Bacaan Niat Sholat Taubat

Bacaan Niat Sholat Taubat Lengkap dengan Cara Pelaksanaan dan Doa

Manusia sebagai makhluk yang tidak pernah terlepas dari kekeliruan dan kekhilafan. Salah dan khilaf yang melahirkan dosa untuk manusia ini datang karena tiap manusia tentu pernah lakukan hal yang dilarang oleh Allah SWT atau abai atas perintah-Nya. Oleh karenanya, untuk membayar dosa itu, manusia disarankan untuk melakukan sholat taubat.

Dilansir dari mgitv.com, sholat taubat sendiri sebagai sholat sunnah yang ditangani saat seorang akan meminta ampun ke Allah atas semua dosa atau kekeliruan yang sempat dibuat sepanjang hidup. Biasanya, beberapa orang lakukan sholat ini bertepatan dengan taubat nasuha.

Walau tidak ada waktu khusus dalam melakukan sholat dengan 2 rakaat ini. Tetapi beberapa ulama menyarankan untuk melakukan sholat taubat saat masuk bulan Ramadan dan pada malam hari sesudah tidur dan saat sebelum sholat subuh.

Sholat yang dikenali bernama lain sholat istighfar atau sholat meminta ampun ini bawa makna yang paling mengagumkan untuk orang yang melakukannya. Diampuni dosa-dosanya, diangkat derajatnya oleh Allah SWT, dan dipermudahkan semua sesuatunya ialah sebagian dari jumlahnya makna yang didapat oleh orang yang melakukan ibadah sunah yang ini.

Lalu, bagaimana bacaan niat sholat taubat dan tata cara pelaksanaan serta doanya? Khusus untuk kamu, berikut penjelasan selengkapnya.

Bacaan Niat Sholat Taubat

Untuk memulai sholat ini, karena itu mulai lah dengan membaca niat sholat taubat. Niat yang perlu dibaca saat ingin melakukan sholat taubat ialah

“Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala”

Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”

Baca Juga : Jenis Zina dalam Islam yang Masuk ke Dalam Dosa Besar

Cara Pelaksanaan Sholat Taubat

Cara pelaksanaan sholat sunah taubat sama dengan sholat sunah yang lain. Sholat ini dilakukan sekitar dua rakaat dengan sekali salam. Sholat ini diprioritaskan untuk dilaksanakan secara sendirian dan tidak berjemaah.

Ini karena sholat taubat sebagai sholat nafilah yang tidak disyariatkan untuk ditangani secara bersama. Adapun cara penerapan sholat taubat adalah:

  • Mengucapkan niat (Niat bisa diucapkan dalam hati dan dilisankan)
  • Takbiratul ihram
  • Membaca doa Iftitah (sunnah)
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat pendek Alquran
  • Rukuk
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua

Urutan yang sama dengan berlaku pada rakaat kedua dan diteruskan dengan tasyahud akhir dan disudahi dengan salam.

Doa Sholat Taubat

Sesudah melakukan sholat taubat, disarankan untuk perbanyak baca istigfar yang diperuntukkan untuk meminta ampunan dari Allah SWT. Bacaan istigfar ini dilucapkan sepanjang 100 kali sekalian menghayati maknanya dalam hati. Adapun bacaan istighfar yang disampaikan sesudah kerjakan sholat taubat ialah seperti berikut:

“Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi”

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Setelah membaca istigfar, karena itu bacaan doa diteruskan dengan membaca doa sesudah sholat taubat sama seperti yang diberikan oleh Rasullah SAW. Berikut doa itu.

“Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Nah, itulah tadi bacaan niat sholat taubat, cara penerapan dan doa sesudahnya. Mudah-mudahan apa yang telah kami berikan berguna dan janganlah lupa dikerjakan ya.