Tips Merencanakan Pernikahan

Tips Merencanakan Pernikahan Saat Akhir Tahun dengan Matang

Siapa sih yang tidak mau menikah dengan acara pesta yang sukses dan sesuai kemauan? Tiap orang tentu inginkannya, apa lagi untuk yang telah mempunyai pasangan serius dan siap dibawa menikah, ini tentu ditunggukan. Pernikahan sering jadi sebuah acara yang paling sacral, dan sebisa kemungkinan cuma berjalan 1x sepanjang umur.

Tentunya tiap pasangan mempunyai mimpi acara pesta yang semarak dan akan jadi masa lalu terkesan untuk ke-2 mempelai dan keluarga terutamanya. Tidak bisa disangkal, jika kesuksesannya sebuah acara pernikahan tidak terlepas dari rencana yang telah di atur sejak dari awalnya.

Nah, untuk Anda yang telah ada gagasan ingin meneruskan jalinan ke tingkatan pernikahan. Berikut panduan yang kami kutip dari jasa live streaming pernikahan yang menjadi panduan untuk memperlancar rencana pernikahan Anda.

Buat Perencanaan

Persiapkan perencanaan pernikahan secara baik. Umumnya ini dilaksanakan dari beberapa waktu awalnya, yakni 7-10 bulan saat sebelum tanggal pernikahan. Maksudnya adalah untuk menghindar tidak berhasilnya dari acara pernikahan yang telah Anda impi-impikan bersama pasangan.

Dalam membuat acara pernikahan, sebaiknya mengikutsertakan keluarga paling dekat dari faksi masing-masing calon mempelai. Dengan adanya banyak opini yang diberi, ini tentu saja memudahkan dalam pengaturan pernikahan Anda.

Hitung Anggaran Biaya

Mulai untuk sama-sama terbuka pada keadaan keuangan masing-masing buat tentukan bujet pernikahan. Bujet pernikahan sebagai hal yang paling peka, karena dari bujet akan mencakup ke semua beberapa hal yang berkaitan sepanjang penyiapan pernikahan. Dimulai dari katering, undangan, souvenir, dekor, make-up, selingan, photografer sampai persewaan gedung atau aula pernikahan.

Tentukan Tanggal Nikah

Pada penentuan tanggal, persiapkan tanggal untuk dua acara, yakni lamaran dan pernikahan, atau juga bisa jadi sehari yaitu lamaran sekalian pernikahan. Walaupun semua tanggal baik, tetapi penetapan tanggal tetap harus ditetapkan. Maksudnya sebagai dasar dalam menyiapkan gagasan pernikahan.

Amannya, tanggal acara lamaran, seharusnya dilaksanakan pada 1-3 bulan saat sebelum hari pernikahan. Sementara untuk tanggal pernikahan, persiapkan beberapa tanggal supaya bisa di samakan dengan agenda gedung atau aula pernikahan yang belum terencana atau masih kosong.

Dalam penentuan tanggal ini Anda bisa juga berunding dengan ke-2 orangtua dari tiap-tiap calon mempelai untuk mendapat anjuran atau saran saat sebelum hari H pernikahan.

Lakukan Pendaftaran Nikah

Pada sesion ini, seharusnya Anda dan pasangan persiapkan beberapa document penting yang dibutuhkan dalam registrasi pernikahan semenjak awalnya, supaya tidak ada yang terlupa. Document yang perlu Anda dan pasangan melengkapi pada umumnya ialah photo copy KTP, Kartu Keluarga, cocok foto, dan materai.

Baca Juga : Ide Pernikahan Unik dan Modern yang Dapat Kamu Jadikan Inspirasi

Tentukan Jumlah Tamu

Jumlah tamu yang datang dalam acara lamaran tentu saja benar-benar berlainan dalam jumlah tamu yang bakal datang dalam acara pernikahan. Dalam acara lamaran, tamu yang dikenankan untuk datang, umumnya cuman keluarga besar dari tiap-tiap faksi dan beberapa famili dekat saja.

Tetapi, dalam acara pernikahan tentu saja semua keluarga dekat atau jauh, sampai semua famili dari tiap-tiap ke-2 faksi akan diundang. Umumnya paket untuk tamu bisa dibagi jadi, 1.000-2.000 orang terhitung rasio acara pesta besar, 500-700 orang terhitung acara pesta sedang dan 200 orang terhitung acara pesta private.

Gunakan Jasa Wedding Organizer

Wedding Organizer atau umum disebutkan WO sebagai satu jasa khusus yang individu menolong calon pengantin dan keluarga dalam rencana dan supervise penerapan serangkaian pesta acara pernikahan sesuai agenda yang sudah diputuskan.

Keuntungan memakai WO yakni, akan menolongk merangkum ide pernikahan, memberinya sarana, perundingan dan koordinir dengan faksi gedung atau aula dan supplier yang mencakup katering, dekor, photografer, make-up, sampai musik ata selingan.

Praktisnya, Anda bisa mengirit waktu, dan biaya dengan cari WO yang sama sesuai bujet yang ada. Tentu saja dengan memakai jasa ini akan memudahkan calon mempelai dan keluarga dalam merealisasikan pernikahan yang ditunggukan.

Pilih Tema Pernikahan Sesuai Kemampuan

Berikut yang paling ditunggu calon mempelai, penetapan topik pernikahan sebagai mimpi yang telah diharapkan semenjak awalnya jalani jalinan serius. Pada sesion ini, Anda dan pasangan bisa pilih topik yang sudah disiapkan oleh faksi wedding organizer.

Umumnya topik tradisionil dan western atau membuat topik sendiri. Di sini , langsung bisa pilih gaun yang bakal dikenai oleh mempelai pengantin, dan penyeleksian kebaya atau jaz yang bakal dikenai untuk keluarga pokok.

Disamping itu, kecocokan dalam berbusana di saat acara pesta pernikahan hal yang perlu jadi perhatian, dimulai dari warna sampai mode supaya keluarga yang lain turut serta dalam kepanitian kelihatan rapi dan bagus, tidak kelirunya untuk mempersiapkan baju yang sesuai topik yang diputuskan di saat pernikahan.

Siapkan Undangan

Persiapkan undangan untuk tamu beberapa paket yang sudah ditetapkan semenjak awalnya. Sama ini, tamu semakin lebih gampang dalam ingat tanggal dan lokasi pernikahan yang sudah ditetapkan.

Supaya lebih cocok dengan topik, Anda dan pasangan bisa juga request ke percetakan undangan seperti apakah undangan yang diharapkan atau Anda bisa juga membuat undangan versus digital yang dapat dikirim lewat pesan media sosial.

Kunci keberhasilan pernikahan ialah rencana. Jika Anda ingin mengadakan dengan acara pesta yang besar dan semarak, tentu saja diperlukan rencana. Berkaitan biaya pernikahan, Anda mulai bisa kumpulkan modal nikah berdua bersama pasangan, dan jika dana Anda belumlah cukup, tak perlu berduka atau tunda pernikahan.