Pengantar Teknologi Informasi

Posted: October 1st 2013

Rangkuman Materi PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

1. BISNIS DAN TEKNOLOGI INFORMASI
Tekanan (pressures) pada bisnis dan respon dari perusahaan menyebabkan respon perusahaan menjadi lebih proaktif dan reaktif. Respon bisnis terhadap pressures salah satunya melibatkan Information Technology dan Information Systems. Pada kasus tertentu IT adalah solusi tunggal terhadap business pressures. Sehingga kemampuan akan IT adalah menjadi hal yang penting bagi pembisnis.
Karakteristik lingkungan bisnis saat ini:
– Perubahan yang cepat
– Kompleksitas
– Ekonomi global
– Kompetisi yang ketat
– Fokus kepada konsumen

a. Istilah-istilah dalam dunia IT
• Data: fakta mentah yang dikumpulkan dan tidak terorganisasi
• Information: Data yang terorganisir sehingga mempunyai makna.
• Knowledge: informasi yang terorganisir, digunakan untuk menyampaikan pemahaman, pengalaman, pembelajaran, keahlian.
• Computer Literacy: pengetahuan & pemahaman mengenai komputer dan penggunaannya
• Computer: Peralatan elektronik yang beroperasi dibawah intruksi yang terkontrol yang tersimpan pada memory peralatan tersebut
• Information System (IS) : Sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menganalisa data dan menyampaikan informasi untuk tujuan yg spesifik

b. Komponen komputer :
 Input (masukan) : Perangkat keras yang digunakan untuk memasukan data dan instruksi
 Process/System Unit : Boks seperti tempat penyimpanan yang mengandung komponen elektronik, digunakan untuk memproses data
 Output (keluaran) : Perangkat keras yang menyampaikan informasi kepada pengguna
 Storage (penyimpanan) : Menyimpan data, instruksi, dan informasi
untuk penggunaan di masa mendatang
 komunikasi/ jaringan (Network) : Kumpulan dari komputer dan peralatan komunikasi yang saling terhubung bersama

input devices dibagi jadi dua macam
• Human-oriented, contohnya : Keyboard, Mice / trackball, Touch screens, Stylus, Joystick, dan Microphone
• Automated, contohnya : ATMs, POSs, Optical Scanners, Voice recognition, Sensors, dan Camera

c. Computer Software
Definisi terkait computer software :
• Program adalah urutan dari instruksi yang memberitahu apa yang harus dilakukan oleh komputer
• System Software adalah Program yang mengendalikan operasi dari komputer dan perangkatnya
• Operating System (OS) adalah kumpulan program yg mengkooridnasi semua aktivitas dari perangkat keras komputer dan mengijinkan pengguna menjalankan perangkat Lunak aplikasi.
• Utility Programs mengijinkan pengguna untuk menjalankan tugas pemeliharaan, biasanya berhubungan dengan pengelolaan komputer, baik devices maupun programs
• Application Software adalah Program yg melakukan tugas tugas yang spesifik bagi pengguna

d. kategori komputer

Computer dikategorikan menjadi beberapa sebagai berikut

– Personal computer
– Mobile computer
– Midrange server
– Mainframe computer
– Super computer

e. Informasi
Informasi dapat menjadi berguna jika memenuhi syarat berikut :
– Akurat  Bebas dari kesalahan
– Lengkap  Mencakup semua yg dibuthkan
– Flexible  Dapat dilihat dengan berbagai cara
– Handal  Hasil selalu konsisten
– Relevan  Diterapkan pada isu yang dipelajari
– Tepat Waktu  Tersedia saat dibutuhkan
– Dapat di verifikasi  Bisa dilacak dasar dari informasi
– Bisa di akses  Siapa saja yang membutuhkan informasi tsb bisa mengaksesnya
– Aman  Bebas dari kontaminasi baik sengaja maupun tidak sengaja

 

 

 

