Perbedaan Landing Page dengan Website

Pernahkah Anda mendengar istilah landing page dan website? Lantas apa perbedaan dari landing page dan website?. Nah disini akan membahas perbedaan dari landing page dan website. Namun sebelum ke perbedaan sebaiknya dibahas terlebih dahulu pengertian dari landing page dan website.

Pengertian Landing Page

Landing page yaitu halaman khusus dengan mengarahkan user ke arah diinginkan secara jelasnya. Seperti laman penawaran ataupun laman produk khusus. Maka dapat disimpulkan landing page adalah halaman khusus yang berisi informasi detail dan halaman menjadi tujuan user. 

Contohnya tentang produk, penawaran, service, dan lain sebagainya. Kemudian dapat disimpulkan bahwa landing page yaitu sebuah halaman khusus digunakan untuk mindset marketing. Jenis-jenis landing page ada 2 yaitu Landing page lead generation dan landing page click through. 

Pengertian Website

Kemudian yaitu website. Website adalah sekumpulan halaman web yang dapat dengan mudah diakses kemudian saling mengaitkan untuk berbagi satu nama domain. Sebuah website bisa dikelola dan dibuat oleh grup, bisnis, organisasi, maupun individu. 

Dengan bersama-sama, semua website itu dapat diakses oleh publik dan membentuk World Wide Web. Meski sering kali disebut halaman web, namun definisi itu salah. Karena website terdiri dari beberapa halaman web jadi bukan hanya satu halaman web saja. Website mempunyai variasi yang tidak ada habisnya.

Termasuk yaitu situs berita, situs pendidikan, situs media sosial, situs e-commerce, atau juga forum tertentu. Halaman dari sebuah website terkadang yaitu campuran media dan teks lainnya. Tetapi tidak ada sama sekali aturan yang mengatur bentuk dari website.

Website memiliki banyak sekali jenis salah satunya jenis website berdasarkan fungsinya. Jenis website berdasarkan fungsinya yaitu :

  1. Website pribadi (Blog)
  2. Ecommerce atau toko online
  3. Website perusahaan
  4. Content marketing atau blog
  5. Media sharing
  6. Instansi pemerintah
  7. Komunitas online
  8. Website berita

Setelah mengetahui apa itu landing page dan website sekarang Anda bisa simak perbedaan landing page dan website berikut ini.

Perbedaan Landing Page dan Website

Landing page dan website bisa diibaratkan dengan acara pameran. Lantas apa perbedaan dari landing page dengan website?. Jika website adalah suatu pameran secara keseluruhan ataupun umum. Sedangkan landing page adalah bagian dari pameran tersebut namun mempunyai tempat yang khusus dan lebih jelas atau spesifik. 

Dan untuk lebih jelasnya perbedaan landing page dengan website yaitu :

  1. Pengunjungnya

Perbedaan landing page dengan website yang pertama adalah di pengunjungnya. Untuk landing page yaitu halaman yang menjadi sebuah pintu masuk pengunjung website atau seseorang setelah mengklik di suatu link. Dan kemudian link tersebut membawanya masuk ke landing page.

Sedangkan website yang dikunjungi oleh seseorang atau pengunjung internet akan secara acak.  Atau hasil dari pencarian tersebut dilakukan di mesin pencari atau search engine. Jadi sangat berbeda sekali dengan landing page.

  1. Tujuannya

Perbedaan landing page dengan website yang kedua adalah tujuannya. Tentu saja landing page dan website atau homepage memiliki tujuan yang berbeda. Keduanya memiliki tujuannya masing-masing.

Tujuan dari landing page di dalam website yaitu agar memudahkan seorang yang ingin membeli supaya tertarik kepada produk, ataupun layanan. Dari yang sedang ditampilkan pada sebuah halaman itu. Sangat berbeda jauh dengan website atau homepage.

Sedangkan website yaitu di mana di halaman utama sebuah website itu cuma menampilkan informasi dari artikel yang sudah disediakan. Tidak terlalu jelas atau spesifik seperti di landing page.

  1. Sifatnya

Perbedaan landing page dengan website yang ketiga adalah sifat dari keduanya. Di landing page memiliki sifat spesifik. Karena itu konten yang di dalamnya cuma berupa promosi produk, penawaran, cara pembelian, dan juga dorongan agar melakukan konversi lain.

Contohnya sudah disediakan tombol call to action supaya meninggalkan alamat email tersebut. Sedangkan pada website atau homepage yaitu mempunyai isi informasi secara umum. Dan memiliki tujuan agar menambah wawasan dari pengunjung halaman.

Jadi bisa disimpulkan bahwa hubungan antara landing page serta website adalah, jika di website adalah laman keseluruhan yang ada. Sedangkan untuk landing page adalah bagian dari website umum tersebut. 

Itulah tadi beberapa perbedaan landing page dengan website. Jadi jangan menyamakan landing page dengan website. Karena keduanya memiliki sifat dan perbedaan yang sangat jauh. 

