tulisan yang terbit paling perdana

Karena Pandemi Corona, Liga Belanda Resmi Dihentikan

Posted: April 27th 2020

Kompetisi Sepakbola masih ditangguhkan karena pandemi COVID-19 yang kian mencemaskan. Bahkan sejauh ini masih belum jelas bagaimana kelanjutan liga-liga top Eropa, kecuali Eredivisie Belanda yang telah resmi ditiadakan.

Wabah Virus Corona memang menyebar luas ke berbagai belahan dunia. Bahkan, di beberapa negara seperti Amerika Serikat, kasus Positif COVID-19 sudah menyentuh angka ratusan ribu. Tak heran jika wabah ini memaksa banyak agenda Internasional harus ditunda.

Sepakbola juga kena dampaknya, terhitung sejak pertengahan Maret lalu, lima liga top Eropa resmi ditangguhkan. Pun demikian juga dengan liga lainnya seperti Eredivisie Belanda, Liga Champions Eropa dan Liga Europa.

Situasi yang tak kunjung mereda membuat kelanjutan kompetisi musim 2019/20 jadi semakin tak jelas. Lantaran tak kunjung menemukan solusi yang tepat, Eredivisie Belanda sudah mengambil langkah untuk tidak melanjutkan sisa kompetisi musim ini.

Artinya, Liga Belanda musim 2019/20 telah resmi ditiadakan. Karena dihentikan, maka Ajax pun dipastikan gagal menjadi juara pada musim ini. Padahal secara kasat mata, mereka berada di puncak klasemen sementara saat ini.

Hanya saja, memang raihan poin dengan AZ Alkmaar yang berada di peringkat ke-2 sama besarnya. Karena itu, pihak federasi sepakbola Belanda, KNVB tidak bisa memberikan trofi juara kepada Ajax.

Tentu saja ada banyak pro dan kontrak terkait dengan keputusan ini. Namun, Presiden KNVB Just Spee mengaku tidak mudah untuk mengambil keputusan ini.

“Ini adalah hari yang sangat pahit karena Anda ingin ini terjadi di lapangan, bukan oleh dua atau tiga orang di belakang meja yang harus membuat keputusan ini. Ada pemenang dan pecundang dan khususnya bagi pecundang, itu adalah hari yang sangat buruk sehingga kami merasa sedih.”

“Kami merasa sedih bahwa kami harus mengambil keputusan seperti itu, kami banyak bersimpati dengan klub-klub dan pendukung mereka. Pada saat yang sama, tidak ada jalan lain.” kata Spee kepada BBC.

Adapun, liga-liga lain di Eropa masih belum mengambil keputusan terkait dengan kelanjutan kompetisi. Tapi ada wacana untuk menggulirkan liga tanpa kehadiran penonton.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Para Pemain Yang Pantas Dijual Manchester United

Go to post
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php