2. TEKNOLOGI INFORMASI DI ORGANISASI MODERN
Fasilitas, layanan, dan pengelolaan yang mendukung semua sumber daya komputasi di sebuah perusahaan antara lain sebagai berikut :
• Perangkat keras komputer
• Perangkat lunak
• Fasilitas komunikasi dan jaringan
• Basis data
• Information management personnel

a. Definisi-definisi terkait teknologi informasi
Sistem Informasi (SI): Sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menganalisa data dan menyampaikan informasi untuk tujuan yg spesifik (Turban & Rainer, 2003)
Sistem Informasi dirancang untuk mendukung struktur dari perusahaan /organization. Pengelolaan resources SI adalah tanggung jawab bersama antara departemen SI dan end users.

b. Transaction Processing System
Sistem Pemrosesan Transaksi
• Mengotomatisasi transaksi bisinis harian
• Mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan data transaksi bisnis
• Menyediakan data dasar bagi sistem lainnya
• Cukup kompleks , rumit
• Sangat penting untuk kesuksesan bisnis saat ini

c. Jenis SI
• Management Information Systems
(Sistem Informasi Manajemen):
• Mendukung keputusan yang di ambil secara rutin
• Mengakses, menata, merangkum, dan menampilkan informasi.
• Menekankan pada laporan rutin dari permasalahan yang sudah diketahui dan di antisipasi
• Menjawab permintaan dan perkiraan tren
• Office Automation System : semacam sistem pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung pekerja kantor/administrasi
• Decision Support Systems (Sistem Pendukung Keputusan): Mendukung pengambil keputusan yang bersifat komplek, non-routine dan manajerial
• Executive Information Systems – Mendukung pekerjaan dari Higher-level managers
• Group Support Systems – Mendukung pekerjaan dari orang orang yang bekerja dalam kelompok
• Intelligent Support System (ISSs): termasuk didalamnya sistem pakar yang menyediakan pengetahuan cerdas yang tersimpan di sistem bagi pengguna biasa (non-experts), dan sistem cerdas yang memiliki learning capabilities yang bisa belajar dari permasalahan di masa lalu
• End- user computing: Penggunaan atau pengembangan dari sistem informasi oleh pengguna utama dari output sebuah sistem seperti analis, manager, atau profesional lainnya
• Knowledge Management Systems: Mendukung proses menciptakan, mengumpulkan, mengorganisasikan, mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan perusahaan
• Data Warehousing (Gudang Data): data warehouse adalah basis data yang di rancang untuk mendukung DSS, ESS dan semua aktivitas yang membutuhkan analisis data.
• Mobile Computing: Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan konsumen atau rekan bisnis di luar area fisik perusahaan. Menggunakan teknologi jaringan wireless.

 

 

 

3. PERANGKAT KERAS KOMPUTER
a. Komponen perangkat keras dari sistem informasi
 CPU (central processing unit)/system unit
 Memory (primary and secondary storage)
 Input devices
 Output devices

komponen utama dari motherboard atau mainboard : CPU(Disebut juga processor,
digunakan untuk menjalankan instruksi yang memberitahukan bagaimana komputer
bertindak) & Memory (Tempat penyimpanan sementara untuk data dan instruksi).

Komponen komponen umum yang terdapat pada mainboard antara lain :
 Processor
 Memory
 Adapter cards
 Sound card
 Modem card
 Video card
 Network card
 Ports
 Drive bays
 Power supply

CPU adalah sebuah microprocessor yang mengeksekusi instruksi untuk menjalankan tugas pengolahan.
Komponen CPU adalah sbb:
 Control Unit
 Arithmetic-Logic Unit
 Registers
 Primary Storage

Tipe dari Primary Storage adalah sebagai berikut
 Register – bagian dari CPU; sangat cepat; kapasitasnya sangat terbatas
 Random Access Memory (RAM) – memory chips pada motherboard; general storage dari instruksi program dan data; volatile
 Cache Memory – lebih cepat dari RAM; di gunakan untuk menyediakan intermediate storage antara secondary storage dan RAM
 Read-only Memory (ROM) – chips untuk menyimpan instruksi permanen yang dibutuhkan komputer; non-volatile

Sifat dari Secondary memory/ secondary storage adalah:
 Nonvolatile memory yang bisa di hapus secara elektronik dan dapat di program ulang
 Memiliki kapasitas penyimpanan yang besar
 Lebih murah dari Primary Storage
 Lebih lambat Primary Storage
 Magnetic dan optical storage media

b. Hierarki computer
• Komputer umumnya di klasifikasikan berdasarkan kemampuan memproses nya:
 Supercomputers
 Mainframes
 Midrange
 Workstations
 Microcomputers
 Computing appliances

