Langkah Mudah Memperbanyak Tanaman Anthurium

Langkah Mudah Memperbanyak Tanaman Anthurium

Anthurium crystallinum juga dikenal bernama kuping gajah, adalah salah satunya tanaman hias mempunyai potensi export yang lumayan besar. Ada dua type bunga anthurium yang dapat Anda temui, salah satunya anthurium bunga potong dan anthurium bunga pot. Perubahan tanaman anthurium termasuk cukuplah cepat. Banyak pehobi yang mulai berusaha untuk perbanyak tanaman anthurium sendiri.

memperbanyak tanaman anthurium

Anthurium dapat diperbanyak secara konservatif lewat biji dengan penyerbukan silang untuk hasilkan hibrida atau kultivar unggul. Untuk lakukan persilangan itu, Anda perlu menyiapkan tanaman induk jantan dan induk betina yang kuat, dan kuas kecil yang dipakai untuk tempelkan pollen bunga.

Yakinkan bunga betina telah masak dan siap dibuahi. Keadaan itu diikuti dengan permukaan spadik yang licin seperti berlendir. Saat itu, bunga jantan yang dipakai ialah bunga yang akan masak sesudah 2—4 hari sesudah bunga betina masak. Keadaan itu diikuti dengan keluarnya serbuk sari warna putih kekuningan.

Penyerbukan dikerjakan dengan kontribusi manusia, yakni tempelkan pollen yang diambil dari induk jantan ke kepala putik pada spadik memakai kuas kecil. Sesudah proses penyerbukan usai, tutup sisi bunga dengan kertas.

Proses persilangan yang sukses diikuti dengan terciptanya buah yang banyak seperti kutil yang melekat di bagian spadik. Buah barusan bisa dipanen sesudah berusia 4—5 bulan semenjak persilangan. Buah yang sudah masak akan warna merah kehitaman dan gampang terlepas dari spadik.

Sesudah dipanen, buah dibikin bersih dari daging yang berlendir hingga tinggal sisi bijinya. Biji bunga itu bisa disemai ke tempat tanam yang terdiri dari kombinasi pasir dan moss. Biji disemai sepanjang 2 bulan lama waktunya saat sebelum dipindah ke pot pribadi.

Bibit yang siap ditanamkan seharusnya diadaptasi lebih dulu dengan posisi perkebunan sepanjang sebulan. Bibit yang baik untuk ditanamkan ialah bibit yang telah mempunyai 5—7 lembar daun dengan tinggi capai 25 cm, perkembangannya subur, normal, dan sehat.

Selama saat perawatan, Anda perlu lakukan penyiraman, pemupukan, dan pengaturan hama. Bibit yang telah dipilih dapat diperbanyak secara vegetatif dengan sistem tunas anakan atau kultur jaringan.

Nah itulah tips dan trik dari situs Pupuk nasa mengenai Langkah Mudah Memperbanyak Tanaman Anthurium yang perlu anda terapkan. Sekian dan terima kasih