Blog Titi

Pencegahan Kanker Payudara dengan Mengenalnya Lebih Dekat

Posted: June 20th 2018

Pencegahan Kanker Payudara dengan Mengenalnya Lebih Dekat

Hingga sekarang ini masih ada banyak masyarakat yang beranggapan bahwa kanker sebagai sesuatu yang tabu untuk dibicarakan. Padahal yang demikian ini keliru, sebab dengan membicarakan serta mengenal lebih jauh lagi mengenai penyakit tersebut, bisa mencegah dan juga mengurangi korban yang berjatuhan karena kanker.

Penting Anda tahu, bahwa kanker payudara ini bermula dari adanya produksi sel abnormal yang tumbuh sangat pesat. Pertumbuhan sel ini tidak bisa dkendalikan sampai terbentuklah jaringan padat atau sebuah benjolan yang biasanya disebut dengan tumor.

Pencegahan Kanker Payudara dengan Mengenalnya Lebih Dekat

Selain itu, terjadinya penyebaran sel kanker ini biasanya disebut dengan merastasis. Yang mana jenis kanker payudara ini mulai tumbuh di jaringan payudara dan dapat menyebar di bagian-bagian di sekitarnya.

Selain itu, perlu Anda tahu bahwa pra pria pun juga beresiko untuk terserang kanker payudara, kurangan informasi dan juga kepekaan terhadap penyakit ini menjadikan penangan jadi terlambat.

Faktor yang bisa tingkatkan resiko terkena kanker payudara

  • Resiko terkena kanker payudara ini akan meningkat bila ada keluarga dekat yang juga pernah atau pun sedang mengidap kanker payudara.
  • Seorang wanita yang mulai menginjak usia 4 hingga 60 tahun pada pria ini memiliki resiko lebih besar bila dibandingkan dengan usia di bawahnya.
  • Mengalami kelebihan berat badan, juga menjadi faktor yang bisa meningkatkan resiko terkena kanker payudara.
  • Pola makan tidak sehat. Membiasakan pola makan tidak teratur serta makan yang tidak sehat juga bisa membuat resiko terkena kanker payudara ini makin meningkat.

Gejala yang timbul akibat kanker payudara

  • Adanya benjolan di sekitar payudara setelah jadwal menstruasi selesai.
  • Keluar carian bening atau pun kemerahan dari puting.
  • Terjadinya perubahan pada bentuk serta ukuran payudara.
  • Kulit payudara jadi kemerahan atau pun meradang.
  • Kulit payudaran jadi berkerut atau pun bersisik.

Untuk tindakan pencegahan kanker payudara ini, Anda bisa mulai dengan rajin memeriksakan diri sejak dini selama 6 bulan atau pun 1 tahun sekali. Anda juga dapat melakukan self ezam dengan cara meraba payudara Anda untuk mengetahui adanya benjolan aneh di payudara. Namun, bila ingin hasil yang lebih akurat dan aman, silakan memeriksakan diri dengan menggunakan 3D Sonomamogram

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang pencegahan kanker payudara dengan mengenalnya lebih dekat yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat.


Leave a Reply

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php