 

 

 

4. PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
a. definisi
Beberapa istilah yang berhubungan dengan perangkat lunak adalah sebagai berikut :
 Computer programs adalah urutan instruksi untuk komputer
 Stored program concept adalah instruksi yg di tulis pada program di simpan dan di eksekusi oleh CPU saat dibutuhkan
 Programming adalah proses menulis (atau coding) program
 Programmers adalah individu yang melakukan pemrogramaan
 Systems Software adalah Instruksi yg mengelola sumber daya perangkat keras/hardware
 Application Software adalah Instruksi yang melakukan tugas yang spesifik dari pengguna
 System Control Programs adalah system yang mengontrol penggunaan semua sumber daya sistem (hardware, software, data); sistem operasi
 System Support Programs adalah system yang mendukung secara khusus kemampuan program

b. Operating system
• Operating System adalah main system control program. Fungsi dari OS adalah :
 Mengawasi keseluruhan operasi pada komputer
 Mengalokasikan CPU time dan main memory untuk program yang sedang berjalan di komputer
 Menyediakan antarmuka antara pengguna dengan hardware

Macam – macam Operating system.
Departmental Server Operating Systems digunakan untuk mendukung ratusan concurrent users. Contoh Departmental Server Operating Systems antara lain, UNIX, Linux, Windows 2000, Windows XP, dan Novell NetWare

Enterprise Operating Systems digunakan untuk mendukung ribuan concurrent users dengan jutaan transaksi perhari. Contoh Enterprise Operating Systems adalah IBM’s OS/390, IBM’s VM (Virtual Machine), IBM’s VSE (Virtual Storage Extended), dan IBM’s OS/400

c. Software Licensing
istilah istilah dalam software Licensing yang sering kita dengar adalah :
• Copyright yaitu hak legal eklusif untuk memproduksi, menyebarkan, dan menjual software
• Licenses yaitu izin yang diberikan di bawah hukum untuk terlibat pada sebuah aktivitas
• Software Upgrades. Untuk software upgrade, perlu memperhatikan hal-hal berikut.
• Apakah menawarkan peningkatan yang berarti
• Resiko bahawa revisi software mengandung bugs
• Proses upgrade pada perusahaan besar adalah tanggung jawab yang besar, sehingga harus di pastikan nilai dan manfaat dari proses upgrade tersebut

d. Bahasa Pemrograman
– Bahasa Mesin (generasi pertama dari bahasa pemrogramaan)
Merupakan ‘native language’ dari komputer. Bahasa mesin ini terdiri dari bilangan biner (0s, 1s). Ini merupakan bahasa satu satunya yang dipahami komputer.
– Bahasa Assembly (generasi kedua dari programming languages)
Bahasa assembly memiliki korespondensi satu satu dengan bahasa mesin. Bahasa assembly bersifat lebih user-friendly dari pada bahasa mesin (mnemonic rather than binary digits). Program yang menterjemahkan bahasa assembly ke bahasa mesin disebut assembler
– Bahasa prosedural (third generation languages)
Pada bahasa procedural, satu instruksi diterjemahkan kedalam banyak instruksi bahasa mesin. Program melakukan mendeskripsikan proses dari komputer langkah per langkah. Bahasa ini mendekati natural language yang menggunakan kata yang umum, Contohnya Cobol, C, Fortran, QuickBasic
– Bahasa Nonprocedural (fourth generation languages)
Bahasa Nonprosedural memungkinkan pengguna untuk menentukan hasil yang di inginkan tanpa harus menentukan prosedur rinci yang diperlukan untuk mencapai hasil. Contoh dari bahasa non procedural adalah data base query language – SQL. Bahasa pemrograman ini bisa digunakan untuk non technical users.
– Natural Language Programming Languages (fifth generation (intelligent) languages)
Intelligent languages menterjemahkan bahasa alami kedalam struktur atau bentuk yang bisa dibaca oleh mesin. Bahasa ini sangat kompleks.

