Webinar-Pendidikan-Nasional-UNJ-Menjamin-Mutu-Pendidikan-di-Masa-Pandemi

Webinar Pendidikan Nasional UNJ: Menjamin Mutu Pendidikan di Masa Pandemi

Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan webinar nasional “Antara SDGs dan Covid-19: Menyelamatkan Kualitas Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19” pada 30 Juni 2021.

Webinar nasional ini bertujuan untuk menjawab ketakutan civitas akademika

khususnya mahasiswa Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ terhadap fenomena pendidikan saat ini.

Seminar nasional menghadirkan empat pembicara, yaitu. Subandi Sardjoko (Perwakilan Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas), Prof. Yudi Latif (Pemimpin Nasional dan Pemerhati Pendidikan), Katman (Koordinator Penjaminan Mutu dan Kerjasama Pendidikan, Ditjen PAUD Dikdasmen, Kemendikbud Ristek) dan Jejen Musfah (Wakil Sekjen PGRI dan Staf Ahli Komite III DPD RI).

Rektor UNJ, Prof. Komarudin menyampaikan, seminar nasional

yang diadakan oleh mahasiswa program doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ ini merupakan bentuk implementasi dari ilmu yang didapat selama perkuliahan.

Selain itu, tambah Rektor UNJ, kegiatan ini juga merupakan bentuk kontribusi nyata dalam memberikan ide dan solusi atas permasalahan pendidikan Indonesia yang muncul di era pandemi Covid-19 saat ini.

“UNJ sebagai kampus pendidikan yang unggul dan serius sangat berkomitmen

dan melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi selalu memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan SDGs di bidang pendidikan dan pencapaian pendidikan yang berkualitas,” kata Prof. Komarudin dalam pidatonya.

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Baca Juga: Dukung Pemerataan Pendidikan, Universitas Terbuka Ajukan Program Studi Wajib ke Pemerintah
Dukungan UNJ untuk SDGs

Hal yang sama juga dilakukan oleh Direktur Pascasarjana UNJ, Prof Nadiroh yang menyatakan bahwa seminar ini merupakan awal bagi UNJ untuk memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pencapaian SDGs.

“Seminar ini dapat menjadi model evaluasi pendidikan, khususnya untuk program pendidikan yang melatih orang-orang dengan kepemimpinan yang efektif dan kepribadian yang kuat dan berorientasi pancasila,” kata Prof. Nadiroh.

Di sisi lain, Prof Nadiroh juga berharap melalui webinar nasional ini, Prodi Manajemen Pendidikan dapat memperkuat dukungan untuk pencapaian UNJ sebagai pusat kompetensi SDGs.

Selain itu, Direktur Pascasarjana UNJ menyatakan bahwa seminar nasional harus menjawab tiga pertanyaan kunci tentang keadaan pendidikan Indonesia di era pandemi Covid-19, yaitu:

Rektor UNJ Prof Komarudin dalam webinar nasional? Antara SDGs dan Covid-19: Mengamankan kualitas pendidikan di masa pandemi Covid-19?. Kegiatan Seminar pada tanggal 30 Juni 2021 Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ.DOK. Rektor UNJ Prof. Komarudin dalam webinar nasional? Antara SDGs dan Covid-19: Mengamankan kualitas pendidikan di masa pandemi Covid-19?. Kegiatan Seminar Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ pada tanggal 30 Juni 2021.

Sejauh mana Covid-19 dapat mencapai tujuan pemerintah mewujudkan pendidikan berkualitas?
Masalah apa yang dihadapi oleh pihak-pihak terkait, mulai dari tingkat strategis nasional hingga tingkat operasional di tingkat pendidikan/sekolah dan guru?
Bagaimana masing-masing pihak dapat mengambil pelajaran dan segera menyesuaikan pedoman operasional masing-masing untuk menyelamatkan tujuan SDGs ke-4?

Baca Juga: Program SMA Adiwiyata Merupakan Tempat Pendidikan Karakter Bagi Siswa

Webinar nasional ini digagas oleh mahasiswa Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ Kelas Non Reguler sebagai bagian dari tugas akhir mata kuliah Manajemen Satuan Pendidikan.

Kegiatan seminar ini merupakan bagian dari pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek, dimana mahasiswa dijadikan pilot dan dosen sebagai co-pilot dalam pelaksanaan pembelajaran.

Pelaksanaan seminar nasional yang dipimpin oleh mahasiswa secara mandiri ini merupakan bentuk evaluasi pembelajaran yang utuh, karena semua aspek dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor dicatat.

Diharapkan dengan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek dapat membentuk profesionalisme lulusan di bidang manajemen pendidikan, baik sebagai pemimpin maupun sebagai konsultan pendidikan.

Target pendidikan 2030

Dalam webinar tersebut ternyata dunia pendidikan Indonesia di era pandemi Covid-19 saat ini mengalami berbagai kendala dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dari jarak jauh atau online menimbulkan banyak masalah.

Bukan

LIHAT JUGA :

serverharga.com
wikidpr.id
riaumandiri.id
dekranasdadkijakarta.id
finland.or.id
cides.or.id