untuk dimurnikan yang berasal dari hasil pengolahan oleh tambang sekala kecil atau tambang rakyat. Meskipun penggunaan merkuri (amalgamasi) untuk menangkap emas dapat lebih meningkatkan perolehan pada proses pengolahan, namun mengingat potensi merkuri terbuang dan dapat mencemari lingkungan tinggi, maka perlu dihindari penggunaannya,
pengolahan emas aluvial cukup dilakukan dengan proses pemisahan secara fisik.


One response to “Emas Terambil, Limbah Siap Diolah”

  1. veronica says:

    emas aluvial ini dan emas biasa lebih sulit mana pengolahannya? ap bedanya? lalu limbah apa saja yang dihasilkan yang perlu diolah secara serius?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php