Blog Titi

5 manfaat beras hitam yang menguntungkan bagi tubuh

Posted: February 17th 2019

Beras menjadi salah satu bagian dari nutrisi penting bagi tubuh. Ada banyak beras yang bisa anda konsumsi dengan manfaat berbeda. Mungkin anda lebih mengenal beras putih sebagai makanan pokok setiap hari. Padahal, anda memiliki kesempatan untuk mengkonsumsi jenis beras lain yang memiliki manfaat lebih baik. Salah satunya adalah beras hitam. Jenis beras seperti ini memang diperuntukkan bagi individu yang sedang melakukan diet atau program kesehatan khusus. Ada banyak manfaat beras hitam yang dianggap sangat menguntungkan.

5 manfaat beras hitam yang menguntungkan bagi tubuh

Manfaat beras hitam yang wajib anda tahu

Biasanya konsumsi beras hitam seperti ini akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan program yang sedang dijalankan. Beberapa ahli nutrisi memang menyarankan konsumsi beras hitam bagi personal yang sedang menjalankan diet tertentu. Tekstur dari jenis beras ini juga sangat berbeda karena tidak melalui proses pemutihan. Mungkin anda bisa mempertimbangkan manfaat beras hitam yang sangat menguntungkan bagi tubuh seperti:

  1. Nutrisi untuk anti-oksidan

Manfaat beras hitam yang paling utama dan dibutuhkan tubuh adalah sebagai nutrisi anti-oksidan. Jenis beras ini dianggap memiliki kandungan antocyanin yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit seperti gangguan jantung, kanker hingga asma. Selain itu, nutrisi yang terdapat pada beras hitam seperti vitamin E, serat dan anti-oksidan. Perhitungan nutrisi itu terdapat dalam 1 sendok beras hitam. Semakin sering anda mengkonsumsi tentu saja akan mendapatkan manfaat nutrisi yang lebih maksimal.

  • Kandungan mineral dan vitamin yang tinggi

Anda juga harus tahu bahwa beras hitam juga memiliki kandungan berbagai vitamin dan mineral penting yang bagi tubuh. Beberapa diantaranya seperti Vitamin E, B1 hingga B6 dan fosfor. Bahkan, banyak ahli nutrisi yang menganggap bahwa beras hitam juga bisa menjadi sumber dari magnesium dan zinc. Beberapa nutrisi penting seperti fosfor dan zinc sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imun tubuh hingga perlindungan pada tulang dan gigi.

  • Jenis beras dengan protein terbaik

Anda bisa merasakan manfaat beras hitam yang lebih baik melalui kandungan protein yang sangat tinggi. Perhitungan semangkuk dari beras hitam memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan beras merah dan beras putih. Namun, jangan khawatir karena beras hitam justru memiliki kandungan protein dan serat yang lebih baik. Satu porsi dari konsumsi beras hitam anda dianggap bisa memenuhi kebutuhan protein hingga 17 persen setiap hari. Tentu saja dengan dukungan nutrisi tambahan lainnya.

  • Melancarkan proses pencernaan

Kandungan serat yang tinggi di dalam beras hitam akan membantu anda dalam proses pencernaan yang lebih baik. Hal ini yang membuat banyak dokter menjadikan beras sebagai obat alami untuk mengatasi diare yang berlebihan. Tingginya serat di dalam beras hitam juga akan meningkatkan fungsi usus. Apalagi serat dalam beras hitam akan semakin memudahkan proses penyerapan racun yang masuk ke dalam tubuh anda.

  • Melindungi dan memaksimalkan fungsi jantung

Beras hitam memang ditujukan bagi individu yang menjalani perawatan tertentu. Salah satunya adalah untuk melindungi dan meningkatkan fungsi jantung. Kandungan nutrisi yang berasal dari beras hitam dianggap bisa mencegah tekanan darah yang sangat tinggi dan mencegah penimbunan lemak jahat di bagian pembuluh darah. Hal ini yang menjadi dasar penting bagi anda untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan mengkonsumsi beras hitam secara rutin setiap hari.


Leave a Reply

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php