Blog Titi

Medical Tourism ke Malaysia Yuk!

Posted: July 4th 2020

Bagi sebagian orang, pergi jalan-jalan ke luar negeri sambil memeriksa kondisi kesehatan tubuh adalah hal yang menyenangkan. Bisa diibaratkan jika kegiatan ini bak menyelam sambil minum air. Walaupun seandainya hasil pemeriksaan mengatakan bahwa tubuh sedang dalam kondisi tidak baik, setidaknya dengan melihat keindahan wisata dapat membantu menyegarkan pikiran dan mendapatkan ketenangan.

Medical Tourism

Kegiatan yang dikenal dengan sebutan medical tourism ini sudah disambut hangat oleh warga tanah air sehingga tak heran jika ada banyak warga Indonesia yang bepergian keluar negeri sambil berobat. Adapun negara yang biasanya menjadi tujuan adalah Malaysia karena ada banyak rumah sakit ternama di sana, baik di Kuala Lumpur, Penang, Kuching, atau Melaka yang menyediakan fasilitas modern dan memadai, memiliki dokter-dokter spesialis yang profesional, dan menawarkan biaya berobat yang cukup terjangkau.

Tertarik untuk medical tourism ke Malaysia? Yuk, simak tipsnya di bawah ini:

Tentukan tujuan rumah sakit dan tempat liburan sebelum berangkat

Ada banyak sekali rumah sakit yang biasanya dikunjungi oleh pasien asal Indonesia ketika berobat ke Malaysia. Oleh karena itu, penting kiranya untuk menentukan tujuan rumah sakit sebelum berangkat. Jika Anda bingung harus kemana, Anda bisa mencocokan tujuan rumah sakit dengan tujuan tempat liburan Anda. Sebagai contoh, jika ingin liburang di Penang, Anda bisa memilih rekomendasi rumah sakit di penang di sini.

Siapkan dan bedakan dana untuk liburan dan berobat secara jelas

Ada tuh orang-orang yang melakukan liburan sambil berobat tanpa persiapan yang matang dan mencampur adukan dana liburan dan berobat tanpa memikirkan resikonya. Memangnya apa resikonya? Liburan menjadi tidak menyenangkan karena dana banyak teralokasi pada kegiatan medis atau sebaiknya. Resiko lainnya adalah Anda bisa kekurangan dana karena pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting atau direncanakan. Maka dari itu, siapkan dan bedakan dana untuk liburan dan berobat secara jelas.

Pilihlah hotel yang lokasinya tidak jauh dari rumah sakit

Jika Anda punya dana terbatas, berhematlah sehemat mungkin. Salah satu caranya adalah dengan memilih hotel yang lokasinya tidak jauh dari rumah sakit yang ingin dituju. Dengan begitu, Anda bisa jalan kaki ke rumah sakit dan mengurangi biaya transportasi. Syukur-syukur jika di dekat hotel ada pula tempat wisata, Anda bisa berkunjung kesana tanpa perlu bayar taksi atau ojek online.

Sesuaikan barang yang ingin dibawa dengan estimasi lamanya liburan

Adalah keputusan yang salah jika Anda terlalu banyak membawa barang. Sangat dianjurkan untuk menyesuaikan barang bawaan dengan lamanya waktu liburan. Hal ini akan memudahkan Anda selama liburan. Coba saja bayangkan jika Anda tidak fit tapi banyak barang bawaan atau jika Anda menemani keluarga yang sakit, Anda sendiri yang repot karena harus menjaga pasien dan membawa banyak barang.


Leave a Reply

Artikel lainnya

Layanan Jasa Pijat Panggilan Jogja yang Tersedia

Go to post

5 Alasan Bersepeda Baik Bagi Kesehatan Selama Pandemi

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php