Digital Marketing

Digital Marketing Penting untuk Bisnis, Benarkah?

Mengapa Digital Marketing itu Penting? 

Pertanyaan itu akan terjawab dalam ulasan ini. Namun pada dasarnya, setiap perusahaan memiliki tujuan spesifik yang berbeda, meskipun sebagian besar berusaha untuk mencapai pertumbuhan dengan menjangkau lebih banyak konsumen dan meyakinkan mereka agar mau membeli atau bekerjasama. 

Untuk melakukan ini secara efektif, Anda harus memanfaatkan semua sumber daya dan teknologi pemasaran yang paling berharga, dan internet berada di puncak daftar tersebut. Inilah yang menjadikan digital marketing dengan melakukan beli domain untuk website atau media sosial itu penting. 

Cari Tahu Dulu Apa Itu Digital Marketing

Kendati demikian, mari ketahui dulu apa itu digital marketing agar lebih mudah dalam memahami strategi-strateginya. 

Digital marketing adalah istilah luas yang menggunakan teknik online, seluler, dan dalam aplikasi untuk menjangkau pelanggan. Ini dianggap lebih bertarget, terukur, dan interaktif daripada metode pemasaran tradisional. 

Digital marketing juga secara khusus mengacu pada sesuatu yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran melalui penerapan media digital dan teknologi modern. Bukan hanya dalam pemilihan teknologi atau platform yang akan digunakan, tetapi juga memastikan konten yang digunakan sesuai dengan tujuan kampanye brand. 

Alasan Kenapa Memerlukan Strategi Digital Marketing

Pemasaran digital sangat penting untuk menjalankan bisnis yang sukses. Berikut lima alasannya.

1. Jangkau Target Audiens 

Pasar secara konsisten semakin kompetitif. Lebih dari 70% orang dewasa menggunakan beberapa platform media sosial secara bersamaan. Dengan itu, bisnis pun akan berusaha untuk terlibat secara digital agar dapat menarik lebih banyak pelanggan. Dalam pemasaran digital, menggunakan berbagai iklan digital dan platform pemasaran untuk berinteraksi dengan pelanggan adalah hal yang perlu dilakukan.

Akan lebih baik lagi, jika Anda dapat menjangkau calon konsumen melalui beberapa channel seperti media sosial, website, marketplace, hingga laman Youtube.

Ibaratkan audiens Anda sebagai sebuah auditorium yang kosong. Pikirkan, apa kiranya yang akan Anda masukkan untuk mengisi auditorium tersebut. Tentunya konten-konten baik yang berfungsi untuk mengenalkan brand atau produk dari bisnis Anda. 

Baca juga : 5 Kesalahan menyisir yang bikin rambut rontok.

Pemasaran digital dapat membantu Anda dalam menemukan dan menjangkau audiens yang menjadi target lebih mudah dari sebelumnya. Platform periklanan online seperti Facebook atau Google, misalnya, memiliki akses ke banyak informasi demografis dan psikografis tentang calon konsumen. 

Platform-platform tersebut juga memungkinkan untuk Anda menganalisis dan mengategorikan para calon konsumen sesuai grup-grup masing-masing, misal berdasarkan usia, kesukaan, hingga apa yang sering mereka cari. 

2. Patokan untuk Mengukur Kesuksesan Bisnis

Metode pemasaran secara tradisional memiliki kekurangan dari segi waktu yang butuh usaha lebih untuk melakukannya serta memerlukan waktu lama untuk memperoleh analisis dari hasil periklanan yang dilakukan. Bahkan, tidak jarang calon konsumen bahkan enggan melirik brosur atau pamflet yang dibagikan secara offline. 

Berbeda dengan pemasaran digital yang dapat mencapai banyak orang dalam hitungan detik. Sekali konten sudah dibuat di media sosial atau website hosting, orang akan mengetahuinya dengan mudah. 

Tanpa perlu ada tenaga tambahan untuk membagikan brosur atau yang lainnya. Tenaga yang ada dapat dialihkan untuk melayani calon konsumen yang datang untuk bertanya atau berkonsultasi. 

Hasil dari digital marketing pun dapat dianalisis dalam beberapa hari atau bahkan beberapa jam. Banyak tools yang dapat digunakan untuk melakukan analisis tersebut. 

Namun, digital marketing akan benar-benar berhasil ketika Anda megnetahui apa yang ingin dicapai. Pasalnya, tanpa tujuan tersebut, Anda tidak akan pernah tahu saja hal-hal yang sudah dicapai dan belum. 

