Langkah Gampang Supaya Handphone Kembali ‘Fresh

Langkah Gampang Supaya Handphone Kembali ‘Fresh’ Sesudah Lebaran

Tidak hanya kendaraan saja yang perlu jadi perhatian sesudah usai Lebaran. Handphone juga perlu ‘diservis’ supaya performanya kembali kuat, sesudah sepanjang Lebaran diforsir. Bagaimana triknya ?

Sepanjang Lebaran handphone jadi piranti yang paling diforsir. Beragam aktivitas Lebaran sekarang telah memercayakan handphone. Dimulai dari dihandalkan untuk alat nelpon, kirim pesan WA, posting di medsos, mememfoto atau merekam peristiwa kebersama-samaan lebaran sampai dipakai untuk alat tolong navigasi sepanjang perjalanan mudik.

Akhirnya, sesudah Lebaran juga performa handphone bisa saja jadi lelet karena ‘kelelahan’. Ini pasti jangan diabaikan, karena perform yang turun membuat handphone kurang nyaman dipakai. Nah, berikut oppotutorial meringkas cara-cara untuk membikin smatphone kembali ‘segar’ sesudah diforsir saat Lebaran kemaren. Inilah :

1. Backup Isi Handphone

Sepanjang Lebaran tentu banyak mendokumentasikan beberapa momen special memakai handphone. Dimulai dari memfoto sampai record video. Mengakibatkan memory handphone jadi penuh. Jika sudah ini, akan punya pengaruh ke performa handphone. Bahkan juga sampai beberapa aplikasi tidak dapat berjalan mulus karena kekuarangan memory.

Langkah yang gampang untuk kosongkan memory handphone dengan mem-backup-nya. Dapat dengan mentransfer ke PC/netbook. Tetapi permasalahannya sepanjang Lebaran atau mudik, masa’ iya dibawa-bawa netbook ? Juga bisa sich back up ke Memory Mikro SD, tetapi sepanjang kartu Mikro SD dipasang, karena itu handphone akan membacanya. Juga bisa meng-cover memakai USB melalui USB On The Go. Tetapi membawa tidak USB-nya ? Khususnya saat mudik.

Yang termudah dan memungkinkannya melalukan backup saat perjalanan, yakni dengan mengupload nya ke Google Drive. Sesudah dibackup, tinggal dihapus semua photo, video atau file lain yang ada dalam memory handphone. Dengan demikian, memory kembali lowong.

2. Bersihkan file-file sampah

Tanpa disadari setiap kita memakai beragam aplikasi di handphone, akan tersisa file-file endapan. Berikut yang membuat memory handphone makin penuh. Salah satunya tipe file endapan yakni Cache. Ini ialah tempat simpan data sementara dari aplikasi yang atau sempat dipakai. Perannya supaya bila aplikasi itu ingin dipakai kembali, dapat semakin cepat dibuka. Tetapi cache yang didiamkan menimbun akan membuat handphone kamu jadi lelet.

Jadi sebaiknya file Chace dihapus saja. Triknya masuk Settings – Apps – All lalu mencari aplikasi yang bakal dibikin bersih cache-nya, dan tentukan Clear Cache. Atau, bisa juga sekalian bersihkan cache pada handphone lewat menu Settings – Penyimpanan – Cached Data, dan tentukan OK ketika berada pop up. Juga bisa memakai kontribusi aplikasi yang tersedia banyak. Satu diantaranya yakni aplikasi Clean Master atau aplikasi semacam yang lain.

3. Hapus Aplikasi Latar belakang

Tanpa disadari kita kerap buka beberapa aplikasi yang kadang lupa menutupnya. Walau sebenarnya aplikasi itu sedang berjalan tetapi secara backround. Apa lagi saat dalam peristiwa Lebaran, mulai aktifkan camera untuk memfoto, buka aplikasi medsos, buka pesan WA dan yang lain.

Mengakibatkan, performa handphone akan turun, karena kemampuan RAM dipadati beragam aplikasi yang jalan latar belakang itu. Maka janganlah lupa untuk menonaktifkan aplikasi itu. Dengan menklik icon tombol Recent Apps yang disiapkan, yang tempatnya deretan dengan icon tombol Home dan Back pada bagian bawah layar. Sesudah memencet tombol Recent Apps, tutup aplikasi yang jalan secara latar belakang.

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Saat peristiwa Lebaran, banyak aktivitas yan dilaksanakan memakai smarthphone. Dan umumnya kita meng-install beberapa aplikasi baru. Misalkan aplikasi Waze atau aplikasi peta digital yang lain yang dipakai untuk mudik. Atau aplikasi Foto Editor yang digunakan untuk mengubah photo peristiwa lebaran.

Nach, sesudah usai Lebaran, bila beberapa aplikasi itu tidak digunakan, seharusnya di-uninstall saja. Supaya tidak memberatkan kemampuan RAM yang membuat handphone jadi lelet. Tetapi kadang ada banyak aplikasi tidak bisa dihapus karena menjadi bawaan sistem, walau sebenarnya tidak dipakai. Nach, untuk menghentikannya apliaksi itu triknya masuk Settings – Apps, lalu pada tab Running tentukan aplikasi yang tidak kamu perlukan, dan tentukan Disable.

5. Matikan Auto-Sync

Beberapa aplikasi memerlukan penyelarasan supaya dapat terus up-date bila ada peralihan. Tetapi ini dapat berpengaruh pada performa handphone . Maka bila dirasakan tidak dibutuhkan up-date aplikasi yan real time, karena itu seharusnya matikan saja Auto-Sync. Bila diperlukan up-date, baru lakukan penyelarasan

6. Restart

Nah, sesudah beragam langkah untuk membikin handphone kembali kuat, seharusnya kerjakan Restart. Supaya sistem kerja handphone dapat kembali refresh dan performa handphone kembali kuat.