Cara Menulis Deskripsi Produk

Cara Menulis Deskripsi Produk yang Jitu dan Menjual

Ketika berbisnis online, entah di marketplace atau web, beberapa hal yang dapat Anda kerjakan untuk mendukung pemasaran. Satu diantaranya, menulis deskripsi produk yang baick. Ya, deskripsi produk tidak cuma berperan untuk mempermudah calon customer mengenal produk Anda. Tapi juga untuk mengundang perhatian dan memberikan keyakinan mereka untuk beli. Deskripsi produk ialah info yang menerangkan produk Anda, baik berbentuk detail produk, kelebihan, cara pemakaian dan lain-lain.

Untuk penjual, deskripsi produk berguna untuk dapat mengenalkan produk mereka secara detil jasa ketik punya solusinya. Lantas dari segi calon konsumen, deskripsi produk akan mempermudah mereka dalam menimbang apa produk Anda betul-betul bugar dengan keperluannya atau mungkin tidak. Nah, inilah 7 langkah menulis produk deskripsi yang pas:

1. Kenali Target Konsumen Anda

Hal utama yang perlu Anda kerjakan saat sebelum menulis deskripsi produk ialah mengenal siapa sasaran customer Anda. Langkah ini dapat dengan diawali pahami buyer figur, alias cari tahu bagaimana watak calon customer Anda. Dimulai dari interest mereka, apa yang mereka perlukan, berapa kerap mereka berkunjung web atau sosial media Anda, dan sebagainya.

Disamping itu, ketahui bagaimana tata bahasa yang pas untuk membuat komunikasi sama mereka. Umumnya, tata bahasa bisa disamakan dengan umur sasaran customer, hasrat komedi, atau bahkan juga citra merek yang ingin Anda buat di mata customer.

2. Fokus pada Manfaat Produk

Sayangnya, banyak penjual yang terpusat pada keterangan feature daripada faedah. Walau sebenarnya, faedah dan feature produk ialah dua hal yang lain. Customer sendiri kerap tidak memerhatikan masalah feature, lho. Mereka cuman perduli pada faedah yang dapat mereka peroleh dari produk itu. Feature sebagai segala hal yang dipunyai pada produk. Sedang faedah ialah suatu hal yang didapat customer saat memakai produk Anda.

3. Berikan Sentuhan Emosional

Deskripsi produk yang memikat umumnya tidak sekedar hanya berisi mengenai detail, feature dan faedah saja. Tapi Anda bisa juga memberinya sedikit sentuhan emosional untuk menjadikan lebih terkesan. Ada beberapa langkah untuk Anda dapat berpesan yang sentuh di saat menulis deskripsi. Satu diantaranya dengan story telling. Seperti yang sudah dilakukan Agradaya, usaha lokal yang jual beberapa produk rempah asli lokal. Nyaris tiap postingannya di sosial media, Agradaya selalu usaha membuat narasi yang terkesan saat tuliskan deskripsi produk.

4. Gunakan Bahasa yang Natural

Ketika teks deskripsi produk Anda dibaca, apa intonasinya telah kedengar friendly? Atau justru berkesan kaku seperti robot? Jika begitu, coba ganti kembali tone dan pemakaian kosa kata tulisan Anda. Sama seperti dengan sentuhan emosional barusan, gaya bahasa dan tone tulisan yang conversational akan mempermudah merek Anda tersambung dengan konsumen.

5. Gunakan Kosakata yang Lebih Variatif

Saat menulis deskripsi produk, memang Anda disarankan untuk memakai kosa kata yang termudah dimengerti. Tapi, janganlah sampai ini malah membuat Anda jadi monoton untuk pilih kosakata yang itu melulu.

6. Pastikan Teks Mudah di Skimming

Tahukah Anda jika pengunjung cuman membaca sekitaran 16 % apa yang telah ada di halaman web? Sesudah masuk, mereka umumnya cuman meng-skimming tulisan dan membaca info yang diperlukan saja. Itu penyebabnya, Anda perlu membuat text deskripsi seefektif mungkin.

7. Gunakan Kata Kunci SEO

Menggunakan kata kunci SEO pada deskripsi produk juga penting. Karena, ini semakin lebih mempermudah calon konsumen untuk mendapati produk Anda di mesin perayap. Entahlah Anda jualan di web individu atau di marketplace.

Dimana saja Anda jualan, entahlah web sendiri atau di marketplace, janganlah lupa selalu untuk pakai kata kunci yang sesuai produk Anda. Karena, ini semakin lebih mempermudah calon konsumen untuk mendapati produk yang berkaitan dengan keperluan mereka.