Tolak ukurnya pun akan sulit untuk dapat melihat seberapa sukses pemasaran digital itu dilakukan dan dampak yang diterima oleh perusahaan. Karena itu, pastikan tujuan sudah ada, kemudian tentukan tolak ukurnya, dan terakhir cari tools untuk membantu mencapainya. 

3. Mampu Bersaing Selayaknya Ikan Kecil yang Berani Berkompetisi di Kolam yang Besar

Dalam pemasaran digital, metode yang digunakan mungkin bisa dikatakan hampir semuanya sama. Hanya saja, pola dan konten yang ditampilkan akan berbeda, sesuai tujuan dan target yang akan dicapai. 

Namun, data yang diperoleh dari pemasaran digital akan sangat membantu Anda yang baru saja terjun dalam dunia bisnis. Bak ikan kecil yang mampu bersaing dengan ikan-ikan yang berukuran dua kali darinya dalam kolam besar. Sebab, dalam pemasaran digital, ada banyak data demografis yang dapat diperoleh. Seperti usia, platform yang sering digunakan, kata kunci yang dicari, hingga apa yang pelanggan inginkan. 

Dari sanalah, Anda akan dapat menentukan teknik atau metode apa yang tepat agar bisa mencapai target yang tepat pula. 

4. Membantu dalam Membangun Reputasi dan Hubungan dengan Konsumen 

Melalui pemantauan iklan digital dan situs sosial, Anda memiliki koneksi langsung ke interaksi dan reaksi pelanggan terhadap bisnis Anda. Dengan memantau, Anda dapat secara proaktif membagikan reward kepada pelanggan, menanggapi keluhan, menjawab pertanyaan, memecahkan masalah, mengelola krisis, serta menemukan tren baru. Hal itu dapat dilakukan sembari mengembangkan dan mengenalkan brand perusahaan. 

Baca juga : Tempat wisata di belanda, klasik, instagramable, dan romantis.

Saat interaksi antara Anda dan pelanggan meningkat, reputasi yang terbangun pun akan meningkat. Perlahan, konsumen akan mulai mempercayai perspektif yang ditampilkan melalui kampanye iklan digital. 

Mereka akan merasa masalah mereka mulai didengar, dan akan segera mendapatkan solusi yang tepat. Kepercayaan itu dapat berubah menjadi rujukan saat mereka berbagi kesenangan dengan teman dan keluarga. 

5. Dapat Memperoleh Pendapatan yang Lebih Baik

Menurut Google, perusahaan yang menggunakan strategi digital memiliki harapan pertumbuhan pendapatan 2,8 kali lebih baik daripada mereka yang tidak. 

Tingkat konversi yang lebih tinggi dengan teknik pemasaran dan periklanan yang efektif menghasilkan banyak prospek yang menguntungkan. Itu artinya, pendapatan yang diperoleh pun akan semakin tinggi seiring kenaikan prospeknya. 

Dalam strategi pemasaran digital, bukan hanya platform visual yang bisa dimanfaatkan. Tetapi, platform berorientasi pada audio seperti radio pun dapat dimanfaatkan. Anda juga bisa menggunakan iklan radio dengan konten yang menarik agar pendengar langsung kena dan ingat dengan iklan tersebut. Sebab, indra pendengar akan mampu merangsang otak untuk mengingat lebih baik daripada indra penglihatan. 

Keuntungan dalam Penggunaan Pemasaran Digital

Ketika Anda sudah memilih untuk menggunakan strategi pemasaran melalui digital, maka keuntungan yang diperoleh adalah: 

  1. Biaya lebih rendah dan fleksibilitas lebih tinggi dalam pemasaran.
  2. Akses ke konsumen yang mengandalkan ponsel atau melakukan semua secara online jadi lebih mudah. 
  3. Interaksi dengan konsumen lebih baik dan reputasi pun akan meningkat seiring kepercayaan yang diperoleh. 
  4. Kesempatan untuk terlibat dengan influencer untuk memperoleh dukungan dari mereka terhadap bisnis Anda. 
  5. Peluang untuk menggabungkan beberapa jenis media ke dalam strategi pemasaran 
  6. Analisis demografis target audiens akan lebih mudah dan memperoleh data yang lebih spesifik daripada metode tradisional. 
  7. Pengambilan keputusan para manajemen dalam menentukan strategi marketing pun dapat dilakukan secara cepat. 

Jadi, masih mempertanyakan mengapa digital marketing itu penting? Dari ulasan tersebut, Anda akan dapat menentukan langkah apa yang akan diambil selanjutnya. 

Jangan lupa juga untuk mencari tahu dulu platform yang dapat digunakan dalam mencapai tujuan melalui iklan digital. Sebab, ada banyak seperti media sosial, web hosting, laman pencarian Google, atau Youtube. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis melalui digital marketing.