Jenis Bonsai Tanaman Liar yang Bisa Kamu Miliki di Rumah

5 Jenis Bonsai Tanaman Liar yang Bisa Kamu Miliki di Rumah

Umumnya pohon yang dilatih jadi bonsai ialah pohon dengan umur yang lama dan bisa tahan dari masalah terlalu berlebih. Masalah terlalu berlebih itu seperti pemangkasan berlebihan, tekukan, dan tolerir pada beberapa macam tanah.

Beberapa pohon dengan karakter itu rupanya banyak diketemukan di pohon liar Indonesia. Apa sich tipe tanaman liar yang dapat di bonsai? Yok, cari info bonsai tanaman liar elok yang dapat kamu punyai di bonsaikita.com!

Jenis Bonsai Tanaman Liar

1. Kacapiring

Pohon kacapiring atau Cape Jasmine biasa tumbuh di sejumlah daerah yang ada dalam Indonesia. Bonsai tanaman liar Indonesia yang ini kelihatan menarik dengan wujud batangnya yang anggun dan daunnya yang rapat dan tebal.

2. Hokianti

Pohon hokianti kerap dikatakan sebagai gulma oleh warga Indonesia karena tumbuhnya di beberapa tempat. Pohon ini disebutkan tanaman liar sebab bisa tumbuh di pinggir pagar atau halaman rumah. Rupanya sesudah dirawat dan dikawat secara baik, pohon ini menjadi bonsai yang kelihatan canggih, lo!

3. Waru

Pohon waru yang kerap tumbuh di tepi-tepi pantai, sungai, dan rawa-rawa rupanya dapat diganti jadi bonsai, lo! Waru sebagai salah satunya tipe tanaman liar yang dapat di bonsai jadi tanaman yang elok dan menarik.

Bonsai pohon waru yang dipunyai Su Wen-Hong sukses memenangkan pameran bonsai Hwa Fong Show 2009 karena kecantikannya. Dengan ketrampilan yang tinggi, Su Wen-Hong sukses mengawati pohon waru yang dikenali dengan rantingnya yang padat dan susah dibuat, jadi pohon yang cantik dan menarik.

4. Jambu Biji

Karena bijinya yang kerap dibuang oleh manusia atau dijatuhkan hewan pemakan buah, pohon yang ini tumbuh liar di beberapa wilayah di Indonesia. Biasanya, pohon ini bisa diketemukan di kebun-kebun kering dan tempat persawahan.

Rupanya tanaman ini dapat diganti jadi bonsai siluet atau bonsai tanpa daun yang menawan. Ranting rimbun yang membuat siluet ini betul-betul kelihatan unik dan beda dari pohon yang lain.

5. Kemuning

Pohon dengan harum merebak ini bisa disihir jadi bonsai eksotis dalam pot dangkal. Pohon kemuning sebagai salah satunya tipe tanaman liar yang dapat di bonsai dan diketemukan di sejumlah daerah Indonesia.

Bonsai kemuning yang telah tua mempunyai tangkai khusus yang besar dan mengeropos di beberapa segi. Di saat berbunga atau berbuah, pohon ini akan kelihatan cantik dan estetis.

6. Kamelia

Kamelia umumnya ditanamkan oleh warga Indonesia sebagai tanaman pagar. Sekarang, kamelia saat ini jadi tanaman hias yang bisa dipasarkan pada harga fenomenal. Pada tangan seorang seniman bonsai, pohon yang ini bisa diganti jadi pohon kerdil yang berbunga cantik dan elok.

7. Delima

Salah satunya pohon pemroduksi buah bermanfaat ini bisa disihir jadi bonsai yang kelihatan mempesona. Bila kamu inginkan beli bonsai pohon delima, kamu bisa membeli di beberapa toko tanaman hias.

Langkah Membuat Bonsai Tanaman Liar

Berikut cara membuat bonsai tanaman liar yang bisa kamu ikuti:

  • Kumpulkan bahan bonsai dan ambil bibit tanaman;
  • Membuat tempat tanam berisi pasir, tanah, kompos, humus, dan pupuk kandang dalam pot;
  • Membuntel tanaman memakai plastik dan menanti hasil semi sepanjang 2-3 bulan;
  • Menjaga bonsai yang hidup sampai bisa berkembang secara baik.

Itu beberapa macam bonsai tanaman liar dari bonsaikita.com. Semoga artikel ini berguna untuk kamu.