Anak Kecanduan Gadget

Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget yang Akan Mengganggu Tumbuh Kembangnya

Untuk saat ini, anak-anak tidak perlu waktu yang lama untuk belajar memakai gadget. Saat telah dikenalkan dengan handphone atau tablet di umur dini, mereka langsung bisa menguasainya dalam sekejap.

Jika orangtua tidak memberikan pemantauan dan instruksi, bisa jadi anak kecanduan gadget. Kecanduan gadget pada anak terang dapat mengusik tumbuh berkembangnya.

Dikutip dari situs Jalkotku, kecanduan gadget bisa juga mempengaruhi kesehatan pada anak sebab bisa memacu munculnya dampak buruk seperti berikut:

  • Obesitas,
  • Penyakit kardiovaskular,
  • Stres,
  • Susah konsentrasi, dan
  • Daya ingat yang rendah.

Tumbuh berkembang anak juga dapat terusik saat anak sangat keterikatan dengan gadget. Yok, silahkan ketahui ciri-ciri sikap negatif pada anak yang telah kecanduan gadget. Janganlah sampai terburu telat. Baca pembahasan selengkapnya berikut:

Merasa Malas untuk Melakukan Kegiatan Yang lain

Sehari-harinya hanya mau bermain gadget. Tidak ingin beraktivitas yang lain. Bermain di luar rumah bersama rekan-rekan lainnya juga mereka akan berasa malas.

Sulit untuk Diajak Ngobrol

Sulit sekali untuk mengajaknya berbicara atau bercakap. Sering dia terlihat cuek dan tidak perduli sama yang dibahas beberapa orang disekelilingnya. Hanya jika yang diobrolkan itu telah tersangkut gadget, baru dech ia nimbrung.

Baca Juga : 5 Cara Transaksi di Marketplace Buat yang Suka Belanja Online

Lebih Gampang Uring-Uringan Jika tidak Diizinkan Main Gadget

Ia gampang sekali rewel dan gelisah jika tidak dibolehkan main gadget. Sering ia baru tenang jika sudah dikasih gadget. Ini muncul karena otaknya perlu konsumsi dopamin yang baru dapat didapat jika sudah asyik main gadget.

Jika sudah kecanduan gadget, anak akan perlu gadget untuk membuat berasa tenang.

Kerap Membantah Bila Sering Diperintah

Memang hal yang wajar saat anak geram saat kegiatannya main gadget terganggu. Tetapi jika ia selanjutnya jadi kerap menentang dan buat argumen justifikasi, kegiatan bermain gadget-nya harus dipantau lebih ketat kembali.

Sikap anak bahkan juga dapat semakin agresif jika tingkat keterikatannya pada gadget sangat kronis.

Sering Berbohong dalam Berkata

Umumnya karena takut dimarahin, anak akan bohong dengan sembunyikan gadget lalu memakainya sembunyi-sembunyi. Jadi orang tua kita memang seharusnya lebih sensitif masalah ini.

Saat kita mengetahui anak mulai kerap bohong, janganlah lekas membentaknya tetapi coba kerjakan pendekatan untuk menolongnya menangani keterikatannya bermain gadget.

Yuk lebih tegas kembali pada mengatur pemakaian gadget pada anak. Janganlah sampai tumbuh berkembang dan kesehatan anak Anda terusik karena telah terlalu berlebih dalam memakai gadget. Mudah-mudahan info ini berguna untuk Anda ya. Terima kasih.