Action Plan : Elang Jawa Hewan Endemik Jawa yang terancam punah

Elang Jawa hewan endemik Jawa yang terancam punah

Indonesia memiliki keanekaragaman fauna yang tinggi salah satunya adalah burung. Elang Jawa merupakan salah satu hewan endemik yang berasal dari Jawa. Elang jawa sendiri memiliki ciri-ciri fisik berwarna coklat kayu manis terang, Iris mata kuning atau kecoklatan, paruh kehitaman dengan pangkal paruh kekuningan, kaki kekuningan dan memiliki jambul panjang dibagian kepala. Elang Jawa merupakan burung pemangsa yang menduduki konsumen teratas (top predator) dalam jaring – jaring makanan.Elang ini mengontrol populasi hewan lain yang menjadi mangsanya di alam. Tetapi pada saat ini keberadaan Elang Jawa di alam dalam keadaan yang genting dimana populasinya terus menurun.

Berdasarkan IUCN (International Union for the Conservation of Nature dan Natural Resources) burung dengan nama latin Spizaetus bartelsi dikategorikan ke dalam endangered species, dimana keberadaan Elang Jawa terancam kepunahannya di alam liar. Keberadaan Elang Jawa semakin memprihatinkan, hal ini dikarenakan ruang gerak Elang Jawa semakin terbatas salah satunya di bagian Jawa Barat. Hal ini disebabkan minimnya ekosistem hutan akibat perusakan oleh manusia, dampak pemanasan global dan dampak pestisida.Populasi Elang Jawa tergantung pada hutan primer yang rimbun dan sejuk, tetapi banyaknya kawasan hutan telah dialihfungsikan dimana terjadi penebangan hutan, pembukaan lahan, dan kegiatan wisata yang menyebabkan ruang gerak Elang Jawa semakin menyempit. Perubahan kondisi alam yang membuat iklim tidak menentu akibat pemanasan global memicu Elang Jawa perpindah ke tempat yang lebih tinggi mencari tempat yang lebih sejuk sehingga menyebabkan Elang Jawa semakin jarang terlihat. Ancaman perburuan, perdagangan, dan pemeliharaan Elang Jawa juga menjadi faktor lain yang menyebabkan penurunan populasinya.

Action Plan

Action plan merupakan rencana aksi personal yang dapat dilakukan ke depannya dalam menyelamatkan hewan endemik Indonesia seperti Elang Jawa dari keterancaman punah. Rencana aksi personal dapat dimulai dengan mencari tahu lebih dalam permasalahan apa yang menjadi penyebab utama dan berpengaruh bagi keberadaan populasi Elang Jawa yang semakin menurun. Hal yang dapat dilakukan selanjutnya yaitu mengikuti acara seminar yang membahas topik konservasi  hewan endemik di Indonesia dengan salah satu utamanya adalah Elang Jawa. Rencana kedepannya saat memiliki waktu luang atau mengisi kegiatan yaitu dengan bergabung sebagai volunteer dalam suatu komunitas konservasi Elang Jawa, sehingga kedepannya dapat bersama-sama memikirkan cara yang baik dalam penanganan masalah ini, dimana dari perkumpulan tersebut akan lebih tertata jelas action plan yang dapat dilakukan kedepannya dengan komunitas konservasi tersebut. Beberapa hal yang dapat dilakukan kedepannya yaitu dengan melakukan sosialisasi dengan masyarakat sekitar Jawa, atau area Elang Jawa berada untuk berkeja sama dalam menangani permasalahan yang ada di tengah masyarakat ini.

Alasan action plan ini perlu dilakukan yaitu untuk menjaga keberadaan Elang Jawa yang merupakan hewan endemik di Indonesia, sehingga terhindar dari keterancaman akan kepunahan dan harapan saya kedepannya apabila action plan ini telah berjalan dapat membantu mengurangi permasalahan ini sehingga dapat berdampak baik bagi populasi elang jawa. Harapan saya kedepannya akan semakin banyak orang yang peduli akan hewan-hewan endemik maupun lingkungan disekitar kita agar terhindar dari keterancaman ataupun kepunahan yang dapat terjadi di masa depan.