Blog Titi

5 Alasan Bersepeda Baik Bagi Kesehatan Selama Pandemi

Posted: May 2nd 2021

5 Alasan Bersepeda Baik Bagi Kesehatan Selama Pandemi

Umumnya, bersepeda adalah latihan aerobik yang bermanfaat bagi kesehatan. Bersepeda sangat cocok untuk semua tingkatan. Baik kalangan tua maupun muda. Bersepeda dapat Anda gunakan sebagai moda transportasi, untuk rekreasi, atau segala aktivitas yang intens dan kompetitif.

Selama pandemi, tren bersepeda menjadi lebih meningkat. Dikarenakan sekarang setiap orang melakukan yang terbaik untuk tetap menjaga jarak sosial, sehingga kebutuhan olahraga yang biasanya dilakukan dilakukan di ruangan tertutup seperti gym ataupun olahraga yang dilakukan menggunakan interaksi seperti bermain sepak bola atau basket mulai dihindari. Hal ini membuat masyarakat mulai mencari alternatif lain untuk melakukan aktivitas olahraga. Contohnya bersepeda.

Bersepeda membuat Anda tetap aktif. Ini dapat membantu membentuk gaya hidup sehat, baik secara fisik maupun mental selama pandemi. Bersepeda melindungi Anda dari COVID-19 dalam banyak hal. Berikut adalah 5 alasan bersepeda baik bagi kesehatan selama pandemi.

1.  Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Selama bersepeda, saluran udara Anda berventilasi baik dan membuat suplai darah menjadi lebih baik. Seperti yang dikatakan oleh ahli virologi Jermal, Michael barczok : “Pernapasan yang lebih dalam membantu membersihkan paru-paru dengan lebih baik. Itu optimal dalam hal perlindungan virus.”.

Terlebih lagi Anda akan menghirup oksigen di luar ruangan lebih banyak. Dan itu sehat untuk kulit dan paru-paru Anda. Tubuh Anda juga akan mendapatkan lebih banyak vitamin D yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh. Bersepeda dapat menurunkan tekanan darah dan baik untuk penderita diabetes.

2.  Secara otomatis Anda Menjaga Jarak

Menurut Gerd Antes, sepeda merupakan “bentuk perlindungan diri yang sempurna”. Anda secara otomatis akan menjaga jarak ketika bersepeda. Kemungkinan Anda terkena terkena tetesan mikro yang menularkan virus itu nol persen.

3.  Bersepeda membuat Anda lebih bahagia

Pandemi membuat banyak orang menjadi stres. Kebutuhan akan relaksasi untuk menenangkan pikiran serta jiwa menjadi meningkat. Bersepeda di luar ruangan, Anda membiarkan tubuh dan pikiran Anda menjadi rileks.

Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Berfokus pada jalan saat Anda bersepeda membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran akan momen saat ini. Ini dapat membantu mengalihkan fokus Anda dari obrolan mental pada hari-hari Anda.

Seperti dikutip dari afcsopindonesia.id, bagian yang menarik adalah hormon kebahagiaan, endorfin, dilepaskan selama Anda bersepeda yang pada gilirannya membantu Anda merasa lebih baik sekaligus menurunkan tingkat stres.

4.  Bagian dari olahraga sehari-hari

Sepeda selalu menjadi alat transportasi yang baik, terlebih lagi selama pandemi. Saat ini gym ditutup dan banyak orang yang bekerja di rumah. Sulit untuk mendapatkan porsi olahraga harian Anda. RIVM menyarankan dalam hal ini: “Lakukan latihan dengan intensitas sedang selama 150 menit seminggu, seperti berjalan kaki dan bersepeda, yang dilakukan selama beberapa hari.” Lakukan olahraga harian yang sangat Anda butuhkan, Ayo bersepeda!

5.  Lindungi diri Anda sendiri dan orang lain

Bersepeda tidak hanya membuat Anda jauh dari orang lain tetapi juga mengurangi risiko kontaminasi dengan menyentuh permukaan. Pikirkan bepergian dengan transportasi umum. Virus dapat bertahan hidup di permukaan untuk waktu yang lebih lama daripada di udara dan masih dapat menular. “Menyentuh apa pun di depan umum, oleh karena itu, merupakan risiko fundamental,” kata Barczok. Dengan bersepeda daripada menggunakan transportasi umum, Anda menghindari banyak risiko untuk diri sendiri dan orang lain.


Leave a Reply

Artikel lainnya

Medical Tourism ke Malaysia Yuk!

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php