titoDW

Wireless And Mobile

Posted: December 9th 2012

Wireless Technology atau teknologi wireless adalah sebuah teknologi yang memungkinkan sebuah device dapat terhubung dengan device lain tanpa menggunakan kabel. Sedangkan wireless device adalah sebuah perangkat yang dapat terkoneksi dengan perangkat yang mempunyai teknologi wireless.

Agar antar perangkat nirkabel dapat saling berkomunikasi, diperlukan suatu media transmisi yang disebut Wireless Transmission Media. Wireless Transmission Media memiliki bebeara macam, diantaranya:

1. Microwave Transmission System

Adalah suatu media transmisi yang digunakan dalam mentransmisikan data dalam volume  yang banyak dan untuk jarak yang jauh. Agar dapat mentransmisikan data, makan antara transmitter dan reciever harus saling terlihat.

2. Satellite Transmission

Adalah suatu media transmisi yang menggunakan media satelit. Ada 3 macam orbit satelit, yaitu GEO (Geostationary), MEdium-earth-orbit (MEO), dan Low-earth-orbit(LEO).GEO (Geostationary) mengorbit pada ketinggian 22.300 mil diatas garis equator dan berada pada suatu posisi tertentu yang sangat cocok digunakan untuk transmisi sinyal TV. Medium-earth-orbit (MEO) mengorbit pada ketinggian 6.000 mil diatas permukaan bumi dan biasa digunakan untuk keperluan GPS. Low-earth-orbit(LEO) mengorbit lebih cepat daripada MEdium-earth-orbit (MEO) dan berada pada ketinggian antara 400-700 mil diatas permukaan bumi dan biasanya digunakan untuk keperluan komunikasi telepon

3. Radio

Transmisi radio menggunakan gelombang radio transmisi untuk mengirim data antara transmitter dan receivers.

4. Bluetooth

Merupakan suatu media transmisi yang digunakan untuk membuat Personal area network (PAN) dalam skala kecil . Personal area network (PAN) merupakan suatu jaringan komputer yang digunakan sebagai media komunikasi antar perangkat (devices). Bluetooh dapat menghubungkan sampai 8 perangkat dengan radius 10 m dan mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1Mbps.


Comments are closed.

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php