Bahasa pemrograman yang banyak digunakan sekarang adalah :
– Visual Programming Languages
Visual Programming Language menggunakan graphical environment. Contoh dari Visual Programming Languages adalah Visual Basic and Visual C++. Visual Programming Languages populer untuk non technical users
– Hypertext Markup Language (HTML)
Merupakan standar bahasa yg digunakan di World Wide Web. HTML mengandung teks, gambar, dan berbagai jenis informasi seperti file data, audio, video, dan executable computer programs
– Extensible Markup Language (XML)
Berguna dalam peningkatan pada fungsionalitas web document
– Component-ware
Komponen dari Software yang bisa dirakit oleh pengembang saat dibutuhkan . Component-ware merupakan “Plug and Play” software development
– Virtual Reality Modeling Language (VRML)
VRML merupakan format file untuk mendeskripsikan objek dan dunia interaktif dalam tiga dimensi. VRML bisa digunakan pada World Wide Web.
– Object-Oriented Programming Languages (OOP)
OOP berdasarkan pada objects paket data dan instruksi mengenai apa yang harsu dilakukan oleh data tersebut bersama sama. Contohnya antara lain Java, C++, C#.
– Unified Modeling Language (UML)
modeling tool untuk object-oriented systems

 

 

 

5. MENGELOLA DATA DAN INFORMASI ORGANISASI
a. Hierarki data
Basis data mengandung file, file mengandung records, record mengandung fields, field mengandung characters.
Definisi :
– Recall …8 bits => 1 byte => 1 character
– Field merupakan pengelompokan logis dari karakter menjadi sebuah kata, kalimat, atau angka
– Record merupakan pengelompokan logis dari field yang terkait
– File merupakan pengelompokan logis dari records yang terkait
– Database merupakan pengelompokan logis dari files yang terkait
– Database approach adalah banyak program dan pengguna yang bisa berbagai data di database. Kelebihan dari database approach adalah data lebih aman karena hanya authorized users yang bisa mengakses data tertentu.

Untuk menempatkan data pada databases, terdapat dua Pilihan yakni Centralized dan Distributed. Pilihan akan berpengaruh pada user accessibility, query response time, data entry, security, dan biaya
Option 1: Centralized database
– Semua file berada pada satu lokasi fisik yg sama
– Menyediakan database administrators dengan kemampuan mengelola keseluruhan database pada satu lokasi
– Konsistensi data ditingkatkan dan lebih aman
– File hanya bisa di akses melalui centralized host computer
– Proses Recovery lebih mudah
– Rentan terhadap single point of failure
– Speed problem terkait transmission delays
Option 2: Distributed database
– Salinan lengkap dari basis data atau sebagian dari basis data, berada pada lebih dari satu lokasi, dekat dengan pengguna

b. Pengembangan Databases
Pertama, Kembangkan Conceptual design – model abstrak basis data dari prespektif pengguna atau bisnis
Kedua, organisasikan dengan Entity-Relationship (ER) modeling
– Proses perencanaan desain basis data
– Entity classes ð Instance ð Identifiers ð Relationships
Ketiga, analisa struktur dari data dengan menerapkan proses Normalisasi
– Metode untuk relational database menjadi lebih efisien
– Helps achieve
– minimum redundancy
– maximum data integrity
– best processing performance
Keempat, implementasikan struktur data fisik dari basis data pada database management system software
– Create tables
– Define fields and field properties
– Establish primary keys
– Define table relationships
– Add actual data (records) to tables

c. Komponen DBMS
Data Model
Data Definition Language (DDL)
DDL mendefinisikan cara data di strukturkan secara konseptual. DDL Digunakan untuk menjelaskan isi dan struktur dari data base. Users menjabarkan logical view (schema) dari database menggunakan DDL. DDL mendefinisikan Physical characteristics dari records dan fields. Relationships, primary keys, and security bisa di terbitkan
Data Manipulation Language (DML)
Digunakan untuk mendapatkan isi dari database, menyimpan atau meng-update informasi pada database, dan mengembangkan aplikasi database. Structured query language (SQL) merupakan bahasa database yang paling popular.
Database Mining System (DBMS)
Keuntungan dari penggunaan DBMS :
– Meningkatkan strategi penggunaan data perusahaan
– Mengurangi kompleksitas dari IS environment
– Mengurangi redundan dan inkonsistensi data
– Meningkatkan data integrity
– Application/data independence
– Meningkatkan keamanan data
– Mengurangi biaya pengembangan dan pemeliharaan
– Meningkatkan fleksibility dari IS
– Meningkatkan akses data
– Menggunakan Stored Data

