Blog Pendidikan Dan Teknologi

umpan ikan mas

Posted: September 16th 2020

para pemancing mania, saya akan berbagi ilmu resep cara membuat umpan ikan mas, banyak blog yang menyajikan racikan umpan ikan mas tapi setelah saya baca rata-rata dalam pembuatan racikan memerlukan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit,sebagai info saya kurang lebih sudah 6 tahun berkecimpung dikolam pemancingan sebagai pemancing baik dikolam harian maupun siraman malas untuk membuat umpan yang ribet selain butuh biaya kita juga ribet untuk mempersiapkan umpan. begitu juga bagi pemula mungkin sedikit malas untuk membuat umpan ikan tersebut, terlebih lagi setelah kita buat ternyata umpannya tidak memuaskan hasil dan bisa jadi nihil alias zong, tentu kita dongkol dan sakit hati setelah apa yang kita harapkan berbalik keadaannya dengan kenyataaan.

umpan ikan mas


sebenarnya memancing ikan mas, tergantung keadaan air dan kondisi kolam tersebut dan tidak terlepas juga dengan kondisi atau suasana hati pemancing tersebut, terkadang umpan yang kemarin jalan, pada saat hari ini kita buat dengan umpan yang sama berbalik keadaan alias kurang maksimal, disini pemancing harus lebih peka terhadap kondisi ikan mas, apa yang dimau ikan mas. pada saat umpan kita tidak dimakan ikan mas jangan segan-segan untuk cepat-cepat mengganti umpan, jangan terlalu lama kita membiarkan keadaan tersebut kalau kita terlambat untuk mengganti umpan bisa jadi ikan dikolam tinggal sedikit atau mereka sudah kenyang dan bisa jadi mereka diam ditempat nah lo bingung khan kalau keadaan begitu. so disini saya akan share bagaimana memahami trik-trik memancing :

Persiapan peralatan pancing:


Ukuran senar pancing: Senar pancing yang biasa pemancing gunakan adalah 0,16 s/d 0,18 mm, kenapa harus setebal itu, krn senar yang tebal akan mempengaruhi ikan untuk memakan umpan kita semakin tipis semakin bagus krn ikan mas khususnya dikolam siraman maupun harian sudah kapok alias jera dengan pemancing, dan juga berfungsi agar ikan mas yang makan umpan kita biarpun pelan akan terasa disenar kita. harga senar pancing juga jangan terlalu mahal beli saja senar yang harga 1 gulung rp. 25 rb, krn biarpun mahal sebaiknya senar pancing diganti 2 s/d 3 bulan sekali, kalau tidak diganti anda akan merasakan sendiri bagaimana senar anda akan putus sewaktu ikan memakan umpan anda krn biarpun bagus senar akan getas krn sering terkena air kolam.
Ukuran pelampung: diusahakan pelampung yang kita pakai jangan terlampau besar, ikan akan takut kalau pelampung yang kita pakai besar, pakai pelampung yang kecil bila perlu pakai pelampung yang terkecil, seperti saat sekarang ini saya memakai pelampung terkecil diistilakan atau dinamakan pelampung untir, gunanya apabila ikan memakan umpan kita pelampung secara otomatis akan bergerak biarpun ikan tersebut memakan dengan sangat pelan.
Mata pancing(kail): gunakan mata pancing yang bagus seperti daichi, ukurannya juga no 7 atau 9, gunanya apabila umpan dimakan ikan tersebut tidak mudah lepas, kalau anda memakai 1 mata kail usahakan jangan memakai anting2 atau pemberat cukup umpan anda sebagai pemberatnya, kalau anda menggunakan cabang diusahakan juga jangan memakai pemberat/anting2
Gagang pancing: Banyak para pemancing setelah beberapa kali mengangkat ikan senarnya akan bergulung sehingga kita sukar untuk melempar jauh umpan kita, sebaiknya ujung gagang pancing kita diganti dengan ujung keramik atau gading, biasanya harganya 15 rb rupiah, sehingga senar tidak akan bergulung.
setelah semuanya siap baru kita mempersiapkan umpan yang mudah dan simpel ngak perlu ribet


Bahan-bahan


Jitu biasanya dijual dikolam pemancingan atau ditoko pemancingan harganya juga murah kalau dikolam pemancingan 1 bungkus rp. 2 rb, kalau ditoko 4 bngkus 5 rb, kalau anda kesulitan mendapatkannya terpaksa dech gunakan pur 781, kelemahan pur 781 ini kalau terlalu lama aromanya sudah tidak enak lagi alias apek.
tahukah anda rata-rata pemancing menggunakan umpan memakai campuran essen, harga essen 1 botolnya rata-rata rp.15 rb, tapi 1 botol itu bisa dipakai 1 sd 1,5 bulan dihitung kalau memancing dikolam 3 sd 4 kali dalam seminggu murahkan. gunanya essen adalah menambah aroma umpan
belilah essen yang kualitas sedang saja kalau saya menggunakan merk kail harganya berkisar 10 sd 15 rb perbotolnya belilah essen dengan rasa/bau 1. tenggiri 2. choya. 3. nangka coba anda hitung menggunakan kalkulator kalau anda memancing berapa modalnya membuat umpan dikalikan 1,5 bulan ciiiaaaat paling anda mengeluarkan rp. 2 rb s/d rp. 2.500 murahkan
Cara pembuatan:
Siapkan tempat umpan lalu masukkan air panas secukupnya kedalam tempat umpan
teteskan essen tenggiri sebanyak 7 sd 9 tetes kedalam tempat umpan
teteskan essen choya sebanyak 2 sd 3 tetes, jangan terlampau banyak krn ikan tidak akan makan kalau essen choya terlampau banyak
teteskan essen nangka sebanyak 5 tetes, kalau umpan yang kita buat agak banyak masukkan 7 tetes essen nangka
aduk rata air yang ada ditempat umpan sehingga benar-benar bercampur dengan essen, gunanya air dahulu baru essen agar aroma benar-benar menyatu pada saat kita aduk.
setelah tercampur rata masukkan 1 bungkus jitu kedalam wadah atau tempat umpan lalu aduk dengan rata, kalau kurang air cukup tambahkan lagi air sehingga umpan yang kita buat benar tercampur dan cocok dimata pancing kita. setelah itu umpan siap digunakan.
bagaimana kalau ikannya makan umpan yang beraroma amis mungkin disini timbul pertanyaan hehehe jangan kawatir gan. cukup gunakan essen tenggiri atau udang 9 tetes lalu essen choya 1 sd 2 tetes itu saja jangan gunakan tambahan yang lain kalau mau tambahan cukup ditambahkan kroto.
Tips: biasanya ikan yang memakan umpan yang beraroma nangka ukuran ikannya sedang sampai yang besar mantapkhan. tks silahkan comentnya kalau ada kekurangan

Referensi : umpan jitu ikan mas


Comments are closed.

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php