Mahasiswa-UMY-yang-mengikuti-KKN-melakukannya-di-Kelompok-Tani-Coklat

Mahasiswa UMY yang mengikuti KKN melakukannya di Kelompok Tani Coklat

Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, tidak ada halangan bagi guru dan siswa untuk melakukan kegiatan amal. Salah satunya adalah program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang biasa dilakukan oleh mahasiswa.

Dosen dan mahasiswa Teknologi Informasi (TI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

(UMY) baru-baru ini memulai kegiatan amal bersama kelompok tani Ngudi Mulyo dengan produk UMKM kakao Bingkon sebagai mitra di desa Nglegi, Patuk, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta.

Program layanan yang dilakukan meliputi pemasaran online dan pelatihan desain kemasan. Tim Pengabdian Masyarakat IT UMY 239 dipimpin oleh Muhammad Muttaqien, dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UMY.
Meningkatkan produk olahan kelompok tani

Salah satu produk dari kelompok tani Ngudi Mulyo adalah Bingkon Cocoa

, produk olahan coklat. Produk cokelat ini juga sudah diproduksi sejak tahun 2018.

Baca juga: Pandemi Tak Pernah Berhenti, Mahasiswa AS Lakukan KKN secara Mandiri

Produk olahan coklat antara lain coklat bubuk, rengginang coklat, dan coklat batangan. Produk ini juga memiliki label Halal dari MUI, terdaftar di BPOM dan memiliki sertifikat PIRT (Makanan Industri Rumah Tangga).

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Namun, di zaman sekarang ini, memiliki produk yang unik saja tidak cukup untuk menarik konsumen. Tim Pengabdian kepada Masyarakat UMY menyadari bahwa perkembangan teknologi yang sangat pesat dan hampir semua sektor yang berinteraksi dengan digitalisasi telah mendorong setiap pelaku ekonomi untuk meningkatkan kreativitas.

Bagaimana mereka memasarkan produknya secara online dan membuat kemasannya lebih menarik.


Jangkau lebih banyak konsumen

Muttaqien mengatakan, layanan kolaboratif ini seharusnya membantu petani Ngadi Mulyo meningkatkan keterampilan pemasaran online dan desain kemasan yang menarik.

Baca juga: KKN UGM Online, Ini Kisah Mahasiswa dan Dosen …

“Kebaktian ini merupakan salah satu pilar harmas catur para dosen UMY yang menjadi tanggung jawab kita dan harus dilaksanakan sebagai guru,” kata Muttaqien dalam siaran persnya kepada Kompas.com, Minggu (2 Juli 2021).

Salah satu program pengabdian yang saat ini berjalan adalah mengadakan pelatihan pemasaran dan desain kemasan secara online untuk kelompok tani Ngudi Mulyo dengan menggunakan produk UMKM bernama Bingkon Kakao.

LIHAT JUGA :

indonesiahm2021.id
unesa.id
unimedia.ac.id
politeknikimigrasi.ac.id
stikessarimulia.ac.id
ptsemenkupang.co.id