Perbedaan Shared Hosting Dengan VPS

Semakin kesini semakin banyak pilihan hosting untuk website yang anda punya. Jika dalam pemilihan hosting anda sesuai dan tepat dengan website, maka website milik anda menjadi website yang lebih unggul.

Membahas tentang hosting, sekarang sudah ada loh layanan yang menyerupai shared hosting. Ya, dia adalah VPS. Sebelum membahas lebih dalam mengenai Perbedaan Shared Hosting dengan VPS, sudah tahu belum apa sih shared hosting dan VPS itu?

Pengertian Shared Hosting dan VPS

Shared hosting adalah layanan hosting dimana system yang digunakan adalah bersama-sama. Mulai dari peletakan account hosting dalam one server dan fisik yang sama, dan pemakaian services secara bersama.

Sedangkan VPS adalah penyewaan layanan secara virtual. Jika anda menggunakan layanan ini, maka anda dapat memilih sistem operasi (OS) dan platform secara bebas. Menggunakan layanan ini membuat seseorang yang menggunakannya seolah – olah memiliki private server. 

Perbedaan Shared Hosting dan VPS

Shared hosting memang dikenal dengan harganya yang murah. Namun, VPS pun dapat menawarkan harga yang juga terjangkau. Sebelum menggunakan shared hosting ataupun VPS pastikan anda mengetahui jenis hosting yang dibutuhkan website anda terlebih dahulu.

Yang dinamakan perbedaan pasti selalu ada dalam sebuah layanan. Begitupun yang terjadi pada dua layanan ini, yaitu Shared Hosting dan VPS. Dilansir dari blogs.masterweb.com, berikut adalah perbedaan shared hosting dan VPS:

  1. Alokasi Sumber Daya

Jika menggunakan shared hosting maka anda akan menshare sumber daya yang dimiliki dengan situs lain yang satu server dengan anda. Penggunaan bandwidth yang berlebihan pada satu situs, maka satu server juga akan terkena dampaknya.

Sedangkan VPS, anda bebas menggunakan apa saja. Mengapa? Karena sebagian hardware server ada di tangan anda. Pengguna VPS akan mendapatkan akses root di servernya. Yang artinya anda bebas menginstal software dan mengedit data apa saja. 

  1. Security

Keamanan yang dimiliki shared hosting dibilang cukup aman. Namun, sampai saat ini keamanan tersebut belum bisa menjamin. Karena mengingat ada beberapa situs yang lain yang satu server dengan anda.

Sedangkan keamanan yang dimiliki VPS lebih terjamin. Kenapa? Karena setiap orang memiliki tingkat security yang high atau tinggi. Hak perlindungan untuk anda juga tersedia dalam layanan ini.

  1. Performance

Sumber daya keamanan akan anda dapatkan disini, akan tetapi anda harus memperhatikan juga apa yang diperlukan pengunjung dalam hal ini. Disini, pengunjung membutuhkan dan memperhatikan seberapa lancar jalannya situs milik anda.

Menggunakan VPS dapat membantu anda mendapatkan bandwidth yang banyak daripada menggunakan shared hosting.

  1. Configuration

Jika anda menggunakan shared hosting maka konfigurasi yang ada sudah diurutkan berdasar penyediaan yang anda dapat lakukan. Maksudnya, anda bisa mengerjakan hal – hal yang penting terlebih dahulu.

Sedangkan jika menggunakan VPS, konfigurasi yang diberikan bisa dibilang lebih kompleks. Jenis hosting yang diberikan VPS adalah Managed dan Unmanaged. Konfigurasi managed sama saja dengan anda menggunakan shared hosting. Dan konfigurasi Unmanaged, anda dapat mensetting semuanya sesuai dengan apa yang anda inginkan.

  1. Skalabilitas

Sebelum anda memutuskan menggunakan shared hosting atau VPS maka tetapkan dulu apa tujuan anda. Jika yang anda miliki situs website kecil-kecilan,pengunjung web kurang lebih ratusan perminggu, maka gunakan saja shared hosting.

Namun apabila web anda sudah mulai banyak dikunjungi orang, yang awalnya jumlah pengunjung hanya ratusan namun sekarang menjadi ribuan. Maka VPS adalah pilihannya, karena VPS dapat membantu menunjang website yang anda miliki.

  1. Harga

Harga yang diberikan layanan shared hosting memang lebih murah daripada VPS. Namun, semuanya tergantung pemilihan anda dan apa kebutuhan website yang anda punya. 

Jika ingin menambah trafik yang tidak terlalu banyak, maka pilih shared hosting karena lebih hemat untuk anda. Namun berbeda jika anda menginginkan jumlah trafik yang tinggi, maka gunakan VPS agar trafik yang anda dapat lebih banyak lagi.

Setelah paham dan tahu apa itu perbedaan shared hosting dengan VPS, maka tentukan pilihan anda untuk menggunakan layanan shared hosting maupun VPS. Tentunya, sesuaikan dengan kebutuhan website yang anda punya ya. Semoga bermanfaat!