Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar Di Indonesia

Top 5 Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar Di Indonesia

Makin bertambahnya tingkat ekonomi dan berkembang luasnya pembangunan infrastruktur di semua sektor di Indonesia, khususnya pembangunan infrastruktur industri dan sarana umum diperlukan sumber energi listrik yang lumayan besar juga, minimum cukup-cukuplah.. jika kata orang medan.

Pasti sumber energi yang diartikan adalah energi listrik. Listrik dibuat dari beberapa sumber diantaranya dari Batubara (PLTU), Air (PLTA), Tenaga Matahari (PLTS) dan Tenaga Bayu (PLTB). Indonesia sekarang ini sedang mengutamakan untuk tingkatkan kemampuan tenaga listriknya yakni dengan program pembangkit listrik kemampuan 35.000 Megawat (MW) sampai periode waktu 5 sampai 10 tahun depan.

Indonesia sendiri telah mempunyai beberapa pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang telah bekerja yang dapat disebutkan memiliki kemampuan hasilkan listrik lumayan besar. Berikut 5 PLTA di Indonesia menurut situs PLTA Batangtoru yang bekerja dan hasilkan energi listrik sampai saat ini.

Top 5 Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar Di Indonesia

1. Pembangkit Listrik Tenaga Air Cirata

PLTA ini mulai dioperasionalkan di tahun 1999, pembangkit ini berada di Propinsi Jawa Barat yang mencakup wilayah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung. PLTA ini memiliki kemampuan turbin 8 x 126 MW hingga kemampuan dipasang sejumlah 1.008 MW hingga hasilkan produksi listrik seputar 1.428 MW Gigawatt Hour (GWh) yang terpadu dengan jaringan Pembangkit Jawa – Bali.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Air Sigura-gura

Pembangkit Listrik Tenaga Air ini berada di Kabupaten Toba Samosir, Propinsi Sumatera Utara. PLTA ini manfaatkan hilir sungai Asahan yang dialiri air yang dari Danau Toba. Mulai dibuat tahun 1978 dan usai di tahun 1981 yang dibuat oleh perusahaan yang dari Jepang.

Sebelumnya PLTA ini dibuat untuk penuhi keperluan energi listrik perusahaan PT. Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) yang disebut perusahaan yang bergerak dalam sektor peleburan aluminium PLTA ini mempunyai kemampuan dipasang sejumlah 209 MW. Saksikan Videonya di bawah ini.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Air Poso II

Pembangkit ini berada di Dusun Sulewana, Pamona Utara, Poso, Propinsi Sulawesi tengah. Manfaatkan Saluran Sungai Poso PLTA ini mulai digagas pembangunannya di tahun 2002 dan mulai dioperasikan dan produksi pada tengah tahun 2004 dengan kemampuan dipasang 3 x 65 MW. PLTA ini dibuat oleh perusahaan yang dari Indonesia yakni PT. Poso Energy dengan induk perusahaan Kalla Grup yang dipunyai oleh keluarga Jusuf Kalla.

4. Pembangkit LIstrik Tenaga Air Jatiluhur

Bendungan ini adalah Bendungan paling besar di Indonesia sekarang ini. Pada Awalannya bendungan ini dibuat untuk digunakan selaku waduk untuk mengucuri air pertanian di seputar Jawa Barat. Bendungan ini berada di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Pembangunannya diawali di tahun 1957 dan ditangani langsung oleh kontraktor yang dari Prancis PLTA ini memiliki kemampuan dipasang 187 Megawatt (MW).

5. Pembangkit Listrik Tenaga Air Tangga

Pembangkit ini berada masih berada di Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara manfaatkan Saluran Sungai Asahan yang dialiri air yang banyak dari Danau Toba dan beberapa anak sungai yang ada catchment tempat nya. PLTA ini mempunyai 4 unit turbin aktif dengan semasing kemampuan 71.50 MW hingga keseluruhan kemampuan dipasang sejumlah 317 Megawatt (MW).

Demikian beberapa PLTA paling besar di Indonesia sekarang ini, kita mengharap dengan program pemerintahan tingkatkan kemampuan energi listrik sampai 35.000 MW makin banyak pembangkit listrik yang dibuat di Indonesia hingga bisa menangani kritis energi listrik yang dirasakan oleh negara yang kita sayangi ini. Mudah-mudahan berguna.