Data warehouse:
– Sistem basis data yang dirancang untuk mendukung pengambilan keputusan
– Penekanan pada pengorganisasian data yang baik, dalam cara yg dipahami sehingga pengguna bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan (queries)
– Data yang disimpan adalah data saat ini, masa lalu, detil dan rangkuman data
– Terdapat Metadata (data tentang data) untuk membantu melacak isi dari data warehouse
– Data mart : small scale, simpler data warehouse. Easier to implement. Targets smaller business segments.
Data mining:
– Mengekstrak pengetahuan dari data warehouse
– Menggunakan algoritma tingkat tinggi untuk menemukan pola tersembunyi, korelasi, dan relasi

 

 

6. JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI

Komunikasi merupakan proses yg melibatkan dua atau lebih komputer atau peralatan sejenis yang saling mengirimkan data,perintah, dan informasi
a. Komponen system telekomunikasi terdiri dari :
 Hardware
 Media
 Jaringan
 Software
 Data communication providers
 Protocols
 Applications

b. Sinyal Telekomunikasi yang digunakan dalam telekomunikasi antara lain :
• Sinyal Analog
Sinyal Analog merupakan gelombang yang bersifat continues. Informasi disampaikan melalui perubahan karakter dari gelombang (amplitude and frequency)
• Sinyal Digital
Sinyal digital bersifat discrete pulses/denyut. Informasi di sampaikan dalam bentuk biner (on or off pulses). Sinyal digital mudah dipahami oleh komputer

c. Hardware: Communication Processors
– Modem
Perangkat yg mengubah sinyal analog ke digital (dan sebaliknya); memungkinkan transmisi sinyal melalui sistem telpon
– Multiplex
Peralatan yang mentransmisikan beberapa sinyal melalui media tunggal , contoh: movie stream
– Front-end Processor
Komputer khusus yang ditujukan untuk mengelola tugas komunikasi

d. Wire-based Communication Channels
• Twisted-pair wire (telephone wire)
Keuntungan dan kerugian :
 Murah dan mudah dipergunakan
 Lambat, mudah terkena gangguan, keamanan rendah
• Coaxial cable
Keuntungan dan kerugian :
 Membawa lebih banyak data, terlindung dari gangguan/ interference
 Lebih mahal; keamanan rendah; Hard to work with
• Fiber-optic cable
Keuntungan dan kerugian :
 Mengirimkan informasi dalam bentuk gelombang cahaya melalui glass fiber
 cepat; kapasitas besar; aman; not subject to interference; Hard to work with
• Microwave
Keuntungan dan kerugian :
 Kapasitas besar; relatif murah dari pada wire
 Membutuhkan line of sight transmission towers; sering terganggu lingkungan sekitar
• Satellite
Keuntungan dan kerugian :
 Kapasistas sangat besar; Jangkuan area lebih luas
 Mahal; propagation delay; membutuhkan enkripsi untuk keamanan data
• Radio
Keuntungan dan kerugian :
 Sesuai untuk short distance communication; murah; easy to install; high speed
 Interference problems; kurang aman
• Cellular radio technology
• Infrared

e. Network
Network merupakan peralatan, media, dan perangkat lunak komunikasi yang dibutuhkan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer
Network Environment terdiri dari LAN dan WAN.
– Local Area Network (LAN)
Local area networks (LANs) merupakan jaringan yang jarak cakupan geografis nya relatif kecil. contohnya home or office building.
– Wide Area Network (WAN)
Wide area networks (WANs) merupakan jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas. WAN adalah internet terbesar di dunia

f. Aplikasi Telekomunikasi
• Facsimiles – electronic document transmittal
• Telecommuting – working at home via telecomm links
• Distance Learning – classes offered on same time/different place, or different time/ different place basis
• Telematics
• Electronic Mail – computer-based messaging
• Videoconferencing – group meetings between separate locations
• Electronic Data Interchange – electronic transmission of routine business transactions
• Electronic Funds Transfer – electronic processing of financial transactions

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php