Cara Memilih Besi Beton

Cara Memilih Besi Beton Berkualitas untuk Kotruksi Rumah

Istilah besi beton tentunya sudah tidak asing dalam telinga. Tetapi, tahukah kamu seperti apakah sebenarnya besi beton itu? Besi Beton ialah besi yang dipakai untuk penulangan konstruksi beton ataupun lebih terkenal dikatakan sebagai beton bertulang.

Besi beton tulangan pada intinya terdiri dari dua wujud, yakni besi polos (plain bar) dan besi ulir atau (deformed bar). Besi polos ialah besi yang mempunyai penampang bulat dengan permukaan licin atau mungkin tidak bersirip. Sedang besi ulir ialah besi dengan wujud permukaan berupa sirip membentang atau rusuk memanjang dengan skema tertentu yang dipilin di proses produksinya.

Lalu bagaimanakah langkah pilih besi beton yang berkualitas sebagai bahan khusus konstruksi? Baca keterangan selengkapnya di bawah ini.

Perhatikan Jenis Besi Beton

Seperti diterangkan di atas, ada dua tipe besi beton yakni besi polos dan besi ulir. Masing-masing bisa berguna dengan optimal jika pas saat menentukan sesuai perannya. Pahami karakter besi beton saat sebelum membeli jadi poin penting.

Besi beton ulir mempunyai karakter yang susah dibuat, misalkan saat akan dibengkokkan. Ini terkait dengan tegangannya yang lumayan tinggi. Berlainan hal dengan beton polos yang condong lebih gampang untuk dibuat.

Besi beton yang berkualitas memiliki tingkat kekerasan yang baik sekali. Untuk menghitungnya dapat memakai alat yang namanya hardness tester.

Cek Kondisi Besi Beton

Memeriksa kondisi besi beton jadi cara yang penting dilaksanakan untuk memperoleh besi beton berkualitas. Triknya dengan menyaksikan keadaan besi, apa berkarat atau mungkin tidak. Besi yang berkarat akan percepat proses penghancuran pada besi saat dipakai dalam pengecoran.

Besi yang berkarat juga beresiko untuk kemampuan kontruksi. Seharusnya jauhi pemakaian besi yang telah berkarat saat pembuatan dak cor dengan beton ready mix. Pemakaian besi yang bebas karat akan berpengaruh bagus untuk jaga kontruksi masih tetap kuat, disamping itu tipe besi tanpa karat lebih tahan lama.

Sesuaikan Ukuran Besi Beton

Besi beton diputuskan dengan arah supaya bangunan supaya lebih bertahan lama dan kuat. Karena itu, samakan ukuran besi dengan berat beban yang bakal didukungnya saat beli besi beton. Untuk jamin kemampuan susunan bangunan, seharusnya tentukan besi beton berdiameter penuh dan sesuai ukuran standard.

Ukuran standard besi beton ialah 12 mtr.. Untuk diameternya sendiri, ada ukuran 6mm, 8mm, 10mm, 12mm, 13mm, 16mm, 22mm, dan 25mm. Dengan angka real, sekurang-kurangnya harus ada toleran 0,2mm.

Pilih Merk Besi Beton yang Berkualitas

Pada produk apa saja, tentu ada merk-merk favorit dengan kualitas terbaik. Demikian juga hal dengan besi beton. Pilih merk-merk yang telah terhitung dalam kelompok Standard Nasional Indonesia (SNI). Umumnya, merek besi beton bisa disaksikan di atas besinya.

Perhatikan Harga Besi Beton

Menjadi rahasia jika biasanya kualitas barang lurus sebanding dengan harga. Maknanya bila ingin beli barang berkualitas, harga juga tambah mahal dibandingkan kualitas yang lebih rendah.

Ini berlaku untuk harga besi beton. Perlu dimengerti jika merk-merk SNI di atas tentu saja tambah mahal dibandingkan dengan merek yang lain belum masuk kelompok SNI.

Sesudah ketahui beberapa hal di atas berkenaan besi beton, apa kamu jadi tertarik menggunakannya untuk konstruksi rumahmu? Mudah-mudahan berguna.