Pengusaha-Sukses-Di-Indonesia-yang-Inspiratif

Pengusaha Sukses Di Indonesia yang Inspiratif!

Indonesia memiliki banyak pengusaha sukses di berbagai sektor ekonomi. Dan sebagai seorang pebisnis, Anda tentunya perlu mempelajari bagaimana pengusaha sukses membangun bisnisnya, bukan?

Pengusaha Sukses Di Indonesia yang Inspiratif!

Kami telah mengumpulkan 10 pengusaha sukses di Indonesia yang dapat menginspirasi Anda.

Siapa pebisnis sukses yang harus Anda tiru? Bagaimana kisah pengusaha sukses membangun bisnisnya?

Baca cerita selengkapnya di artikel ini!

Pengusaha Sukses di Indonesia

Berikut beberapa contoh pengusaha sukses di Indonesia yang telah berhasil membangun perusahaan nasional bahkan internasional. Siapa pun, ya?

  1. Robert Budi Hartono

Nama Perusahaan: Djarum
Bidang Usaha : Tembakau
Pengusaha sukses Robert Budi Hartono Djarum
Sumber: voi.id

Robert Budi Hartono adalah pengusaha sukses di balik perusahaan rokok besar PT. Super Djarum.

Djarum sendiri pada awalnya adalah sebuah perusahaan kecil bernama Djarum Gramophon. Pada tahun 1951 Djarum Gramophon dibeli oleh ayah Budi Hartono dan berganti nama menjadi Djarum.

Namun, pabrik tembakau Djarum pernah mengalami kebakaran besar pada tahun 1963 dan nyaris tidak bertahan. Untuk bangkit kembali, Budi dan adiknya berinovasi dengan menciptakan berbagai varian produk rokok terbaru.

Pada tahun 1972, Djarum mampu berkembang dan berkembang. Misalnya awal penggunaan mesin produksi rokok, ekspor produk ke luar negeri dan lain-lain.

Selain itu, Budi Hartono kini juga merupakan pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA).

Tak heran jika Robert Budi Hartono dinobatkan sebagai pengusaha sukses dan orang terkaya nomor satu di Indonesia selama 11 tahun versi Forbes. Total kekayaannya juga mencapai US$21,3 miliar atau setara dengan Rp303 triliun.

  1. Anthony Salim

Nama Perusahaan: Grup Grup Salim
Area bisnis: makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi
Pengusaha Salim Group Anthony Salim
Sumber: voi.id

Anthony Salim adalah pimpinan Grup Salim yang membawahi dua perusahaan besar yaitu Indofood dan Bogasari.

Berasal dari keluarga Salim Group, langkah Anthony dalam bisnis ini tentu mudah bukan? Kenyataannya, tentu saja, tidak begitu mulus. Bahkan, pada tahun 1998, Anthony memeras otaknya untuk menyelamatkan Salim Group dari utang $55 miliar dan hampir bangkrut.

Salah satu kunci sukses bisnis Anthony yang bisa Anda tiru adalah inovasi dan ekspansi. Dua prinsip bisnis ini telah membuat Anthony menjadi kaya US$8,5 miliar atau setara dengan Rs.91 triliun!

Contoh ekspansi yang dilakukan Anthony Salim adalah pembukaan waralaba di divisi Indomaret pada tahun 1997 yang telah berhasil memproduksi 18.113 convenience store di seluruh Indonesia.

Contoh inovasi produk Indomie dengan berbagai rasa dan ekspor ke berbagai negara telah membuktikan keampuhannya. Hal ini menjadikan Indomie sebagai merek mi instan terbesar di dunia dengan keuntungan US$5,8 miliar.

Kisah pengusaha sukses Anthony Salim semakin dipatenkan saat ia mulai berekspansi ke ranah teknologi, khususnya pusat data. Wah, sangat menginspirasi bukan?

  1. Dato’Sri Tahir

Nama Perusahaan: Mayapada
Area bisnis: keuangan, perawatan kesehatan, real estat, dan pariwisata
Dato’ Sri Tahir, pengusaha sukses di IndonesiaSumber: inakoran.com

Kisah pengusaha sukses berikutnya datang dari Dato’ Sri Tahir yang berhasil membangun Mayapada Group sejak 1986.

Terlahir dari ibu seorang pemilik toko kecil dan ayah seorang pengemudi becak, Tahir hidup dalam keadaan serba kekurangan. Berasal dari keluarga ini, nilai-nilai kejujuran, kerja keras, dan berbagi tanpa pamrih selalu ada di benak Tahir.

Dengan ketekunan dalam berbisnis, Tahir telah mampu mengembangkan Mayapada Group di berbagai bidang bisnis. Dari Mayapada Hospital, Bank Mayapada, Fairmont Hotel Bali, Menara Topas, Forbes Indonesia hingga ELLE Indonesia juga berada di bawah payung Mayapada Group.

Keuntungan dari setiap usaha Tahir bukanlah lelucon. Sebagai contoh, Bank Mayapada mencatatkan laba Rp 64,16 miliar dalam laporan keuangan 2020-nya.

Dengan semua transaksinya, Tahir memiliki kekayaan sukses sebesar US$2,7 miliar atau setara dengan Rs39,8 triliun.

Sudah kaya tapi tetap dermawan adalah sebutan yang tepat untuk Tahir. Karena Tahir juga dikenal di Indonesia sebagai pengusaha sukses yang juga seorang filantropis di Tahir Foundation.
Ketua 4 Tanjung

Nama Perusahaan: CT Corp
Area bisnis: perbankan, ritel, media, hiburan, gaya hidup, dan properti
Chairul Tanjung, Enterprise

LIHAT JUGA :

jasa penulis artikel